Sembuhkah Pemberian Obat Kencing Nanah Dengan Antibiotik?

Pemberian obat kencing nanah pada pasien positif yang sudah menunjukkan gejala bisa dilakukan secara injeksi atau obat minum. Disesuaikan dengan kondisi pasien dan respon terhadap obat. Karena tidak setiap orang toleran terhadap suatu antibiotik baik yang disuntikkan maupun diminum. Untuk mengetahui kondisi ini biasanya dokter akan memeriksa sensitivitas antibiotik pasien.

Ada beberapa alternatif antibiotik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala kencing nanah. Bahkan obat jenis antibiotik bisa dibeli bebas di pasaran baik melalui apotek, toko obat maupun media online. Pengobatan juga bisa dilakukan dengan metode alternative menggunakan obat-obatan herbal non kimiawi. Tentunya dibantu oleh pakar atau praktisi pengobatan herbal berpengalaman.

Metode pengobatan alternative saat ini berkembang pesat dengan memadukan teknologi modern. Sehingga semakin menarik minat masyarakat seperti juga pasien penyakit kelamin. Sebagai opsi lain dari pengobatan medis. Pengobatan alternative dikenal lebih terjangkau dan mudah diikuti tanpa efek samping penggunaan obat kimiawi. Namun tetap harus diperhatikan tingkat efektifitasnya terhadap kesembuhan penyakit.

Alternatif Pemberian Obat Kencing Nanah jika Terjadi Resistensi

Obat kencing nanah ada beberapa macam. Jika pasien resisten terhadap satu jenis antibiotik bisa diganti menggunakan jenis lain. Antibiotik yang umum digunakan oleh dokter untuk menyembuhkan gonore atau kencing nanah adalah Ceftriaxone, Azithromycin, Cefixime, Doxycycline dan Erythromycin. Masing-masing memiliki kelebihan meskipun sekilas sama, tetapi reaksi terhadap tubuh pasien bisa berbeda.

Ceftriaxone, merupakan alternatif utama untuk menyembuhkan gejala kencing nanah pada pasien. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pembentukan dinding sel bakteri sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup dan mati. Obat ini diberikan melalui suntikan bersama dengan pemberian azithromycin. Azithromycin selalu diberikan bersama dengan obat lain, penggunaanya sesuai resep dan pengawasan dokter.

Baca Juga :   Berapa Lama Obat Sipilis Bisa Sembuh? Ini Waktu Penyembuhannya!

Cefixime, adalah alternatif obat kencing nanah yang umum digunakan ketika pemberian antibiotik ceftriaxone melalui suntikan tidak lagi efektif menyembuhkan gejala gonore atau kencing nanah. Sama seperti azithromycin, penggunaan cefixime harus bersamaan dengan obat antibiotik lain. Sehingga lebih efektif dalam melemahkan bakteri penyebab penyakit dan menyembuhkan gejala yang muncul pada pasien.

Doxycycline, digunakan untuk terapi obat sebagai penambah efek penyembuhan dari antibiotik ceftriaxone. Kedua obat antibiotik ini digunakan untuk pengobatan gejala tingkat lanjut dimana sudah terjadi peradangan panggul pada wanita. Cara kerja doxycycline adalah mencegah pembentukan protein bakteri sehingga tidak dapat berkembang di dalam tubuh pasien, secara perlahan bakteri akan mati.

Erythromycin, obat kencing nanah berbentuk salep. Digunakan untuk menyembuhkan gejala gonore pada bayi yang tertular dari ibunya. Salep ini digunakan untuk menyembuhkan gangguan pada mata bersamaan dengan perawatan lainnya. Bayi akan mengalami konjugtivitas atau gejala pembengkakan dan merah pada mata disertai keluarnya kotoran seperti belek yang menyebabkan bayi sulit melihat.

Resistensi Bakteri

Dalam pengobatan penyakit menggunakan antibiotik harus mengikuti anjuran cara minum. Obat kencing nanah yang berupa antibiotik umumnya harus diminum sampai habis. Sebab cara kerjanya melemahkan bakteri secara bertahap sehingga bakteri di dalam tubuh pasien benar-benar hilang. Jika tidak tuntas maka akan menyebabkan bakteri kembali aktif, berkembangbiak membentuk koloni dan menginfeksi.

Resistensi bakteri terhadap suatu jenis obat antibiotik menyebabkan tidak efektif lagi pemberian obat yang sama. Gejala yang timbul pada pasien tidak bisa sembuh. Bahkan bisa jadi tidak ada pengaruh sama sekali meskipun masih dalam tahap ringan. Untuk mengetahui hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter mengenai riwayat pemberian obat antibiotik sebelumnya.

Baca Juga :   Apakah Sipilis Bisa Sembuh? Ini Ciri Ciri Sipilis Pada Wanita

Respon tubuh yang tidak baik terhadap pemberian obat antibiotik juga bisa terjadi karena selama pengobatan pasien masih aktif melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Bisa jadi pasien tertular kembali bakteri penyebab gonore dari pasien yang juga terinfeksi. Bakteri di dalam tubuh pasien terjadi penambahan, infeksi tetap terjadi meskipun sudah mendapat pengobatan.

Efektifitas Pemberian Obat Kencing Nanah

Pasien juga bisa melakukan pengobatan secara mandiri dengan mengkonsumsi Olamix. Obat antibiotik yang dapat menyembuhkan penyakit gonore dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B. Olamix type A memiliki efektifitas tinggi dibanding type B meskipun harganya lebih mahal tetapi penyembuhan lebih cepat dan permanen.

Obat ini bisa didapatkan secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam satu paket yang dibeli harus diminum sampai habis meskipun gejala gonore sudah sembuh. Untuk menghindari resistensi bakteri jika kembali timbul gejala dikemudian hari. Selama pengobatan pasien tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual dengan siapapun sehingga tidak terjadi penularan.

Jika memiliki riwayat hubungan seksual 2 bulan terakhir, maka pasangan juga perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui indikasi penularan penyakit. Baik selama pengobatan maupun setelahnya, perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala melalui tes sample darah. Untuk memantau perkembangan penyakit sehingga bisa diketahui sejauh mana efektifitas pemberian obat kencing nanah pada pasien.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini