Waspada dengan Resiko Penyakit ISPA

Infeksi saluran pernapasan akut merupakan jenis infeksi yang dapat mengganggu fungsi kerja pernapasan manusia. Infeksi ISPA akan memengaruhi sistem pernapasan manusia mulai dari napas atas hingga napas bawah. Pada sistem napas atas infeksi akan menyerang sinus hingga pita suara. Sedangkan sistem napas bawah akan menginfeksi pita suara yang akhirnya menuju ke paru-paru. Di dalam paru-paru inilah penyakit ISPA akan semakin mengganas. Jika infeksi paru-paru yang terjadi mengalami pananganan yang lambat, maka akan menimbulkan komplikasi bagi tubuh. Khususnya pada usia anak-anak, orang lanjut usia dan kalangan yang memiliki kekebalan tubuh yang sangat rendah akan menimbulkan semakin parahnya ISPA yang diderita seseorang.

Siapa Saja Yang Resiko Penyakit ISPA

Penyakit ISPA umumnya akan sembuh sendiri jika anda memilik daya tahan tubuh yang kuat. Namun, jika daya tahan tubuh rendah maka anda tidak dapat menyepelekannya begitu saja. Lalu siapa sajakah yang rawan terkena ISPA? Berikut penjelasannya:

1. Resiko Penyakit ISPA pada Usia anak-anak dan lansia

Kedua usia ini hendaknya berhati-hati akan bahaya ISPA. Belum sempurnanya kekebalan tubuh anak-anak menjadikan mereka sasaran yang empuk bagi bakteri ISPA. Sedangkan lansia akan mudah terkena virus karena menurunnya sistem kekebalan tubuh mereka akibat bertambahnya umur. Pada anak-anak yang jarang mencuci tangan makan bakteri atau virus apapun dapat mudah masuk melalui mulut mereka.

2. Resiko Penyakit ISPA pada Pemilik penyakit tertentu

Jika anda memiliki peyakit bawaan yang cukup parah, maka anda dikhawatirkan akan mudah terkana bakteri maupun virus ISPA.

3. Resiko Penyakit ISPA pada Orang dengan masalah sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita merupakan senjata paling ampuh untuk menangkal virus maupun bakteri. Kekebalan tubuh ini lah yang akan membantu kita menyembuhkan penyakit ringan dengan sendirinya. Namun, akan jadi berbeda jika kekebalan tubuh yang kita miliki rendah. Rendahnya kekebalan tubuh yang dimiliki seseorang akan menyebabkan rentannya tubuh terhadap virus maupun bakteri. Pada penderita HIV, penerima donor organ, pengidap gangguan kekebalan tubuh dari lahir, pasien kanker dalam masa kemoterapi, serta pengguna obat steroid jangka panjang merupakan sebagian orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Jadi perlu ekstra pencegahan agar tidak tertular penyakit ISPA.

Herlbal OLAMIX Membantu Meredakan Penyakit ISPA
Herlbal OLAMIX Membantu Meredakan Penyakit ISPA

Bagaimana Meredakan Penyakit ISPA

Infeksi paru yang terjadi dalam tubuh kita biasanya akan secara otomatis hilang sendiri dalam waktu 1 hingga 2 minggu akibat kerja keras sistem kekebalan tubuh dalam memeranginya. Adapun jika Penyakit ISPA sudah terlanjut menjangkiti paru-paru maka anda perlu melakukan langkah penyembuhan sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit maupun penurun panas.  Obat seperti ini biasanya terdapat pada acetaminophen maupun ibuprofen.
  • Obat yang memiliki bahan alami pembasmi bakteri atau virus seperti olamix
  • Melakukan penyemprotan hidung dekongestan. Untuk penderita dewasa, semprotan dilakukan sebanyak 5 kali. Semprotan ini hanya bisa digunakan pada penderita ISPA diatas 6 tahun
Baca Juga :   Cara Mengobati ISPA Secara Alami Bisa Anda Lakukan dari Rumah

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini