Proses Penularan Sipilis Berapa Lama Setelah Berhubungan?

Penularan Sipilis : Selain bahaya yang mengancam kesehatan, proses penularan sipilis juga perlu dipahami supaya bisa dilakukan langkah pencegahan. Sebab selama ini yang paling menjadi prioritas masyarakat adalah cara penyembuhannya. Padahal menghindari sejak dini penyakit menular seksual lebih utama. Bukan hanya bagi kalangan orang dewasa namun juga sejak usia remaja khususnya anak sekolah.

Pencegahan penularan penyakit kelamin harus menjadi tanggung jawab diri sendiri. Namun pada anak remaja kontrol orang tua dan lingkungan sekitar lebih berperan. Minimal mengenalkan pendidikan seksual. Apa yang boleh dan tidak boleh dilihat atau disentuh lawan jenis. Perbedaan antara biologis wanita dan pria dan sebagainya, sehingga meminimalisir orientasi seks menyimpang.

Sejak usia dini anak-anak terbiasa menjaga dan membatasi pergaulan. Menumbuhkan tanggung jawab terhadap diri sendiri berhubungan dengan aktifitas seksual pada usia dewasa. Perlu juga mengenalkan resiko berbagai penyakit seksual yang ditimbulkan dari aktifitas seksual tidak sehat. Apa saja bahayanya bagi kesehatan, bagaimana proses penularannya dan cara menghindari harus betul-betul dipahami.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Proses Penularan Sipilis

Proses penularan sipilis terjadi dari kontak langsung secara fisik antara pasien atau karier penyakit dengan orang yang sehat. Pasien yang sudah menunjukkan gejala adanya luka dangkal pada bagian alat kelamin, anus, bibir maupun mulut akan langsung menularkan penyakit. Penularan berlangsung seketika pada saat terjadi sentuhan dengan luka dangkal atau chancres.

Luka dangkal atau chancres pada pasien sipilis mengandung koloni bakteri Treponema pallidum yang aktif dan dapat berpindah. Jika terjadi kontak langsung dengan area luka tersebut, bakteri akan berpindah dan menempel pada permukaan kulit yang menyentuhnya. Misalnya luka pada area bibir dan mulut, bakteri akan menular pada saat terjadi ciuman langsung.

Baca Juga :   Gejala Penyakit Sifilis Yang Jarang Orang Tahu

Begitu juga ketika terjadi hubungan seksual langsung tanpa menggunakan pengaman (kondom). Bakteri yang ada pada area genital misalnya bibir vagina akan menular langsung pada saat penetrasi oleh alat kelamin pria. Begitu juga sebaliknya. Hal yang sama juga terjadi pada hubungan seksual sesama jenis khususnya pria dimana penetrasi dilakukan melalui anus.

Olamix Herbal alami untuk mencegah Penularan Sipilis
Olamix Herbal alami untuk mencegah Penularan Sipilis

Waktu Kemunculan Gejala setelah Proses Penularan Sipilis

Proses penularan sipilis sangat cepat namun seringnya tidak disadari. Sebab tidak semua pasien apalagi karier menunjukkan gejala penyakit sipilis. Tampak sehat dan bugar dari luar namun ternyata dalam tubuhnya berkembang bakteri penyebab sipilis. Hal yang sama juga tidak disadari oleh orang yang tertular langsung sebab gejala penyakit tidak langsung dirasakan.

Pada kondisi normal orang yang tertular sipilis akan mengalami gejala stadium primer pada 10 sampai 90 hari setelah terjadinya penularan atau kontak seksual. Waktu yang cukup lama, dan dalam rentang waktu tersebut orang bisa menularkan sipilis kepada orang lain lagi. Gejala awal ditandai dengan munculnya luka dangkal atau disebut chancres.

Chancres ini pada sebagian orang tidak terasa nyeri ataupun gatal dan tidak terlihat karena tersembunyi di area pribadi. Sehingga kemunculannya dianggap luka biasa. Bahkan chancres akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun dalam 2 sampai 6 minggu. Tetapi bagi yang mengalami gejala seperti ini sangat disarankan melakukan pemeriksaan secara medis.

Riwayat aktifitas seksual sebelumnya bisa menjadi indikasi adanya paparan bakteri penyebab penyakit kelamin. Jika merasa sungkan memeriksakan diri secara medis, maka bisa melakukan pengobatan mandiri. Mengkonsumi Olamix dapat menyembuhkan sipilis dalam waktu 3-4 hari. Obat ini mengandung antibiotik, dimana terdapat 2 type yaitu type A dan type B.

Baca Juga :   Bagaimana Penyakit Gonore Terjadi? Begini Pengobatan Gonore yang Benar!

Type A lebih efektif menyembuhkan sipilis bahkan untuk gejala berat. Obat ini bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Meskipun gejala sembuh dalam beberapa hari, namun sesuai dosis obat harus dihabiskan untuk menghindari resistensi. Selama pengobatan pasien mendapat pendampingan serta konsultasi gratis dari tim Olamix sehingga termotivasi dan tidak merasa sendiri.

Cara Menghindari Penularan Sipilis

Proses penularan sipilis yang jarang orang sadari ini bisa dihindari. Paling penting adalah menjaga kesehatan dan kebersihan diri dalam hal apapun termasuk aktifitas seksual. Sebisa mungkin hindari pergaulan yang mengarah pada seks bebas, hubungan sesama jenis dan penggunaan obat-obatan terlarang. Kebiasaan tidak sehat seperti ini sangat potensial menularkan berbagai penyakit.

Bagi pasangan yang akan menikah penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu terutama tes darah. Untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri didalam tubuh yang menyebabkan penyakit kelamin. Saling jujur kepada calon pasangan mengenai riwayat penyakit dan kebiasaan dimasa lalu berhubungan dengan aktifitas seksual. Sehingga penularan sipilis bisa diantisipasi sejak awal.

Jika memiliki riwayat penyakit sipilis sebelumnya maka perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Untuk memastikan tidak ada aktifitas bakteri didalam tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya kembali gejala sipilis. Penting untuk setia hanya pada satu pasangan seksual tidak berganti-ganti. Sehingga tidak resiko terjadi proses penularan sipilis kepada orang lain apalagi pasangan.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Apa Dampak Sipilis? Inilah Akibat Terkena Sipilis!

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini