Proses Penularan Sifilis Pada Wanita, Wajib Tahu, Bahaya!!!

Bagaimana proses penularan sifilis pada wanita? Ada banyak kemungkinan wanita mudah terpapar penyakit kelamin seperti sifilis. Bisa jadi penularan dilakukan oleh suami sendiri pada wanita menikah. Sebab penyakit ini menunjukkan bahaya laten dimana tampak sehat namun seseorang merupakan karier atau pembawa faktor penyakit menular seksual. Baru disadari setelah muncul gejala.

Di era modern seperti ini sangat sulit menghindari adanya pengaruh pergaulan dan seks bebas. Sebagai wanita harus lebih peduli terhadap diri sendiri dan pasangan. Sebelum memutuskan untuk menikah, ada baiknya meminta calon pasangan untuk memeriksakan diri secara medis. Untuk memastikan tidak adanya paparan bakteri penyebab penyakit kelamin di dalam tubuhnya.

Hal ini penting karena wanita rentan menjadi karier tanpa disadari. Terlebih lagi seorang wanita nantinya hamil dan melahirkan anak. Jika ibu hamil terpapar bakteri penyebab penyakit kelamin maka besar kemungkinan janin yang dikandung juga tertular. Maka sejak dini harus diantisipasi kemungkinan ini supaya bayi yang dilahirkan nantinya dalam kondisi sehat.

Proses Penularan Sifilis pada Wanita

Proses penularan sifilis pada wanita tidak berbeda dengan pria. Selama terjadi kontak seksual tidak aman dengan pasien atau karier penularan penyakit akan tetap terjadi seketika itu juga. Hubungan seksual tanpa kondom dengan pria pengidap sifilis menyebabkan bakteri Treponema pallidum penyebab sifilis menempel pada area vagina membentuk koloni dan menyebabkan infeksi.

Bakteri yang sudah menginfeksi area genital tersebut akan berkembangbiak, menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Dalam wakyu 10 sampai 90 hari setelah terjadi hubungan seksual tersebut akan muncul gejala berupa luka dangkal. Selanjutnya jika terjadi hubungan seksual dengan orang lain yang berbeda, bakteri akan menular kembali kepada pasangan tersebut.

Baca Juga :   Bagaimana Awal Terjadinya Ciri-Ciri Sipilis?

Bukan hanya hubungan seksual melalui vaginal, sifilis juga mudah menular secara anal maupun oral. Bahkan berciuman dengan penderita sifilis yang menunjukkan gejala luka di bagian bibir dan mulut dapat tertular. Selain itu penggunaan sex toys secara bersama-sama dengan orang lain juga beresiko menularkan penyakit kelamin maka perlu dihindari kebiasaan ini.

Hubungan seksual sesama jenis antara wanita memiliki resiko penularan yang sama. Jika terjadi sentuhan permukaan kulit orang sehat dengan luka atau chancres pasien sifilis maka langsung terpapar bakteri. Apalagi wanita adalah karier terbanyak penyakit ini. Dimana gejala adanya luka dangkal sering diabaikan dan dianggap sebagai luka biasa karena gesekan pakaian.

Proses Penularan Sifilis dari Wanita Hamil kepada Bayi Baru Lahir

Wanita hamil juga beresiko menularkan penyakit sifilis kepada bayi baru lahir. Proses penularan sifilis terjadi selama masa kehamilan. Sejak trimester pertama kehamilan, ibu yang terpapar sifilis didalam darahnya terdapat aktifitas perkembangbiakan bakteri. Bakteri ini kemudian menempel apda plasenta yang menghubungkan ibu dengan janin. Bakteri kemudian masuk ke dalam tubuh janin.

Maka sebelum memustuskan untuk hamil atau pada masa awal kehamilah perlu dilakukan pemeriksaan medis terutama tes darah. Apalagi ibu dengan aktifitas yang berpotensi terhadap penularan penyakit kelamin. Supaya bisa segera mendapat pengobatan antibiotik pada awal masa kehamilan. Bakteri lebih cepat dihilangkan, memperkecil resiko penularan penyakit kelamin pada janin yang dikandungnya.

Proses Penularan Sifilis juga terjadi pada proses kelahiran melalui vaginal. Permukaan kulit bayi yang bersentuhan dengan luka atau chancres ibunya akan terpapar bakteri. Selanjutnya akan timbul gejala penularan pada bayi setelah beberapa hari dari kelahiran. Biasanya ditandai dengan berat badan rendah dibawah normal, gangguan pada mata dan struktur pertulangan bayi.

Olamix obat sipilis untuk wanita dan pria
Olamix obat sipilis untuk wanita dan pria

Pengobatan Sipilis pada Wanita

Baca Juga :   Apa Saja Pantangan Sifilis?

Sipilis pada wanita bisa ditangani lebih cepat jika terdeteksi sejak dini. Sebelum terjadi gejala lebih parah yang menunjukkan penyakit masuk tahap sekunder, maka harus dilakukan pengobatan. Meskipun gejala sipilis akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun tetapi untuk menghindari penularan kepada orang lain, bakteri harus dihilangkan.

Pengobatan pada tahap awal bisa dilakukan secara medis dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis. Namun jika dirasa masih bisa dilakukan pengobatan secara mandiri maka pasien bisa mengkonsumsi obat Olamix. Obat antibiotik ini dapat menyembuhkan gejala sipilis dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat Olamix yaitu type A dan type.

Type A memiliki efektifitas lebih tinggi, dapat menyembuhkan gejala sipilis dna menghilangkan bakteri secara permanen sehingga meminimalisir kambuhnya penyakit. Obat ini bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Selama pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Perkembangan penyakit terpantau pasien tetap termotivasi tidak merasa sendiri.

Penting untuk dilakukan adalah menghindari hubungan seksual dengan siapapun selama masa pengobatan sampai dinyatakan benar-benar sembuh dan gejala hilang. Hal ini untuk menghindari penularan kembali kepada pasien bersangkutan dan sebaliknya. Pengobatan juga lebih cepat selesai dan efektif. Proses penularan sifilis bisa dihentikan secara permanen dan pasien dapat pulih seperti semula.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Kapan Seseorang Terkena Penularan Sifilis? Ini Jawabannya!

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini