Apa Saja Perbedaan Sipilis dan Kencing Nanah?

Perbedaan sipilis dan kencing nanah harus diketahui supaya tidak salah dalam pengobatannya ketika terpapar. Sebab bagi sebagian orang kadang masih disamakan antara penyakit kelamin yang satu dengan lainnya. Apalagi jika pengobatan dilakukan sendiri dengan membeli obat-obatan dipasaran. Sebab beda jenis penyakit beda obat dan dosis yang digunakan untuk proses penyembuhannya.

Pengetahuan mengenai penyakit kelamin menular bukan hanya kewajiban pasien yang memang mengalami gejala. Namun orang tua yang memiliki anak remaja harus mewaspadai kemungkinan penularan penyakit terhadap putra putrinya. Sebab tidak dipungkiri pergaulan bebas masa kini sangat dekat dengan resiko penularan. Gaya pacaran tanpa batas yang seakan dianggap biasa rentan penularan.

Apalagi kasus penyakit kelamin seperti fenomena gunung es, pasien yang terdeteksi lebih sedikit daripada jumlah dilapangan. Semakin sulit membatasi penularan karena tidak diketahui secara pasti siapa yang membawa dan menularkan penyakit. Meskipun penyakit sipilis dan kencing nanah bisa disembuhkan namun pencegahannya lebih penting termasuk mengetahui perbedaan keduanya untuk langkah antisipasi.

Perbedaan Sipilis dan Kencing Nanah dari Penyebabnya

Sipilis dan kencing nanah sama-sama merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Perbedaan sipilis dan kencing nanah adalah dari jenis bakteri yang menginfeksi. Sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum sedangkan kencing nanah oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Kedua bakteri tersebut memiliki masa inkubasi hingga 10 hari bahkan lebih.

Didalam tubuh orang yang tertular sipilis atau kencing nanah, bakteri masuk melalui aliran darah kemudian berkembangbiak membentuk koloni baru kemudian muncul gejala infeksi. Sebenarnya keberadaan bakteri didalam tubuh manusia bisa dideteksi dengan melakukan pemeriksaan darah. Sehingga lebih mudah dilakukan pengobatan dan pencegahan penularan karena diketahui sedini mungkin potensi infeksi bakteri.

Baca Juga :   Apa Saja Pantangan Sifilis?

Bakteri penyebab sipilis dan kencing nanah atau gonore ini mudah menular karena adanya kontak secara langsung dengan pembawa atau karier. Bisa jadi orang yang tampak sehat sebenarnya seudah terinfeksi bakteri didalam tubuhnya. Kemudian menularkan kepada pasangan seksualnya tanpa disadari. Dari aktifitas seksual langsung dan tidak sehat, penyakit kelamin akan menular.

OLAMIX : Perbedaan sipilis dan kencing nanah
OLAMIX : Perbedaan sipilis dan kencing nanah

Perbedaan Sipilis dan Kencing Nanah dari Gejalanya

Perbedaan sipilis dan kencing nanah juga bisa dideteksi melalui gejala yang dirasakan pasien. Sipilis pada stadium primer menunjukkan luka dangkal yang muncul pada area kelamin baik diluar maupun dalam, anus, bibir dan mulut. Bagian tubuh yang secara langsung bersentuhan dengan luka tersebut akan menunjukkan gejala infeksi bakteri setelah beberapa hari.

Gejala sipilis seringnya diabaikan karena tidak terasa nyeri yang mengganggu aktifitas pasien sehari-hari. Terlebih gejala akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu tanpa pengobatan apapun. Berbeda dengan kencing nanah yang begitu terdapat gejala langsung bisa dirasakan oleh pasien. Gejala yang muncul mau tidak mau harus mendapat pengobatan supaya tidak mengganggu.

Kencing nanah ditandai dengan gejala lebih berat dan umumnya langsung dirasakan penderita. Sering buang air kecil, keluar nanah ketika buang air kecil yang menimbulkan rasa nyeri atau terbakar, terdapat pembengkakan di area kulup penis pria atau vulva pada wanita dan nyeri tenggorokan. Umumnya pasien akan langsung memeriksakan diri ke dokter.

Perbedaan sipilis dan kencing nanah bisa juga dilihat pada stadium lanjut. Sipilis yang tidak terdeteksi pada tahap awal atau stadium primer akan berlanjut ke stadium lebih parah dan menimbulkan gejala serius. Munculnya ruam sampai dengan kerusakan organ. Kencing nanah yang tidak segera diobati akan mengakibatkan gangguan pada organ reproduksi manusia.

Baca Juga :   Perbedaan Gonore dan Sipilis? Serta Cara Pengobatanya

Pengobatan Sipilis dan Kencing Nanah

Pengobatan sipilis dan kencing nanah pada dasarnya sama. Karena keduanya disebabkan oleh infeksi bakteri maka pengobatan yang tepat adalah dengan pemberian antibiotik. Disarankan pengobatan dilakukan secara medis dengan bantuan dokter spesialis. Namun banyak pasien yang merasa sungkan menemui dokter dan berkonsultasi. Maka bisa dilakukan pengobatan secara mandiri menggunakan obat antibiotik.

Obat Olamix adalah alternatif pengobatan penyakit sipilis dan kencing nanah yang ampuh. Dapat menyembuhkan penyakit dalam waktu 3-4 hari dengan dosis sesuai. Obat ini bisa didapat secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Ada 2 type obat yaitu type A dan type B yang bisa dibeli sesuai kebutuhan pasien.

Olamix type A memiliki efektifitas lebih tinggi yang dapat menyembuhkan penyakit kelamin menular bahkan pada gejala berat. Seperti halnya melakukan pengobatan medis, pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis sampai dinyatakan benar-benar sembuh. Tim Olamix akan memantau perkembangan pasien selama mengkonsumsi obat. Sehingga pasien tidak merasa sendiri dan tetap termotivasi.

Penyakit kelamin menular melalui hubungan seksual meskipun pasien dalam masa penyembuhan. Maka selama belum dinyatakan benar-benar sembuh sangat disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan siapapun. Perbedaan sipilis dan kencing nanah tidak signifikan pada cara pengobatan namun perlu mematuhi anjuran konsumsi obat secara teratur dan menjauhi hubungan seksual tidak sehat.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Apa Bahaya Sipilis? Ini Dampaknya untuk Otak!

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini