Penyebab Sipilis, dan Cara Pengobatannya!

Perilaku seksual menyimpang dan tidak sehat merupakan penyebab sipilis menyebar secara luas pada anak muda. Homoseksual adalah paling banyak menularkan penyakit kelamin termasuk juga sipilis. Anak muda milenial yang sedang bebas berekspresi sangat mudah terjerumus kedalam perilaku seks menyimpang semacam ini. Alasan paling klasik adalah demi eksistensi dan pengakuan komunitasnya.

Tanpa disadari perilaku yang melanggar norma tersebut mengancam kesehatan dalam jangka panjang. Dari satu pasangan ke pasangan lainnya, infeksi bakteri akan cepat menular. Dan ketika disadari sudah tampak gejala baik ringan maupun berat. Selain dari perilaku seks menyimpang dan berganti-ganti pasangan, hubungan seksual tanpa pengaman juga berpotensi menularkan penyakit seksual.

Pergaulan bebas anak muda tak jarang bersentuhan dengan obat-obatan terlarang. Penggunaan jarum suntik secara bersama-sama juga berpotensi besar menularkan bakteri penyebab penyakit sipilis. Bahkan secara langsung melalui aliran darah. Sama dengan penularan penyakit kelamin pada umumnya. Dua kebiasaan tidak sehat ini diperparah dengan kurangnya imunitas dan antibodi sehingga rentan terinfeksi.

Penyebab Sipilis secara Umum

Secara umum penyebab sipilis adalah adanya infeksi bakteri Treponema pallidum. Penyebab penyakit ini tidak akan menginfeksi orang dengan perilaku hidup sehat. Sebab penyakit kelamin pada umumnya ditularkan melalui hubungan seksual secara langsung. Kenapa orang yang nampaknya sehat kemudian hari mengalami gejala sipilis? Sebab masa inkubasi bakteri bisa sampai 10 tahun.

Sipilis pada sebagian orang tidak menunjukkan gejala apapun. Tetapi orang tersebut bisa menularkan penyakit kepada orang lain. Penularan terjadi karena adanya sentuhan atau kontak fisik permukaan kulit dengan luka atau chancres pada pasien. Pada luka tersebut terdapat koloni bakteri aktif dan dapat menempel pada permukaan yang menyentuhnya dan masuk tubuh.

Baca Juga :   Pengobatan Sifilis Mengunakan Daun Kumis Kucing

Melalui aliran darah, bakteri penyebab penyakit sipilis terus bergerak dan berkembangbiak. Dalam waktu 10 sampai 90 hari setelah terjadi kontak langsung akan muncul gejala infeksi berupa luka dangkal sama seperti karier. Namun tidak semua orang merasakan gejala. Seolah tampak sehat orang tertular akan dapat menularkan kembali pada orang yang sehat.

Orang tertular akan tampak luka dangkal pada area yang bersentuhan dengan luka pasien. Bisa di area kelamin baik didalam maupun luar, anus, bibir dan mulut. Luka bagian genital akan menular pada pasangan seksual dengan cara vaginal dan anal. Pada area bibir dan mulut dapat menular melalui ciuman dan oral sex.

OLAMIX herbal alami untuk penyebab sipilis
OLAMIX herbal alami untuk penyebab sipilis

Penyebab Sipilis pada Bayi

Sipilis bukan hanya bisa menjangkiti orang dewasa. Penyakit menular seksual bahkan bisa menular kepada bayi baru lahir. Penularan pada bayi terjadi selama masa kehamilan. Melalui plasenta yang menghubungkan janin dengan organ tubuh ibunya. Bakteri penyebab sipilis dalam aliran darah berkembang dan menempel pada plasenta kemudian masuk ke dalam tubuh janin.

Begitu janin dilahirkan sudah positif sipilis baik dengan gejala maupun tanpa gejala. Penularan juga terjadi pada saat proses kelahiran vaginal. Dimana luka dangkal yang ada di area genita ibu menyentuh kulit bayi. Bakteri yang berkembang dalam luka tersebut menempel dan menginfeksi bayi. Gejala sipilis bisa dilihat dari berat badan bayi.

Jika bayi baru lahir dengan berat badan rendah, bisa jadi indikasi adanya infeksi bakteri. Gangguan pada mata dan pertulangan juga bisa menjadi gejala awal bayi terpapar bakteri sipilis. Pemeriksaan perlu dilakukan paling tidak pada usia 7 hari untuk memastikan kesehatan bayi. Jika tidak dilakukan pemeriksaan bayi akan mengalami gangguan pertumbuhan.

Baca Juga :   Penyakit Sipilis pada Wanita, Ini Penjelasanya

Penyembuhan Sipilis secara Permanen

Penyebab sipilis yaitu bakteri bisa dihilangkan secara permanen dari tubuh pasien. Pengobatan yang utama adalah dengan pemberian antibiotik. Jika melakukan pengobatan secara medis, dokter akan memberikan penisilin melalui suntikan. Dalam sekali suntikan umumnya gejala sipilis pada pasien akan sembuh dalam beberapa hari. Hal ini berlaku untuk gejala pada stadium primer.

Namun pasien sipilis bisa melakukan pengobatan mandiri secara mandiri dengan mengkonsumsi obat antibiotik. Olamix adalah alternative menyembuhkan penyakit sipilis secara mandiri. Dalam waktu 3-4 hari penyakit akan sembuh dengan dosis sesuai anjuran. Obat ini bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Lebih praktis, cepat dan privasi namun sangat efektif.

Terdapat 2 type A obat Olamix, type A dan type B. Type A memiliki efektifitas lebih tinggi untuk menyembuhkan gejala yang berat seperti sipilis stadium sekunder. Selama proses pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Tahap penyembuhan penyakit terpantau, pasien tidak merasa sendiri dan tetap termotivasi.

Selama proses pengobatan pasien tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual sampai dinyatakan benar-benar sembuh. Disamping itu perlu dilakukan pemeriksaan medis secara berkala. Untuk mengetahui apakah bakteri sudah hilang atau belum untuk mengantisipasi kambuhnya penyakit dikemudian hari. Penyebab sipilis akan semakin diminimalisir dengan perilaku hidup sehat dan menghindari aktifitas seksual tidak sehat.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Apa Itu Sipilis,Penyebabnya dan Risiko Terjadinya Sipilis

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini