Apa Penyebab Penyakit Sipilis pada Pria Tidak Terdeteksi? Begini Penjelasannya!

Apa Penyebab Penyakit Sipilis pada Pria Tidak Terdeteksi? Begini Penjelasannya!


Penyebab raja singa atau sipilis pada dasarnya adalah infeksi bakteri Treponema pallidum. Bakteri penyebab sipilis ini hanya bisa dilihat secara mikroskopis menggunakan alat pembesar khusus. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan memunculkan gejala setelah beberapa hari. Maka dari itu raja singa atau sipilis tidak langsung dirasakan orang yang terpapar bakteri.
Pengidap raja singa sendiri lebih banyak adalah pria yaitu sebanyak 60%. Gaya hidup bebas adalah potensi paling besar terhadap penularan pada pria. Hubungan seksual sesama jenis menjadi penyebab paling banyak infeksi bakteri penyebab sipilis. Hal ini dibuktikan dengan prosentase pasien raja singa atau sipilis paling banyak adalah dari kalangan waria.
Selain perilaku seksual sesama jenis, kaum pria juga sebagai pelaku heteroseksual. Sehingga tingkat penularan penyakit semakin besar. Wanita banyak yang menjadi karier sebab hampir tidak tampak gejala, adapun gejala luka di area tersembunyi sehingga tidak disadari. Kemudian ketika terjadi hubungan seksual dengan karier maka seorang pria langsung tertular penyakit tersebut.


Penyebab Raja Singa Tidak Terdeteksi

Dianggap sebagai aib dan tabu, sipilis atau yang lebih dikenal dengan penyakit raja singa makin sulit terdeteksi. Faktor utama penyebab raja singa tidak terdeteksi adalah keengganan pasien untuk memeriksakan diri secara medis. Sehingga keberadaan penyakit ini seakan menunjukkan fenomena gunung es. Dimana pasien yang sebenarnya ada di lapangan lebih besar.
Banyak sekali pasien tidak jujur bahkan pada diri sendiri. Sebenarnya ketika melakukan aktifitas seksual yang tidak sehat, sudah bisa dipastikan besar kemungkinan tertular penyakit seksual apapun itu. Namun kebiasaan gaya hidup bebas seakan menjadi tuntutan eksistensi seseorang dan kesenangan sesaat yang sulit dihindari. Sehingga tetap dilakukan meskipun bahaya kesehatan mengancam.
Penyebab raja singa makin sulit dideteksi sebab gejala yang muncul tidak tampak. Luka yang menandai gejala raja singa stadium awal bisa muncul di area pribadi tersembunyi. Bahkan pasien yang bersangkutan kadang tidak menyadarinya, apalagi pasangan seksualnya. Pasien pada gejala tahap awal ini tidak merasakan nyeri atau gatal dan tampak sehat.
Kondisi ini semakin didukung dengan masa inkubasi bakteri yang cukup lama bisa lebih dari 2 bulan. Pada masa inkubasi tersebut tidak dapat diketahui adanya bakteri penyebab raja singa jika tidak dilakukan pemeriksaan medis melalui tes darah. Selama masa inkubasi tersebut pasien bisa menularkan penyakit raja singa ke semua pasangan seksualnya.

Baca Juga :   Seperti Apa Obat Raja Singa di Apotek? Apakah Efektif?


Pengobatan Raja Singa Pada Pria

Pengobatan yang paling tepat adalah dengan menghilangkan penyebab raja singa tersebut. Langkah pertama setelah mengetahui gejala raja singa adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan adanya infeksi bakteri Treponema pallidum penyebab penyakit raja singa sekaligus mengetahui ada tidaknya antibodi dalam tubuh. Antibodi aktif setelah terdapat gejala.
Namun dibutuhkan kejujuran dari pasien itu sendiri berhubungan dengan kebiasaan yang dilakukan. Riwayat hubungan seksual sangat berpengaruh terhadap hasil diagnosa dan pengobatan penyakit. Namun jika pasien enggan memeriksakan diri ke dokter dengan alasan malu atau sungkan, pengobatan secara mandiri bisa menjadi alternatif. Pengobatan raja singa bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik.


Mengkonsumsi Olamix adalah salah satu cara pengobatan yang praktis dan cepat. Obat ini bisa didapatkan di shopee dengan kata kunci Olamix. Olamix mengandung antibiotik yang mampu menyembuhkan raja singa dalam waktu 3-4 hari. Meskipun gejala yang muncul sembuh, namun Olamix harus tetap dihabiskan sesuai dosis anjuran untuk menghindari resistensi bakteri.
Sama halnya dengan pengobatan medis, selama mengkonsumsi obat Olamix pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis. Tim Olamix akan memantau perkembangan penyakit dan gejala yang muncul pada pasien. Sehingga pengobatan lebih efektif. Selain itu pasien tidak merasa sendiri dan tetap termotivasi. Pasien bisa dengan leluasa mengungkapkan keluhannya kepada tim Olamix.


Penyebab Raja Singa Muncul Kembali setelah Pengobatan


Pengobatan menggunakan antibiotik baik yang dilakukan secara mandiri maupun melalui dokter memang efektif. Namun perlu didukung dengan perubahan kebiasaan dari pasien itu sendiri. Meskipun dosis obat yang diberikan sudah sesuai namun jika selama pengobatan masih melakukan hubungan seksual maka bakteri sulit hilang. Sebab masih ada kemungkinan tertular dari pasangan seksual.

Baca Juga :   Apakah Perbedaan Kencing Nanah Dengan Keputihan?


Maka sangat penting untuk menghindari hubungan seksual selama pengobatan sampai dinyatakan benar-benar sembuh sekalipun dengan pasangan sah. Selama pengobatan dan setelahnya sangat disarankan melakukan pemeriksaan sample darah untuk memantau perkembangan bakteri didalam tubuh pasien. Sebab pasien dinyatakan benar-benar sembuh jika bakteri benar-benar hilang. Pemeriksaan sample darah harus dilakukan secara berkala.
Perlu membatasi pergaulan terlebih yang berhubungan sengan pasangan seksual. Usahakan untuk setia pada 1 pasangan saja. Sebab berganti-ganti pasangan seksual berpotensi dalam penularan kembali penyakit raja singa. Meskipun riwayat penyakit terdahulu sudah dinyatakan sembuh. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan setia pada pasangan penyebab raja singa menular kembali bisa diminimalisir.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini