Penyakit Sipilis pada Wanita, Ini Penjelasanya

Apa Arti Penyakit Sipilis pada Wanita? Ini Obat dan Penjelasannya!

Apa itu sifilis? Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah sifilis, namun lebih familiar dengan nama penyakit raja singa. Keduanya sama, hanya penyebutannya yang berbeda. Penyakit raja singa lebih identik menunjukkan gejala luka dangkal atau chancres pada area kelamin luar dan anus, yang pada sebagian orang menimbulkan rasa gatal.

Karena gejala lebih banyak muncul pada area pribadi, kebanyakan pasien merasa enggan memeriksakan diri ke dokter. Apalagi gejala yang muncul akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu tanpa pengobatan medis apapun. Bagi orang awam tentu hal ini diabaikan karena tidak mengganggu aktifitas sehari-hari dan gatal yang dirasakan sifatnya sementara. 

Sifilis dapat menyerang pria maupun wanita, gejalanya kurang lebih sama. Namun penyakit ini kebanyakan ditemukan pada pria. Pasien yang memerikasakan diri juga lebih banyak dari kalangan pria dewasa. Wanita umumnya lebih sungkan untuk memeriksakan diri ke dokter karena berhubungan dengan area pribadi. Padahal baik wanita maupun pria memiliki resiko sama. 

Apa Itu Sifilis pada Wanita?

Baik pria maupun wanita, tua maupun muda harus memahami apa itu sifilis. Dengan pengetahuan dasar yang berkaitan dengan penyakit menular seksual, maka dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin. Terlebih pada wanita, sifilis umumnya tidak disadari karena tidak dirasakan adanya gejala. Luka dangkal dan gatal lebih sering dianggap sebagai akibat dari keputihan. 

Luka bisa terjadi dibagian dalam vagina sehingga tidak tampak langsung. Tidak menimbulkan rasa nyeri ataupun gatal yang mengganggu aktifitas. Sebanyak 30-60% wanita dengan gejala sifilis umumnya tidak menyadari bahwa dirinya terpapar penyakit seksual. Sehingga, pada pasien tanpa gejala akan menularkan penyakit seksual ke orang lain tanpa disadari melalui kontak seksual. 

Baca Juga :   Pengobatan Sipilis: Apa Bedanya Sipilis Dengan Cacar?

Mengetahui secara pasti apa itu sifilis pada wanita perlu dilakukan pemeriksaan secara medis. Apabila memiliki kebiasaan berhubungan seksual tidak sehat dengan lebih dari 1 pasangan, maka segera mungkin memeriksakan diri ketika muncul gejala. Meskipun gejala yang dirasakan sangat kecil. Karena dengan gaya hidup tidak sehat besar kemungkinan seseorang terpapar bakteri.

Bahaya Penyakit Sipilis pada Wanita

Wanita perlu waspada apa itu sifilis sebab penyakit seksual umumnya merupakan bahaya laten. Dimana tidak tampak gejala tetapi dalam jangka waktu lama akan menimbulkan gejala yang lebih parah. Jika penyakit seksual sudah masuk pada tahap lanjut dengan gejala berat akan lebih sulit mengobatinya. Terlebih jika diikuti kerusakan organ, sulit memulihkannya. 

Sifilis pada wanita dapat menular pada janin yang dikandungnya. Penularan terjadi selama masa kehamilan. Bakteri Treponema pallidum yang ada dalam tubuh ibu hamil menginfeksi plasenta kemudian masuk ke dalam tubuh janin. Penularan juga bisa terjadi pada saat proses kelahiran secara vaginal. Namun bayi baru lahir tidak selalu menunjukkan gejala sifilis.

Inilah perlunya memahami apa itu sifilis pada wanita, sehingga ketika hamil bisa dilakukan pemeriksaan sekaligus pengobatan sejak trimester awal. Pemberian antibiotik akan lebih efektif menghilangkan bakteri pada masa kehamilan awal. Sehingga meminimalisir penularan pada janin. Pemberian antibiotik trimester lanjut dapat beresiko terhadap perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga penggunaannya sangat dibatasi. 

Antibiotik bisa didapatkan di toko obat maupun apotek terdekat dengan dosis sesuai. Untuk efektifitas terhadap bakteri Treponema pallidum bisa menggunakan obat Olamix. Antibiotik ini bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Olamix mampu menyembuhkan sifilis dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type Olamix, yaitu type A dan type B. 

Baca Juga :   Pantangan Penderita Sipilis, Waspada!!!

Type A memiliki efektifitas lebih tinggi terutama untuk gejala yang lebih berat. Selama mengkonsumsi Olamix untuk pengobatan sifilis, pasien akan mendapatkan konsultasi gratis dan pendampingan dari tim Olamix. Sehingga tidak merasa sendiri dan tetap termotivasi. Membeli Olamix secara online lebih praktis, cepat dan privasi. Namun efektifitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Perlunya Deteksi Dini Penyakit Sipilis pada Wanita

Setelah memahami apa itu sifilis, maka bisa dilakukan langkah yang tepat untuk mencegah penularan maupun pengobatan jika terapat gejala penyakit. Jika pasangan memiliki riwayat terpapar sifilis atau memiliki kebiasaan aktifitas seksual tidak sehat dimasa lalu, maka perlu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Untuk memastikan tidak ada bakteri penyebab sifilis.

Deteksi dini ini penting untuk mencegah terjadinya penularan pada janin ketika memasuki masa kehamilan. Selain itu bisa segera dilakukan pengobatan ketika terindikasi adanya bakteri penyebab sifilis. Sehingga tidak menimbulkan gejala dikemudian hari. Meminimalisir kerusakan organ dalam karena aktifitas bakteri didalam tubuh. Inilah akibat yang paling ditakutkan dari penyakit menular seksual.

Deteksi penyakit bermanfaat untuk memutus penularan penyakit seksual. Bisa jadi tidak mengalami gejala apapun tetapi menjadi karier dan menularkan kepada orang lain. Wanita paling banyak menjadi karier, karena tidak terlihat langsung adanya gejala. Bahkan menularkan kepada janin yang dikandung atau bayi baru lahir jika pengetahuan apa itu sifilis tidak dipahami. 

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Ini Dia Penyebab Raja Singa pada Wanita Hamil? Apakah Menularkah?

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini