Penularan Sipilis Dan Pengobatanya

Apa Itu Penyakit Sipilis? Seperti Inilah Gejalanya!

Pengertian sipilis secara umum adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Sipilis di tengah masyarakat Indonesia dikenal dengan penyakit raja singa. Penyakit ini oleh masyarakat masih dianggap tabu, karena merupakan penyakit yang disebabkan perilaku seksual tidak sehat dan melanggar norma sosial. Namun kenyataannya banyak yang mengidap.

Penyakit sipilis sering dikaitkan dengan HIV AIDS meskipun pada dasarnya keduanya berbeda, namun masyarakat menilai dari sudut pandang perilaku yang menyebabkan penularannya. Sama-sama penyakit menular seksual yang menyebar dari satu orang ke orang lain melalui kontak fisik. Dalam jangka panjang memang keduanya dapat menyebabkan penurunan fungsi organ vital pada manusia.

Penyakit menular seksual bisa dihindari sejak dini. Sebab bukan hanya menjangkiti orang dewasa saja, penyakit ini bisa juga menyerang anak-anak remaja. Maka sangat penting untuk mengenal lebih dalam mengenai penyakit menular seksual, sehingga anak-anak remaja khususnya usia sekolah sadar akan bahayanya. Dengan sendirinya akan menghindari resiko penularan penyakit seksual tersebut.

Pentingnya Memahami Pengertian Sifilis

Usia remaja adalah waktu dimana semangat bersosialisasi sangat besar. Sifat keingintahuan terhadap dunia luar tidak dapat dibatasi dan dikendalikan oleh orang tua bahkan guru di sekolah. Tak jarang banyak sekali remaja usia sekolah terjerumus kedalam perilaku menyimpang dan pergaulan bebas. Alasan utamanya adalah kebutuhan eksistensi dan pengakuan dari orang-orang sekitarnya. 

Pergaulan remaja saat ini sangat dekat dengan gaya hidup bebas. Hal ini turut meningkatkan resiko penularan berbagai penyakit seksual, salah satunya sifilis. Sering tidak disadari resiko kesehatan yang mengancam. Pembekalan edukasi sex dan pemahaman pengertian sifilis perlu diberikan sedini mungkin. Sehingga meminimalisir penularan sifilis dan penyakit seksual lainnya pada remaja. 

Baca Juga :   Apa Itu Sipilis,Penyebabnya dan Risiko Terjadinya Sipilis

Tanda-tanda Terpapar Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis pada awal kemunculannya ditandai dengan adanya luka dangkal pada area kelamin bagian luar dan anus. Ada juga yang mengalamin luka pada area bibir dan mulut. Seringnya luka dangkal ini tidak menyebabkan nyeri sehingga diabaikan. Terlebih dengan sendirinya luka tersebut dapat hilang tanpa pengobatan apapun dalam waktu beberapa minggu.

Bagi yang tidak memahami pengertian sipilis dengan benar, gejala tersebut dianggap gangguan ringan. Apalagi kemunculan gejala baru dirasakan beberapa hari setelah terjadi kontak seksual. Pada tahap ini harusnya dilakukan pengobatan dan pemeriksaan medis. Namun seringnya penderita sungkan memeriksakan diri ke dokter. Pada kondisi seperti ini alternatifnya adalah pengobatan secara mandiri.

Pengobatan sipilis bisa dilakukan dengan pemberian obat Olamix. Obat ini bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Mampu menyembuhkan dalam 3-4 hari. Ada 2 type yaitu type A dan type B. Olamix type A lebih ampuh menyembuhkan gejala sipilis bahkan pada tahap lebih berat seperti demam, ruam dan sebagainya.

Penularan Sipilis pada Remaja

Setelah memahami pengertian sipilis, cara penularannya perlu diketahui supaya bisa dihindari. Sipilis menular melalui kontak langsung secara seksual dengan penderita atau karier penyakit. Inilah yang kadang sulit terdeteksi, siapa karier penyakitnya. Apalagi jika tidak terdapat gejala apapun pada pasangan seksual. Terlebih hubungan seksual tersebut dilakukan tanpa menggunakan pengaman seperti kondom. 

Bakteri penyebab sipilis akan masuk dari alat kelamin pria ke dalam alat kelamin wanita atau sebaliknya. Bisa juga masuk melalui anus atau mulut. Pada bagian yang digunakan untuk kontak dengan penderita penyakit inilah akan muncul gejala pertama kali. Penularan tidak terjadi karena penggunaan toilet duduk secara bersama-sama dan benda lainnya.

Baca Juga :   Kenapa Penyakit Gonore Bisa Kambuh Lagi?Faktor Penyebabnya Disini!

Penggunaan jarum suntik secara bergantian juga berpotensi menularkan infeksi bakteri dari penderita penyakit sipilis atau karier ke orang yang sehat. Konsumsi obat-obatan terlarang menggunakan jarum suntik biasa dilakukan oleh remaja pria. Kebiasaan ini perlu dihentikan dan dihindari sedini mungkin. Sebab ancaman penyakit seksual menular dan gangguan kesehatan lainnya sangat besar. 

Perlunya Kontrol Sosial untuk Memutus Penularan Penyakit Seksual

Di era serba modern seperti saat ini segala informasi dan hiburan bisa mudah didapatkan melalui media online. Tanpa sepengetahuan orang tua, guru maupun orang sekitar, pergaulan remaja sudah semakin bebas. Hal-hal yang tidak sepantasnya dilihat dan diakses semakin mudah didapatkan. Maka peran orang tua, guru dan lingkungan sekitar sangat besar.

Mulai dari pendidikan dari dalam rumah, orang tua harus membatasi setegas mungkin pola sosialisasi anak-anaknya terutama yang masih dalam usia sekolah. Pengawasan perlu dilakukan oleh guru di sekolah. Edukasi seksual juga akan sangat membantu dalam mengontrol perilaku anak-anak didiknya didalam maupun luar sekolah. Sehingga dunia pergaulan yang diikuti lebih sehat.

Masyarakat sekitar sebagai lingkungan skala besar harus memberikan sanksi sosial yan tegas terhadap segala perilaku menyiimpang remaja. Sehingga menimbulkan efek jera sekaligus menjadi contoh bagi remaja lain dalam lingkungan tersebut. Pengertian sipilis bukan hanya kebutuhan remaja dan anak muda tetapi masyarakat secara umum perlu memahami agar sama-sama dapat menghindari penularannya.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Apa Penyebab Penyakit Sipilis pada Generasi Milenial? Ini Jawabannya!

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini