Bagaimana Cara Penularan Sipilis Pada Pria dan Wanita? Yang Jarang di Ketahui

Berbicara tentang penularan sipilis tak lepas dari pergaulan bebas anak muda yang semakin dianggap biasa. Gaya hidup masa kini tidak bisa dihindari bahkan semakin menjadi tuntutan. Mulai dari kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan jangka panjang, sampai pergaulan seks bebas. Makanan tidak sehat dapat menurunkan imunitas.

Aktifitas seksual yang tidak aman berpotensi menularkan berbagai penyakit. Jika imunitas seseorang menurun maka akan lebih mudah terapapar virus dan bakteri. Terutama bakteri penyebab penyakit kelamin yang didapatkan dari hubungan seksual langsung dengan pasien. Tubuh tidak dapat melawan serangan bakteri dengan baik akibatnya muncul gejala infeksi beberapa hari setelah penularan.

Untuk penyakit kelamin cara penularannya tidak berbeda antara wanita dan pria. Meskipun dilapangan pasien pria lebih banyak dibanding wanita. Namun kasus penyakit kelamin seperti fenomena gunung es. Dimana kasus yang sebenarnya jauh lebih. Kebanyakan pasien tidak terdeteksi dengan benar karena tidak memeriksakan diri secara medis. Jadi tidak diketahui angka pastinya.

Penularan Sipilis pada Pria dan Wanita

Sipilis menular melalui hubungan seksual tidak sehat. Baik dilakukan oleh pria mupun wanita. Hal sama juga terjadi pada penyakit menular seksual pada umumnya. Masyarakat lebih mengenal bahwa penyakit kelamin hanya menyerang bagian alat kelamin. Padahal dalam jangka panjang gangguan kesehatan serius akan dialami pasien jika tidak dilakukan pengobatan secara tuntas.

Hubungan seksual sesama jenis khusunya yang dilakukan oleh pria adalah cara penularan sipilis paling banyak ditemukan. Tak heran jika pasien penyakit sipilis lebih banyak dari kalangan pria dibanding wanita. Selain itu pria cenderung lebih aktif melakukan hubungan seksual dengan seringnya berganti-ganti pasangan. Hal ini menyebabkan penularan penyakit lebih cepat terjadi.

Baca Juga :   Proses Penularan Sipilis Berapa Lama Setelah Berhubungan?

Ketika terjadi hubungan seksual secara langsung tanpa menggunakan kondom. Seorang pria dengan infeksi sipilis ditubuhnya akan menularkan bakteri Treponema pallidum kepada pasangannya. Jika pasangannya wanita, maka bakteri akan masuk ke dalam organ kewanitaan dan menyebar melalui aliran darah. Jika pasangan seksual sesama pria penetrasi melalui anus jika dilakukan anal seks.

Wanita lebih banyak menjadi karier penyakit sipilis. Sebanyak 30-60% pasien wanita umumnya tidak menyadari bahwa dirinya terpapar penyakit sipilis. Maka ketika terjadi hubungan seksual dengan pasangan lawan jenis, bakteri di area vagina akan menempel pada alat kelamin pria dan masuk melalui aliran darah. Selanjutnya pasangan pria ini sudah menjadi karier.

Hubungan seksual wanita sesama jenis juga memiliki resiko penularan sipilis jika terjadi kontak langsung dengan area luka disekitar vagina. Meskipun luka dangkal tidak menimbulkan nyeri atau gatal tetapi pada permukaannya terdapat koloni bakteri yang aktif. Bakteri akan menempel pada permukaan kulit yang menyentuhnya kemudian berkembang biak dan menyebabkan infeksi jangka panjang.

OLAMIX herbal alami untuk penularan sipilis
OLAMIX herbal alami untuk penularan sipilis

Indikasi Tubuh Terpapar Sipilis

Penularan sipilis tidak langsung tampak butuh beberapa hari untuk muncul gejala. Bahkan beberapa kasus sipilis tidak menunjukkan gejala pada stadium primer. Pada kondisi seperti ini diperlukan perhatian lebih terhadap perubahan tubuh. Misalnya terdapat luka meskipun kecil, dangkal dan tidak terasa sakit atau gatal maka lebih baik segera memeriksakan ke dokter.

Gejala sipilis pada umumnya muncul 10 sampai 90 hari setelah terjadi hubungan seksual dengan pasien atau karier. Untuk meyakinkan bahwa hubungan seksual yang dilakukan sehat maka pada rentang waktu tersebut hendaknya memeriksa kondisi kesehatan. Terutama melakukan pemeriksaan darah. Jika hasil tes menunjukkan adanya aktifitas bakteri Treponema pallidum, segara lakukan pengobatan.

Baca Juga :   Apakah Sipilis Bisa Sembuh? Ini Ciri Ciri Sipilis Pada Wanita

Pengobatan pada tahap ini bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik. Obat Olamix adalah salah satu antibiotik berkualitas yang dapat menyembuhkan gejala sipilis dan menghilangkan bakteri dalam waktu 3-4 hari. Obat ini bisa dibeli melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Terdapat 2 type yang berbeda obat yaitu type A dan type B.

Olamix type A memiliki efektifitas lebih tinggi meskipun harganya lebih mahal. Sangat disarankan tetap meminum obat sampai habis meskipun gejala sudah sembuh untuk menghindari resistensi bakteri. Selama pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Sehingga perkembangan penyakit tetap terpantau, pasien lebih termotivasi karena tidak merasa sendiri.

Mengantisipasi Penularan Sipilis

Seperti halnya penyakit kelamin pada umumnya, menghindari penularan jauh lebih baik daripada mengobati. Penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri terutama berhubungan dengan aktifitas seksual. Setia pada 1 pasangan, tidak berganti-ganti pasangan seksual, tidak melakukan hubungan seksual sesama jenis adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Kemungkinan terpapar sipilis semakin kecil.

Perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk memastikan tidak adanya bakteri didalam tubuh. Apalagi jika memiliki riwayat aktifitas seksual tidak aman dimasa lalu. Minta pasangan atau calon pasangan untuk jujur mengenai kondisi kesehatan dan aktifitas seksual dimasa lalu. Untuk menghindari penularan sipilis yang bisa saja terjadi dari pasangan sah kita.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Obat Alami Sipilis Dengan Akar Alang-alang, Lidah Buaya, Daun Sirih dan Bawang Putih

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini