Pengobatan Sipilis: Apa Bedanya Sipilis Dengan Cacar?

Pengobatan sipilis bisa berhasil total jika penyakit terdeteksi sejak dini. Lebih mudah menyembuhkan gejala yang muncul serta menghilangkan bakteri secara permanen. Pada gejala sipilis primer pasien akan mendapati luka dangkal dibagian genital, anus, bibir dan mulut. Luka dangkal (chancres) ini bisa sembuh dan kering dengan pengobatan antibiotik penisilin atau sejenisnya.

Pengobatan penyakit cacar dilakukan dengan pemberian saleb untuk luka yang nampak dan suplemen untuk meningkatkan imunitas pasien. Cacar memiliki beberapa macam ada cacar air sampai cacar api yang sama-sama menimbulkan gejala luka pada kulit. Cacar lebih dikenal sebagai radang kulit dan bisa menyerang siapa saja bahkan bayi dan anak balita.

Dalam kehidupan masyarakat cacar dipandang sebagai penyakit kulit biasa yang tidak berbahaya. Dan tidak perlu dikhawatirkan menimbulkan kerusakan parah pada pasien sebab sudah ada vaksinnya. Bahkan dari balita sudah diberikan vaksin cacar karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja disegala usia. Sekilas sama dengan sipilis tetapi keduanya memiliki karakteristik berbeda.

Perbedaan Sipilis dan Cacar

Sipilis dikenal debagai penyakit menular seksual yang diakibatkan karena adanya infeksi bakteri Treponema pallidum. Orang bisa terkena sipilis karena perilaku seks menyimpang seperti homoseksual dan aktifitas seksual yang tidak aman. Berganti-ganti pasangan, berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman berpotensi menularkan penyakit ini. Semua kontak langsung dengan luka pasien akan langsung tertular.

Masa inkubasi bakteri berlangsung dalam 10-90 hari setelah terjadi penularan. Pengobatan sipilis dilakukan dengan pemberian obat antibiotik untuk menyembuhkan gejala sekaligus menghilangkan bakteri penyebabnya. Terdapat perbedaan cara pengobatan untuk setiap tahap perkembangan penyakit yang dirasakan oleh pasien. Sebab aktifitas bakteri jika tidak terdeteksi dapat menyebabkan kerusakan organ dalam jangka panjang.

Baca Juga :   Kapan Seseorang Terkena Penularan Sifilis? Ini Jawabannya!

Cacar disebabkan virus Varicella zoster yang lebih banyak menyerang pada anak-anak usia dibawah 12 tahun meskipun ditemukan kasus cacar pada orang dewasa. Penularan cacar terjadi karena kontak langsung dengan ruam pasien yang mengeluarkan cairan. Penyakit cacar merupakan penyakit ringan jika dibandingkan dengan sipilis. Dan sudah ditemukan vaksin untuk penyakit ini.

Gejala awal penyakit cacar ditandai dengan demam, nyeri otot, sakit kepala dan berkurangnya nafsu makan hampir sama dengan gejala sipilis stadium sekunder. Kemunculan gejala lebih cepat dibanding sipilis. Pengobatan bisa dilakukan secara mandiri dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Pengobatan lebih banyak dilakukan dari luar dengan menggunakan salep untuk ruam.

Pengobatan Sipilis secara Permanen

Pengobatan sipilis berbeda dengan cacar, sebab penyebab penyakitnya juga berbeda. Pada metode pengobatan medis, pasien sipilis akan mendapatkan pemeriksaan awal berupa skrinning penyakit. Untuk mendeteksi apakah benar terdapat infeksi bakteri Treponema pallidum atau tidak. Jika diketahui positif penyakit sipilis maka dokter akan segera memberikan suntikan antibiotik penisilin dalam dosis tunggal.

Pengobatan dilakukan sesuai gejala yang tampak pada pasien. Jika pasien memeriksakan diri dengan gejala sipilis stadium sekunder maka pengobatan dengan penisilin dilakukan dengan penambahan dosis. Sebab aktifitas bakteri pasien sudah semakin aktif dan jumlahnya kian bertambah. Gejala yang timbul lebih mirip dengan influenza yang juga bisa diikuti dengan adanya ruam.

Selain pengobatan medis pasien juga bisa menggunakan metode mandiri dengan mengkonsumsi antibiotik. Olamix adalah salah satu obat antibiotik yang mampu menyembuhkan penyakit sipilis dalam waktu 3-4 hari. Obat ini terdapat 2 type yaitu type A dan type B. Type A memiliki efektifitas lebih tinggi dalam menyembuhkan penyakit sipilis secara permanen.

Baca Juga :   Apa Perbedaan Raja Singa dan Herpes? Ini Jawabannya!

Obat ini bisa dibeli secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Selama menjalani pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Perkembangan penyakit dapat dipantau dengan jarak jauh. Pasien merasa lebih tenang dan termotivasi karena tidak merasa sendiri. Kondisi psikologis ini dapat mempercepat proses penyembuhan sipilis.

Pengobatan sipilis harus dilakukan secara tuntas agar tidak muncul gejala kembali dikemudian hari. Bakteri di dalam tubuh pasien harus dipastikan hilang dan benar-benar bersih. Maka diperlukan pemeriksaan medis secara berkala untuk mengetahui aktifitas bakteri. Disamping itu penting bagi pasien untuk menghindari hubungan seksual selama masa pengobatan sampai dinyatakan benar-benar sembuh.

Pengobatan Sipilis dilihat dari Tingkat Kerusakan yang Ditimbulkan oleh Sipilis dan Cacar

Pengobatan sipilis pada awal kemunculan gejala penyakit stadium primer memiliki tingkat keberhasilan sampai 100%. Luka yang muncul di area genital, anus, bibir dan mulut sembuh meskipun meninggalkan bekas. Begitu juga ruam yang muncul sebagai gejala sipilis sekunder. Akan hilang dengan pengobatan atau tanpa pengobatan meskipun meninggalkan bekas dalam jangka lama.

Penyakit cacar dengan pengobatan yang lebih banyak dilakukan dari luar dapat sembuh total. Apalagi bagi pasien yang sudah mendapatkan vaksin sebelumnya akan lebih mudah mencapai kesembuhan. Ruam pada cacar dapat hilang ada juga yang menimbulkan kerusakan permukaan kulit permanen. Karena keduanya berbeda tentu berbeda pula pengobatan sipilis dengan pengobatan cacar.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini