Pengobatan Kencing Nanah Menggunakan BPJS, Apakah Bisa?

Pengobatan kencing nanah yang dilakukan sejak dini dapat menghemat biaya. Sebab gejala yang muncul masih tahap awal dan belum mengalami komplikasi serius terhadap organ dalam terutama organ reproduksi. Kerusakan organ reproduksi seperti gangguan kesuburan akan sangat sulit dipulihkan dan membutuhkan terapi obat lebih lama meskipun bakteri dapat dihilangkan dengan antibiotik.

Bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menyebabkan penyakit gonore atau kencing nanah memiliki masa inkubasi hingga 10 hari atau lebih dari saat terjadinya penularan, tergantung kondisi masing-masing orang. Dalam rentang waktu tersebut jika dicurigai tubuh terpapar penyakit dari orang lain maka bisa segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan sebelum bakteri menyebabkan infeksi berat.

Pemeriksaan atau skrinning penyakit kelamin bisa dilakukan melalui laboratorium atau rumah sakit terdekat. Untuk hasil lebih akurat mengenai keberadaan bakteri dan aktifitas penyakit. Pemeriksaan dilakukan untuk memudahkan dokter dalam memberikan diagnosa sekaligus memberikan obat yang tepat sesuai tingkat aktifitas penyakit kelamin. Sekaligus mengetahui dari mana asal penularan penyakit pada pasien.

Pengobatan Kencing Nanah pada Bayi

Kencing nanah atau gonore bisa menyerang bayi yang dilahirkan oleh ibu positif gonore. Gejala pada bayi akan muncul dalam 2-4 hari setelah kelahiran. Penularan terjadi karena terjadi kontak langsung antara tubuh bayi dengan organ genital ibu yang mengandung bakteri penyebab gonore. Pemeriksaan pada bayi bisa dilakukan melalui gejala yang muncul.

Pengobatan kencing nanah dilakukan pada bayi dan kedua orang tua. Karena bisa jadi ayah bayi juga mengidap gonore karena tertular dari ibu atau sebaliknya. Pemeriksaan dan pengobatan pada ibu dan ayah diperlukan untuk menghilangkan penyebab penyakit secara menyeluruh. Sehingga jika dikemudian hari ibu hamil sudah dalam keadaan bersih dari bakteri.

Baca Juga :   Apakah Dampak Kencing Nanah Berpotensi HIV?Ini Penjelasannya!

Pengobatan pada bayi dilakukan langsung oleh dokter dengan pemberian antibiotik yang aman untuk menghilangkan bakteri di dalam tubuh. Gejala pada mata bayi bisa dihilangkan dengan cara dibersihkan secara rutin menggunakan larutan steril. Secara bertahap kotoran belek yang keluar dari mata bayi akan hilang. Bayi akan terbantu untuk dapat membuka mata.

Pada mata bayi juga akan diberikan salep khusus untuk menghilangkan bakteri. Sehingga secara berangsur bakteri yang menginfeksi mata hilang. Pembengkakan dan warna memerah pada mata sembuh. Antibiotik diberikan dalam bentuk suntikan sesuai usia bayi. Pengobatan pada usia bayi lebih mudah dan cepat selesai dengan tingkat kesembuhan mencapai 100% dan permanen.

Pengobatan Kencing Nanah dengan BPJS

Gonore termasuk dalam penyakit yang dicover oleh BPJS. Jadi pasien bisa menggunakan fasilitas ini di rumah sakit rujukan BPJS yang ditunjuk. Akan lebih baik jika pengobatan penyakit dilakukan segera mungkin begitu muncul gejala awal atau dicurigai tubuh terpapar penyakit akibat penularan dari hubungan seksual sebelumnya. Sehingga lebih cepat proses penyembuhannya.

Untuk gejala yang lebih berat seperti radang panggul pada wanita, radang sendi dan sebagainya pengobatan akan lebih lama. Pemberian antibiotik dapat meredakan gejala tersebut namun membutuhkan waktu lama. Tidak dalam sekali pengobatan tetapi pasien perlu melakukan terapi obat secara berkala. Gejala radang panggul, tenggorokan, sendi dan sebagainya akan berangsur hilang.

Sebagai pasien BPJS yang diperlukan adalah kesabaran karena pastinya harus mengantre untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan terbaik. Untuk obat yang diberikan adalah antibiotik melalui suntikan. Tetapi pada pasien dengan alergi antibiotik tertentu akan diberikan obat antibiotik lain dengan cara diminum. Obat harus dihabiskan sesuai anjuran supaya tidak terjadi resistensi bakteri.

Baca Juga :   Gimana Cara Pencegahan Penularan Kencing Nanah Pada Ibu Hamil?

Pengobatan Kencing Nanah secara Mandiri

Kencing nanah bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat antibiotik. Saat ini sudah banyak dijual di apotek dan toko obat dengan bebas. Namun dalam pengunaannya harus berdasarkan resep dokter atau atas rekomendasi terpercaya. Sehingga efektifitas pengobatan bisa dipertanggungjawabkan. Sesuai dosis dan aturan pakai untuk masing-masing tingkat gejala penyakit yang dialami oleh pasien.

Olamix adalah obat antibiotik yang dapat menyembuhkan gejala gonore atau kencing manis dalam waktu 3-4 hari. Tersedia 2 type obat yaitu type A dan type B. Olamix type A memiliki tingkat efektifitas lebih tinggi yang mampu menyembuhkan gejala penyakit lebih cepat dan menghilangkan bakteri penyebabnya secara permanen meskipun lebih mahal.

Baik type A maupun type B dapat didapatkan secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam satu paket yang dibeli, obat harus diminum habis meskipun gejala penyakit sudah menunjukkan kesembuhan. Selama pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Sehingga pasien merasa tenang dan lebih termotivasi.

Pengobatan dengan metode apapun yang dipilih, dokter atau praktisi kesehatan yang menangani akan memantau perkembangan gejala penyakit. Dengan mengetahui tahap kesembuhan gejala yang dialami pasien bisa dipastikan bakteri berangsur melemah. Pemeriksaan secara berkala diperlukan untuk memastikan bakteri di dalam tubuh hilang sekaligus mengukur efektifitas pengobatan kencing nanah yang telah dilakukan.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini