Apa Nama Vaksin Pengobatan Sifilis Si Bayi Pasca Melahirkan?

Pengobatan sifilis harus dilakukan sedini mungkin pada pasien yang sudah menunjukkan gejala. Baik gejala ringan stadium primer maupun stadium sekunder yang mirip dengan influenza. Semakin cepat penyakit terdeteksi semakin cepat pengobatan dan proses penyembuhannya. Biaya yang diperlukan selama pengobatan juga lebih ringan dibanding jika penyakit diketahui pada stadium lebih lanjut.

Untuk mengetahui secara pasti adanya paparan bakteri penyebab sipilis perlu dilakukan skrinning atau pemeriksaan sample darah. Hasil yang didapatkan lebih akurat sehingga bagi orang dewasa yang memiliki kebiasaan aktifitas seksual tidak aman bisa segera diketahui ada tidaknya penularan penyakit kelamin. Sebab bakteri hanya bisa dilihat secara mikroskopis menggunakan alat khusus.

Penyakit kelamin memiliki masa inkubasi relatif lama bisa mencapai puluhan tahun. Selama inkubasi ini pasien seakan sehat namun bisa menularkan penyakit kepada orang lain. Begitu terdapat gejala dalam jangka panjang sudah dalam kondisi berat dan sulit dipulihkan. Maka penting untuk memeriksakan diri dan melakukan pengobatan sedini mungkin untuk meminimalisir penularan.

Waspada Sipilis Kongenital pada Bayi

Penyakit kelamin umumnya menyerang pada orang dewasa dengan perilaku seksual tidak sehat. Hubungan sesama jenis melalui anal seks, berganti-ganti pasangan atau berhubungan dengan pekerja seks komersial dan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom sangat potensial menularkan penyakit seksual. Kasus paling banyak dialami oleh kalangan pria terutama waria kemudian pekerja seks komersial.

Wanita meskipun tampak sehat tanpa gejala namun menjadi karie paling banyak untuk penyakit kelamin. Sebanyak 30-60% wanita tidak menyadari bahwa dirinya terpapar bakteri penyebab sipilis. Sehingga tidak dilakukan pengobatan sifilis sejak dini karena tidak terdeteksi. Padahal sipilis pada wanita rentan menular pada pasangan bahkan kepada janin ketika memasuki masa kehamilan.

Baca Juga :   Berapa Lama Obat Sipilis Bisa Sembuh? Ini Waktu Penyembuhannya!

Sipilis yang menginfeksi janin selama masa kehamilan disebabkan karena pada tubuh ibu hamil terdapat bakteri Treponema pallidum yang menempel pada plasenta dan masuk ke dalam tubuh janin. Penularan ini dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir langsung meninggal. Penularan juga terjadi pada saat kelahiran vaginal karena bersentuhan dengan chancres area genital.

Bayi baru lahir yang terpapar sipilis bisa menunjukkan gejala ataupun tidak. Gejala yang nampak adalah berat rendah, gangguan penglihatan dan struktur tulang. Namun ada juga bayi lahir tanpa gejala. Pada kondisi ini bayi harus mendapatkan skrinning pada 7 hari awal kelahiran. Sehingga segera dilakukan pengobatan sifilis yang tepat dengan vaksin.

Pengobatan Sifilis pada Bayi

Pengobatan sifilis pada bayi baru lahir yang ibunya dinyatakan positif sipilis dilakukan dengan pemberian vaksin sipilis. jika bayi baru lahir tidak menunjukkan gejala maka vaksin yang diberikan adalah benzathine benzyl penicillin dengan dosis tunggal. Artinya hanya diberikan satu kali saja selama masa pengobatan. Selanjutnya dilakukan pemantauan sampai 7 hari pertama.

Pengobatan bayi baru lahir yang menunjukkan gejala dengan pemberian prokain benzyl penicillin satu kali sehari sampai 10 hari pertama kehidupan bayi. Alternatif lain adalah dengan pemberian benzyl penicillin setiap 12 jam selama 7 hari usia bayi. Setelah itu dilanjutkan obat yang sama setiap 8 jam sekali selama 3 hari setelahnya.

Selain bayi baru lahir mendapatkan vaksin sipilis, ibu dan pasangannya juga harus mendapat pengobatan. Agar ibu dan bayi sama-sama sembuh dan tidak ada resiko terpapar kembali penyakit sipilis. Sebab sampai usia 2 tahun bayi sangat tergantung pada kedua orang tuanya terutama ibu. Lebih aman jika orang tua juga mendapat pengobatan.

Antisipasi Pengobatan Sifilis pada Bayi

Meskipun pengobatan sifilis bisa dilakukan pada bayi namun paling penting adalah melakukan langkah pencegahan penularan. Pada wanita yang rentan menjadi karier perlu dilakukan skrinning sebelum memutuskan untuk hamil. Bisa juga dilakukan pada masa awal kehamilan atau trimester pertama. Sehingga ada tidaknya paparan bakteri penyebab sipilis bisa langsung diketahui sejak dini.

Baca Juga :   Mengobati Gonore Dengan Suntik, Ini Alternatif Lainya

Jika dalam tubuh sudah mengindikasikan gejala sipilis, maka sebaiknya segera mengkonsumi antibiotik untuk penyembuhan. Olamix adalah salah satu obat antibiotik yang dapat menyembuhkan penyakit sipilis dalam waktu 3-4 hari dan aman bagi ibu hamil. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B. Type A memiliki efektifitas lebih tinggi.

Meskipun olamix type A lebih mahal namun mampu menyembuhkan penyakit sipilis secara permanen. Obat ini bisa didapatkan secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Selama pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Perkembangan penyakit sipilis tetap terpantau, pasien merasa tenang dan termotivasi untuk segera sembuh.

Setelah dinyatakan sembuh dari sipilis, pasien perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Terutama pemeriksaan sample darah untuk mengetahui apakah bakteri penyebab penyakit kelamin masih ada atau benar-benar hilang. Penting untuk menghindari perilaku tidak sehat seperti hubungan sesama jenis dan berganti-ganti pasangan. Perilaku hidup sehat akan memaksimalkan pengobatan sifilis dan penyembuhannya.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini