Berapa Lama Munculnya Penularan Gonore Setelah Berhubungan Intim?

Penularan gonore pada orang dewasa terjadi melalui hubungan seksual secara langsung tanpa menggunakan pengaman. Juga dikarenakan hubungan seksual secara bebas berganti-ganti pasangan, homoseksual, heteroseksual, berhubungan seksual dengan pengidap HIV dan sebagainya. Paling berpotensi menularkan penyakit adalah waria atau gay dan pekerja seks komersial. Namun praktek seperti ini tetap saja ramai.

Masyakarat kurang peduli terhadap bahaya kesehatan yang mengancam karena tertular penyakit kelamin. Sebab saat ini sudah semakin mudah menemukan obat antibiotik untuk menyembuhkan infeksi penyakit kelamin menular. Namun pengetahuan mengenai karakteristik penyakit kelamin tetap diperlukan agar dapat mengenali gejala yang muncul dan menghindari penularan kepada orang lain terutama pasangan sah.

Kemunculan Gejala setelah Penularan Gonore pada Wanita

Penularan gonore pada wanita juga umum terjadi melalui hubungan seksual dengan pasangan yang mengidap gonore. Bagian tubuh yang terinfeksi sesuai kontak seksual apakah secara vaginal, anal atau oral. Sperma pasangan yang mengidap gonore mengandung bakteri aktif yang siap menginfeksi area vagina, anus maupun mulut. Namun gejala penularan tidak langsung terlihat.

Wanita yang tertular gonore dari pasangan seksualnya akan merasakan munculnya gejala pada 10 hari setelah hubungan seksual. Adapun yang baru merasakan gejala setelah beberapa bulan. Dan tidak semua wanita menyadari bahwa dirinya tertular gonore dari aktifitas seksual yang pernah dilakukanya. Karena tidak dirasakan nyeri atau gatal berarti dan mengganggu aktifitas.

Gejala yang mengindikasikan tertular gonore ditandai dengan keluarnya cairan putih kental, kuning atau kehijauan dari vagina. Gejala ini tidak disadari wanita karena mirip dengan keputihan hanya jumlahnya lebih banyak dari biasanya. Perdarahan berlebih ketika menstruasi juga bisa menjadi indikasi tertular bakteri penyebab penyakit gonore meskipun tidak dirasakan nyeri atau sakit.

Baca Juga :   Pengertian Raja Singa dan Gonore Yang Jarang Orang tahu

Untuk mengetahui secara pasti apakah keputihan dan perdarahan menstruasi normal atau karena infeksi penyakit kelamin perlu dilakukan pemeriksaan. Karena dalam kondisi seperti ini seorang wanita dapat menularkan bakteri penyebab gonore kepada pasangan seksualnya. Dari luar tampak sehat tanpa keluhan namun di dalam tubuh bakteri Neisseria gonorrhoeae berkembangbiak aktif dan menginfeksi.

Olamix Mencegah Penularan Gonore
Olamix Mencegah Penularan Gonore

Kemunculan Gejala setelah Penularan Gonore pada Pria

Penularan gonore pada pria lebih banyak terjadi. Faktor yang paling banyak berpengaruh adalah hubungan seksual sesama jenis melalui anal maupun oral. Kaum waria merupakan pasien sekaligus karier terbanyak penyakit menular seksual. Jadi tak heran jika pria lebih banyak mengidap gonore daripada wanita. Karena kebiasaan perilaku homoseksual yang secara aktif dilakukan.

Hubungan seksual dengan lawan jenis yang membawa faktor penyebab penyakit juga secara otomatis menularkan bakteri gonore. Meskipun gejala penyakit tidak langsung tampak setelah melakukan hubungan seksual. Gejala pada pria akan muncul pada 2-14 hari setelah terjadi penularan. Namun ada yang tidak muncul gejala selama beberapa bulan karena kondisi badan sehat.

Sebelum kemunculan gejala tersebut di dalam tubuh sudah terinfeksi bakteri sehingga jika yang bersangkutan melakukan hubungan seksual dengan orang sehat secara otomatis akan menularkan penyakit. Hal ini umumnya tidak disadari oleh pasien sendiri. Apalagi tidak ada gejala kelainan dan keluhan apapun dalam tubuh dan area genital pada saat berhubungan seksual.

Penularan juga terjadi secara langsung ketika muncul gejala. Mengindikasikan aktifitas bakteri semakin pesat. Cairan yang keluar melalui alat kelamin pria mengandung bakteri yang siap menginfeksi ketika terjadi hubungan seksual baik baik melalui vaginal, anal maupun oral. Bahkan sebelum terjadi ejakulasi, bakteri dapat berpindah dari cairan sebelum ejakulasi ke tubuh pasangan.

Baca Juga :   Berapa Lama Pengobatan Gonore?

Penanganan setelah Terjadi Penularan Gonore

Jika mencurigai tubuh terpapar gonore maka lakukan skrinning sedini mungkin. Pemeriksaan atau skrinning ini bisa dilakukan melalui laboratorium atau rumah sakit. Untuk memastikan kondisi kesehatan dan memastikan ada atau tidaknya bakteri penyebab penyakit kelamin. Lebih cepat terdeteksi lebih mudah pengobatannya. Tingkat kesembuhan bisa mencapai 100% tanpa resiko kambuh dikemudian hari.

Pengobatan tidak harus dilakukan memalui metode medis. Pasien bisa melakukan pengobatan sendiri dengan mengkonsumsi antibiotik. Pastikan dulu seberapa berat gejala yang dialami sehingga bisa menentukan dosis obat yang tepat. Olamix adalah salah satu obat antibiotik yang dapat menyembuhkan penyakit kelamin menular dalam waktu 3-4 hari, tingkat kesembuhannya bisa mencapai 100%.

Terdapat 2 type obat yaitu Olamix type A dan type B yang masing-masing memiliki kelebihan. Olamix type A memiliki tingkat efektifitas lebih tinggi dalam menyembuhkan penyakit lebih cepat dan menghilangkan bakteri penyebabnya secara permanen meskipun harganya lebih mahal. Obat ini bisa dibeli secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix.

Selama menjalani pengobatan pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix sehingga perkembangan penyakit tetap dapat terukur. Sama halnya pengobatan secara medis. Obat harus diminum habis sesuai aturan untuk menghindari resistensi. Penting untuk tidak melakukan hubungan seksual sampai dinyatakan benar-benar bersih dari bakteri untuk menghindari penularan gonore kembali.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini