Kenapa Bahaya Sifilis Bisa Menjadi Gangguan Katup Jantung?

Kurangnya pemahaman pasien akan bahaya sifilis sangat beresiko terhadap penularan sekaligus kesehatan dalam jangka panjang. Masih banyak pasien ataupun karier penyakit yang masih abai terhadap gangguan kesehatan akibat sifilis. Sehingga kebiasaan yang beresiko menularkan penyakit ini masih tetap dilakukan. Gejala awal yang dapat hilang dengan sendirinya sering luput dari pemeriksaan.

Padahal ketika seseorang mengalami gejala luka dangkal di bagian genital, anus, bibir atau mulut setelah melakukan aktifitas seksual tidak aman berarti sudah terpapar sifilis dan harus segera melakukan pemeriksaan. Semakin cepat diketahui adanya infeksi bakteri Treponema pallidum pengobatan lebih mudah dilakukan. Sehingga meminimalisir gangguan kesehatan organ dalam yang lebih berbahaya.

Bahaya Sifilis jika Tidak Diobati

Sifilis yang luput dari pengobatan sangat berbahaya bagi kesehatan organ dalam pasien. Maka jika terindikasi adanya sifilis harus segera mendapat pengobatan antibiotik. Untuk menghindari bahaya sifilis dalam jangka panjang. Obat antibiotik bisa didapatkan melalui metode pengobatan medis. Dokter akan memberikan antibiotik penisilin untuk menyembuhkan gejala sekaligus menghilangkan bakteri penyebab sifilis.

Pengobatan juga bisa dilakukan secara mandiri menggunakan Olamix. Obat antibiotik ini mampu menyembuhkan sifilis dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type Olamix yaitu type A dan type B. Bedanya type A memiliki efektifitas lebih tinggi yang dapat menyembuhkan gejala sifilis dan menghilangkan bakteri secara permanen meskipun harganya relatif lebih mahal.

Obat ini bisa dibeli melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Obat harus tetap dihabiskan meskipun gejala sudah sembuh. Selama masa pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Sehingga lebih termotivasi untuk sembuh karena tidak merasa sendiri. Perkembangan penyakit dapat lebih terpantau, sehingga efektifitas pemberian obat terukur.

Baca Juga :   Apakah Perbedaan Kencing Nanah Dengan Keputihan?

Pengobatan ini penting dilakukan sedini mungkin ketika muncul gejala stadium primer. Dan tetap melakukan pemeriksaan secara berkala setelah gejala sembuh. Untuk memastikan bakteri sudah bersih dari tubuh. Sebab jika masih tertinggal bakteri penyebab sifilis didalam tubuh meskipun sudah dilakukan pengobatan, sifilis akan masuk ke tahap sekunder dengan gejala lebih berat.

OLAMIX untuk mengobati bahaya sifilis
OLAMIX untuk mengobati bahaya sifilis

Bahaya Sifilis Terhadap Kesehatan Jantung

Sifilis yang sudah memasuki fase latensi adalah stadium paling berbahaya. Meskipun selama jangka wangtu sampai 10 atau 20 tahun pasien tidak merasakan gejala dan keluhan namun bakteri di dalam tubuhnya terus berkembangbiak membentuk koloni dan menginfeksi berbagai organ dalam. Mulai dari fungsi otak, saraf, sistem pertulangan, organ reproduksi sampai jantung.

Ketika sudah terjadi gangguan pada fungsi jantung, pasien sudah sangat sulit dipulihkan. Komplikasi lainnya pasti mengikuti, dan pada kondisi ini pasien seharusnya mendapat perawatan secara intensif di Rumah Sakit. Bahaya sifilis terhadap fungsi jantung ini terutama merusak bagian aorta dan katup jantung. Resiko ini lebih banyak terjadi pada orang tua.

Namun bisa juga menyerang anak muda yang sudah tepapar penyakit sifilis selama bertahun-tahun yang lalu. Dimulai dari munculnya peradangan lapisan pembuluh darah bagian luar termasuk juga pembuluh darah yang mensuply darah menuju aorta. Kondisi ini disebut aortitis sifilis. Terjadi pada tahap sifilis laten dimana bakteri semakin aktif menginfeksi organ dalam.

Semakin hari semakin memburuk, aliran darah menuju jantung terbatasi sehingga mengakibatkan iskemia di luar dinding aorta. Sebanyak dua pertiga bagian dinding mengalami gangguan fungsi. Berkurangnya pasokan oksigen dan nutrisi menyebabkan otot polos mati, elastisitas dinding jantung terganggu. Jika kondisi ini berlanjut maka akan mengganggu kinerja katup jantung yang sangat berbahaya.

Baca Juga :   Penyebab Sipilis Pada Anak Yang Harus Orang Tua Ketahui

Pentingnya Mengantisipasi Bahaya Sifilis

Bahaya sifilis yang mengancam kesehatan dalam jangka panjang dapat dihindari sejak dini. Menerapkan gaya hidup sehat setiap hari dengan menjaga kebersihan area genital, pakaian, tidak memakai handuk bergantian, konsumsi makanan bergizi seimbang, cukup minum air putih dan rutin berolahraga. Makanan bergizi baik untuk menjaga kesehatan metabolism dan tubuh secara keseluruhan.

Makanan minuman bergizi seimbang dapat meningkatkan imunitas didukung olahraga fisik secara teratur. Tubuh jadi lebih tahan terhapa pengaruh negatif lingkungan sekitar termasuk penularan bebagai penyakit baik dari virus maupun bakteri. Untuk mengantisipasi penularan penyakit kelamin seperti sifilis penting untuk menjaga pergaulan yang sehat supaya tidak mudah terpengaruh kehidupan seks bebas.

Sebisa mungkin hindari perilaku seks menyimpang seperti homoseksual, heteroseksual, dan berganti-ganti pasangan seksual. Kebiasaan ini selain melanggar norma sosial juga sangat berpotensi menularkan penyakit kelamin tidak hanya sifilis namun jenis penyakit seksual lainnya. Menjaga keamanan aktifitas seksual dengan menggunakan kondom untuk menghindari kontak langsung tidak aman yang berpeluang menularkan penyakit.

Tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang terutama yang pemakaiannya menggunakan jarum suntik secara bersamaan. Kebiasaan tidak sehat ini selain mempercepat kerusakan saraf juga dapat menularkan berbagai penyakit secara langsung melalui jarum suntik. Mendekatkan diri dengan agama dan keluarga akan membantu seseorang menghindari resiko bahaya sifilis sekaligus memperbaiki kesehatan secara jasmani maupun rohani.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini