Gejala Sipilis Tahapan Primer, Sekunder , Laten dan Akhir

Apa Saja Gejala Sipilis

Umumnya gejala sipilis yang terjadi pada wanita dan pria itu berbeda-beda. Perbedaan gejala dari penyakit kelamin yang satu ini terjadi karena sipilis sendiri terbagi atas beberapa tahapan. Yaitu ada tahapan primer, laten, sekunder, dan akhir. Bila tidak segera diobati, sifilis dapat berakibat terjadinya komplikasi.

Setiap orang bisa terkena penyakit kelamin seperti raja singa ini saat melakukan kontak langsung dengan penderita yang memiliki luka sipilis ketika berhubungan intim berbentuk oral, anal, dan vaginal. Luka sipilis bisa ditemukan pada rektum, anus, vagina, penis, mulut, dan bibir. Buruknya lagi adalah ternyata penyakit ini juga bisa menular pada bayi yang masih dalam kandungan.

Hal ini bisa terjadi bila wanita hamil memiliki masalah sipilis sebelumnya sehingga bisa membuat si calon buah hati juga terinfeksi raja singa. Mengingat penyakit kelamin ini sangat berbahaya, sebaiknya kenali tanda-tandanya sejak dini. Di bawah ini adalah tanda-tanda seseorang terkena sipilis dilihat dari tahapannya, antara lain:

Gejala Sipilis Tahapan Primer

Tahapan yang satu ini umumnya lukanya tidak terasa sakit. Luka akibat sipilis dalam tahapan primer akan muncul saat bakteri mulai masuk ke tubuh. Umumnya gejalanya akan mulai terlihat dalam waktu 3 minggu setelah bakteri mulai masuk. Setidaknya dalam waktu 10 hingga 90 hari seorang penderita sipilis sangat beresiko menularkan penyakitnya pada tahapan ini.

Pria yang menderita penyakit sipilis di tahapan primer biasanya gejalanya terlihat pada daerah kelamin yang mengalami luka dan rasanya sakit. Sedangkan pada wanita, lukanya bisa berkembang hingga di luar alat kelamin atau bahkan dalam vagina. Saat gejalanya muncul di dalam vagina (permukaan rahim), biasanya tanda-tandanya sulit dideteksi. Karena umumnya luka yang ditimbulkan tidak terlihat dan tanpa menimbulkan rasa sakit. 

Baca Juga :   Apa Saja Pantangan Sifilis?

Sementara itu untuk perkembangan kelenjar getah bening biasanya terjadi di area yang terluka, baik di kelamin ataupun di bagian tubuh yang lainnya. Luka ini akan terjadi dari 3 sampai 6 minggu dan akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Hanya saja dalam tahapan ini biasanya tetap meninggalkan luka tipis dan penderita masih dapat menularkan penyakit ini kepada orang lain.

Gejala Sipilis Tahapan Sekunder

Di tahapan sekunder, tanda-tanda sipilis mulai menunjukkan adanya ruam dari 2 hingga 12 minggu  saat luka mulai berkembang. Saat gejala lainnya muncul, artinya infeksinya mulai menyebar ke seluruh tubuh. Penderita dalam tahapan ini bisa sangat menular sehingga perlu diwaspadai. Umumnya ruam tersebut akan muncul di area kaki dan telapak tangan.

Untuk warna ruamnya bisa berupa coklat kemerahan, datar, padat, kecil, dan terangkat di kulit tidak lebih dari 2 cm. Sayangnya ruam yang muncul biasanya terlihat seperti masalah kulit ringan sehingga gejala ini jarang disadari penderita di tahapan ini. Luka kecil yang terbuka biasanya akan muncul pada bagian selaput lendir.

Lukanya tersebut bisa terlihat lembab, bahkan terkadang ada nanahnya dan berbentuk kutil. Untuk penderita yang memiliki kulit gelap biasanya warna lukanya terlihat lebih terang dari kulit aslinya. Namun meskipun begitu biasanya ruam kulitnya akan sembuh dalam kurun waktu 2 bulan tanpa bekas luka dengan sendirinya.

Setelah terjadi pemulihan akan terjadi perubahan warna kulit. Akan tetapi saat itu terjadi jangan senang dulu karena penyakit ini masih bisa menular kepada orang lain. Saat gejalanya mulai menyebar, biasanya penderita akan mengalami gejala seperti sakit tenggorokan, demam tinggi, penurunan berat badan, pembengkakan pada kelenjar getah bening, kerontokan pada rambut, bulu mata, dan alis.

Baca Juga :   Berapa Lama Pengobatan Gonore?

Gejala Sipilis Tahapan Laten

Gejala lainnya bila penyakit sifilis tidak segera diobati adalah memasuki di tahapan laten. Ini adalah saat seseorang mulai terinfeksi. Di tahapan laten, penderita tidak akan merasakan gejala apapun saat ruamnya hilang dalam beberapa waktu. Tahapan ini bisa terjadi dari 1 tahun hingga 20 tahun.

Dalam tahapan ini, untuk bisa melihat apakah seseorang mengalami masalah sifilis hanya bisa dicek dari tes darah, kelahiran anak dalam kasus sifilis kongenital, dan pengalaman terdahulunya. Orang yang menularkan virus sejak periode awal tahapan laten bisa menular bakteri yang sama bila gejalanya tidak muncul.

Gejala Sipilis Tahapan Akhir

Di tahapan akhir ini merupakan saat terburuk yang dialami oleh penderita sifilis. Di tahapan ini penderita bisa sangat beresiko menularkan penyakitnya. Bahkan bila tidak segera diobati, gejalanya bisa muncul sejak terinfeksi 1 tahun. Saat penderita mengalami tahapan ini mereka akan mengalami masalah pada jantung, pembuluh darah, kebutaan, gangguan mental, sistem saraf, dan akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Maka dari itu bila Anda menemukan ada gejala sipilis pada diri Anda, segera lakukan pengobatan ke dokter. Namun bila Anda malu, silahkan hubungi team kami sekarang juga untuk mendapatkan OLAMIX atau ketik keyword OLAMIX di Shopee. Yaitu obat yang bisa menyembuhkan sipilis dalam waktu 3 sampai 4 hari saja. Dengan begitu sipilis akan sembuh seketika.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini