Beberapa Cara Menurunkan Kolesterol, Berani Coba?

Gaya hidup kekinian cenderung menjebak kita dalam pola hidup yang kurang baik dengan berbagai kebiasaan yang mengabaikan kesehatan dan karna alasan itu banyak mereka mencoba mencari Cara Menurunkan Kolesterol di internet. Hal demikian menimbulkan beragam efek negatif dimana salah satunya adalah peningkatan kadar kolesterol yang tinggi. Pola hidup yang kurang baik serta pola makan yang keliru menjadi penyebab utama terjadinya peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Kebiasaan buruk seperti sering begadang, merokok, mengkonsumsi alkohol, minum soda secara tidak disadari menjadi pemicu berbagai macam penyakit. Apalagi jarang melakukan olahraga. Inilah penyebab mengapa para pekerja kantoran lebih sering terkena hipertensi. Memang kolesterol memiliki peran sangat penting di dalam tubuh kita, karena justru menghasilkan beberapa hormon yang dibutuhkan tubuh untuk membantu metabolisme. Tetapi kadar kolesterol tetap dijaga agar jangan sampai terlalu tinggi. Kada kolesterol yang trlalu tinggi dapat menimbulkan beragam penyakit diantaranya penyakit jantung dan penyumbatan peredaran darah.

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Pola Makan Yang Sehat

Ada banyak cara untuk menurunkan kadar kolesterol diantaranya adalah memperbaiki pola makan, memperhatikan asupan makanan dan rajin berolahraga. Hampir semua jenis olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tetapi ada beberapa jenis olahraga yang dapat menurunkan kolesterol lebih cepat dari olahraga lainnya. Tentunya olahraga tersebut harus dilakukan secara rutin setiap minggu. Minimal 4 hingga 5 kali seminggu dengan durasi cukup 20 – 30 menit setiap hari. Olahraga yang baik adalah olahraga yang dapat menyebabkan keluar keringat. Karena semua zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang salah satunya melalui keringat.

OLAMIX Kapsul Herbal Ampuh Menurunkan Kolesterol
OLAMIX Kapsul Herbal Ampuh Menurunkan Kolesterol

Jenis olahraga yang tepat untuk Menurunkan Kolesterol

Nah, selain belajar memulai pola hidup dan pola makan yang lebih sehat, Anda perlu mulai banyak melakukan olahraga. Tanpa melakukan olah raga ditambah lagi kebiasaan hidup yang buruk dapat menjadi pemicu utama munculnya berbagai masalah kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi, jantung, hingga stroke.

Baca Juga :   Apa itu Kolesterol Tinggi Dan Bagaimana cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Berenang
Berenang adalah jenis olahraga yang disukai berbagai usia mulai anak anak sampai orang dewasa. Terbukti bahwa dengan berenang secara rutin dapat menurunkan tingkat stress sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Dnegan sendirinya mengobati insomnia sehingga mengurangi kebiasaan bergadang. Ketika berenang memang terlihat seperti tidak berkeringat, tetapi ternyata membakar banyak kalori tubuh secara signifikan, sehingga berenang juga bagus untuk menurunkan berat badan. Berenang selama satu jam bisa membakar sampai 500 kalori. Dengan sendirinya berenang juga mampu menurunkan kadar kolesterol karena membakar banyak kalori dan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan berenang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kesehatan paru-paru.

Bersepeda
Kegiatan bersepeda baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Salah satu keuntungan dari berolahraga adalah menurunkan resiko terkena diabetes. Hal ini berkaitan dengan stabilnya produksi insulin di dalam tubuh yang aktif melakukan olahraga. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko penyakit kanker terutama kanker usus besar. Saat bersepeda maka Anda akan merasa senang sehingga tubuh akan mengeluarkan hormon alami yang disebut endorfin. Hormon inilah yang menimbulkan rasa nyaman serta suasana hati yang gembira. Inilah sebabnya kenapa bersepeda dapat menurunkan stress dan depresi. Dengan sendirinya akan memperbaiki waktu tidur Anda dan meningkatkan imun tubuh terhadap berbagai penyakit. Saat bersepeda, tubuh mengeluarkan banyak keringat sehingga membuang zat zat yang tidak diperlukan tubuh termasuk kolesterol. Semua anggota tubuh dan otot ikut terlibat saat bersepeda. Sehingga jika dilakukan secara rutin, maka otot Anda menjadi kuat dan fleksibel.

Joging
Olahraga lari atau jogging bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena sirkulasi darah meningkat saat lari atau jogging. Hal ini memberikan efek positif yaitu menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Berdasarkan penelitian, fakta bahwa lari jarak jauh bisa meningkatkan kadar kolesterol baik secara signifikan. Lari atau jogging juga membuat tekanan darah membaik. Jogging atau lari sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena udara masih segar dan bebas polusi.
Berolahraga saat pagi hari juga lebih nyaman karena tidak banyak kendaraan yang lalu lalang sehingga masih sedikit asap knalpot kendaraan serta debu yang beterbangan.

Baca Juga :   Manfaat Jintan Hitam Untuk Mengobati Kolesterol Tinggi

Yoga
Yoga adalah jenis olahraga yang mungki hanya populer di kalangan tertentu. Olahraga yoga menekankan kepada meditasi untuk mendapatkan ketenangan. Sehingga olahraga jenis ini lebih bertujuan untuk meningkatkan ketenangan pikiran sehingga dapat menurunkan stres. Yoga adalah kombinasi antara gerakan, melatih pernapasan dan pemusatan ketenangan pikiran. Hal ini akan memberikan efek positif terhadap kolesterol dalam darah yang sering menjadi pemicu penyakit jantung. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa melakukan Yoga secara rutin bisa menurunkan kadar LDL kolesterol dari 14% hingga 35%. Selain itu, Yoga juga dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol baik dengan persentase yang beragam. Banyak masalah kesehatan justru disebabkan oleh pikiran yang stress oleh berbagai hal mulai masalah keluarga sampai masalah pekerjaan. Penderita kolesterol tinggi juga banyak disebabkan oleh pikiran stress sehingga sulit tidur, banyak merokok, minuman minuman beralkohol. Jika stress bisa diobati maka kebiasaan buruknya juga berkurang. Kelebihan Yoga adalah tidak memerlukan banyak gerak dan aktivitas. Namun Yoga dapat menurunkan stress dan membuat pikiran Anda lebih rileks sehingga menurunkan 14 -15% kadar kolesterol dalam tubuh.

Taichi
Sejarah Taichi adalah seni bela diri yang kemudian menjadi olahraga populer yang banyak dilakukan oleh orang orang lanjut usia karena mereka tidak bisa terlalu bebas bergerak. Gerakan Taichi yang mengalun lembut secara perlahan malah sangat cocok bagi mereka yang ingin berolahraga tanpa harus bergerak terlalu banyak.
Meskipun gerakan Taichi sangat halus dan lambat, sebuah studi menyimpulkan bahwa gerakan taichi justru dapat menurunkan kolesterol sebesar 7% dimana kadar LDL kolesterol jahat turun 12% hingga 15% sedangkan kolesterol baik mengalami peningkatan mencapai 7%.

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan melakukan olahraga adalah kiat jitu menurukan kolesterol

Disiplin adalah kunci utama supaya rutin menjalankan olahraga sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh kita. Penting untuk disiplin melakukan berolahraga secara teratur setiap hari serta menjaga gaya hidup dan mengatur pola makan yang baik. Karena dengan menjaga pola makan yang baik tentunya akan menjaga tubuh tetap sehat sehingga terhindar dari segala macam jenis penyakit.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini