Berapa Kadar Kolesterol Normal dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sudah tahukah anda berapa kolesterol anda hari ini? Sudahkah anda cek? Jika anda belum mengetahui berapa kolesterol anda sekarang, anda dapat menegceknya di apotek maupun rumah sakit. Disana, akan ada pemeriksaan darah ringan untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh anda. Untuk mengeatahui kadar kolesterol anda masuk kedalam level yang mana silahkan simak penjelasan di bawah ini:

Ini Batas Kadar Kolesterol Normal Dalam Tubuh

1. Kolesterol baik

Kolesterol baik biasanya kita kenal dengan koelsterol HDL. JIka HDL semakin tinggi maka itu menandakan kondisi tubuh anda dalam keadaan yang baik. Hal ini terjadi dikarenakan HDL akan melindungi tubuh dari penyakit jantung. Tingkat HDL yang ada dalam tubuh setidaknya berkisar antara 60 mg/dL atau lebih sehingga akan membantu meminimalisir risiko penyakit jantung. Akan tetapi jika tingkat HDL kurang dari 40 mg/dL maka akan berbahaya karena akan menaikkan risiko terjadinya penyakit jantung.

2. Kolesterol jahat

Kolesterol jahat yang dapat masuk ketubuh kita bernama LDL. LDL mampu ditoleransi tubuh jika kadarnya berada pada tingkat setidaknya kurang dari 100 mg/dL. Namun, anda masih bida mendapat tolenrasi pada tubuh kerika jumlah kadar LDL mencapai 100-129 mg/dL. Jika anda melebihi batas yang dapat ditoleransi oleh tubuh maka kemungkinan akan terjadi penyakit lanjutan seperti ateroma, penyakit jantung, dan stroke.

3. Trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung pada tubuh anda. Maka usahakan agar trigliserida tidak melonjak naik. Jumlah trigliserida yang masuk dalam tubuh ketika mencapai150-199 mg/dL maka dikatakan sebagai batas toleransi tubuh anda. Namun, jika jumlahnya naik menjadi 200 mg/dL atau lebih maka berada pada level yang tinggi.

Baca Juga :   Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh Dan Cepat

4. Kolesterol total

Kolesterol total adalah kondisi ketika kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida menatu dengan baik dalam setiap desiliter darah. Kolesterol umum di tubuh anda biasanya dapat dilihat berdasarkan HDL dan kolesterol total pada tubuh anda. Akan tetapi, jika kolesterol total anda mencapai 200 mg/dL atau selebihnya, dan HDL kurang dari 40 mg/dL maka Anda  harus melaksanakan pemeriksaan kolesterol secara lengkap yang meliputi pemeriksaan LDL dan trigliserida.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Agar Kadar Kolesterol Lagi

Manusia memang membutuhkan kolesterol dalam tubuh.  Kolesterol diperlukan untuk mmebentuk sel-sel baru dalam tubuh. Sel-sel tersebut yang berfungsi untuk menjaga organ tubuh maupun menggantikan sel-sel yang rusak. Namun, apa jadinya jika kolesterol kita terlau tinggi? Bisakah diobati? Jika kolesterol dalam darah kita terlalu tinggi, maka cara yang segera kita lakukan adalah dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagaimana caranya. Simak penjelasan dibawah ini:

Disini anda akan menemukan cara menurunkan kolesterol secara alami. Anda dapat mencobanya dirumah atau kapanpun jika anda sedang mengalami kenaikan koelsterol.

Olamix Herbal Membantu Kadar Kolesterol Anda Normal Kembali
Olamix Herbal Membantu Kadar Kolesterol Anda Normal Kembali

1. Jauhi Lemak Trans

Salah satu lemak yang harus anda hindari adalah lemak trans. Lemak ini merupakan lemak tak jenuh yang dibuat melalu proses hidrogenasi. Lemak trans biasanya terdapat pada bahan makanan seperti margarin dan shortenings.

2. Pilih makanan berserat yang mudah larut

Sudah merupakan kebutuhan tubuh untuk mengkonsumsi serat. Jika kolesterol anda naik anda disarankan untuk mengkonsumsi serat yang mudah larut. Meskipun serat larut dapat larut dalam air tetapi tidak dapat dicerna oleh tubuh. Akan tetapi baiknya serat larut ini dapat dicerna oleh  bakteri baik yang ada di usus (probiotik) yang mencerna serat ini. Anda dapat menemukan serat larut dalam kacang-kacangan, nuah-buahan, lentil, gandum, apel, anggur, strawberry dan jeruk.

Baca Juga :   Inilah Herbal Penurun Gula Darah dan Kolesterol

3. Berhenti Merokok

ika anda merupakan perokok maka cobalah untuk mulai mengurangi konsumsi rokok anda, Karena dengan merokok maka akan menghentikan kemampuan tubuh anda untuk memindahkan kolesterol ke dalam hati untuk dihancurkan.

4. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

Omega-3 tidak hanya baik untuk anak-anak saja. Keberadaan omega-3 adalahjenis lemak lemak baik bagi kesehatan hati dan dapat menurunkan kadar kolesterol anda. Anda dapat menemukan omega-3 dalam beberapa makanan seperti ikan salmon, mackerel, herring dan tuna.


5. Kurangi Lemak Jenuh

Salah satu penyebab naiknya kolesterol adalah lemak jenuh. Lemak jenuh yang terdapat pada ddaging merah dan produk yang memiliki kandungan susu.  Jika anda terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut, bukan tidak mungkin kolesterol anda akan naik.

6. Olahraga

Olahraga adalah hal yang baik bagi tubuh anda. Tidak hanya itu, dengan berolahraga akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Upayakan beri waktu 30 menit bagi tubuh anda untuk berolahraga.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini