Berapa Lama Pengobatan Gonore?

Lama pengobatan gonore : Pertanyaan ini sering terlintas pada pasien yang baru pertama kali mengidap penyakit kelamin menular. Terutama anak muda dan usia remaja yang khawatir terhadap kesehatannya. Masih banyak yang belum mengetahui karakteristik gonore atau penyakit kelamin lainnya. Meskipun pergaulan dan gaya hidup beresiko tinggi.

Orang baru panik dan peduli terhadap kesehatan diri sendiri ketika sudah terpapar bakteri penyebab penyakit kelamin. Masih beruntung jika diketahui adanya penularan sejak terdapat tanda atau gejala sejak dini. Sehingga belum terjadi penyebaran penyakit secara luas pada bagian tubuh lainnya. Pada kondisi ini masih mudah dilakukan pengobatan untuk menyembuhkan gejala.

Tetapi tidak sedikit pasien yang baru menyadari dirinya tertular penyakit gonore setelah kondisinya parah. Gejala yang dirasakan sudah cukup berat dan terdapat infeksi pada organ dalam. Pada kondisi ini barulah memeriksakan diri dan melakukan berbagai upaya pengobatan. Lalu berapa lamakah waktu yang dibutuhkan pasien untuk sembuh dari gejala penyakit gonore?

Lama Pengobatan Gonore pada Gejala Awal

Pengobatan gonore akan lebih cepat jika terdeteksi sejak awal kemunculannya. Misalnya memiliki riwayat aktifitas seksual tidak aman dalam 2 minggu terakhir maka ada baiknya segera memeriksakan diri untuk skrinning gonore atau penyakit kelamin lainnya meskipun belum nampak adanya gejala. Terutama jika mencurigai pasangan seksual berpotensi menularkan bakteri penyebab penyakit kelamin.

Gejala gonore umumnya muncul pada 10 sampai 14 hari setelah penularan tergantung kondisi tubuh masing-masing orang. Pada masa ini bakteri Neisseria gonorrhoeae sudah menginfeksi tubuh orang yang tertular. Jika dilakukan pemeriksaan maka akan nampak adanya aktifitas bakteri tersebut. Kondisi ini bisa segera mendapat pengobatan untuk menyembuhkan penyakit sekaligus menghilangkan bakteri.

Baca Juga :   Penyebab Raja singa Raja Singa Pada Pria Tidak Terdeteksi? Ini Jawabanya

Jika dilakukan pengobatan secara medis melalui bantuan dokter pada tahap awal kemunculan penyakit bisa lebih cepat. Pengobatan yang diberikan melalui suntikan antibiotik akan meredakan gejala dalam waktu 24 jam. Kemudian penyakit akan berangsur sembuh dalam 1 sampai 2 hari setelahnya. Kondisi ini untuk gejala infeksi ringan seperti pada saluran kemih.

Perlu diketahui bahwa gejala gonore pada tahap awal kemunculannya adalah adanya peningkatan frekuensi buang air kecil kadang terasa nyeri dan terbakar, serta gejala paling khas yaitu keluarnya nanah dari penis atau vagina. Jika sudah muncul gejala ini maka segeralah melakukan pengobatan karena bisa dipastikan tubuh terpapar bakteri penyebab penyakit gonore.

Lama Pengobatan Gonore pada Ibu Hamil

Gonore juga berpotensi menyerang ibu hamil. Penularan bisa terjadi dari pasangan yang sudah terinfeksi bakteri sebelumnya. Maka sangat disarankan bagi ibu hamil rutin memeriksakan kesehatan terutama pada awal masa kehamilan. Sehingga jika diketahui positif segera dilakukan pengobatan. Sebab ibu hamil beresiko menularkan penyakit kepada janin yang dikandung dan menyebabkan keguguran.

Lamanya pengobatan pada ibu hamil tergantung dari tingkat gejala yang dialami. Dokter akan memberikan dosis antibiotik yang aman bagi ibu hamil namun tetap efektif menyembuhkan gejala penyakit. Tetapi bagi ibu hamil dimasa awal kehamilan yang mengetahui adanya gejala gonore dalam tubuhnya bisa segera melakukan pengobatan secara mandiri menggunakan obat antibiotik.

Olamix adalah obat antibiotik yang dapat menyembuhkan gejala gonore dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B yang masing-masing memiliki kelebihan. Olamix type A lebih efektif menyembuhkan gejala penyakit kelamin lebih cepat dan menghilangkan bakteri secara permanen, meskipun harganya lebih mahal dari type B.

Baca Juga :   Apa Itu Gonore dan Apakah Berbahaya? Ini Jawabannya!

Obat antibiotik ini bisa dibeli secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Layaknya melakukan pengobatan secara medis penyakit harus tetap dipantau. Untuk itu tim Olamix menyiapkan tim untuk memberikan pendampingan dan konsultasi gratis kepada pasien selama masa pengobatan. Fasilitas ini untuk memotivasi pasien sekaligus mengukur efektifitas pengobatan yang dilakukan.

Lama Pengobatan Gonore pada Bayi

Ibu hamil positif gonore yang tidak mendapat pengobatan secara tuntas akan beresiko menularkan kepada janin. Resiko penularan juga bisa terjadi pada saat terjadi kelahiran normal melalui vaginal. Tubuh bayi secara langsung terpapar bakteri yang menginfeksi bagian genital ibu dan bercampur dengan cairan vagina tersebut. Gejala akan muncul dalam 2-4 hari.

Gejala gonore pada bayi berupa gangguan pada mata. Terjadi konjungtivitas sehingga mata bayi  bengkak, kemerahan dan keluar kotoran seperti belek. Pengobatan pada bayi sama halnya dengan orang dewasa yaitu dengan pemberian antibiotik untuk menghilangkan bakteri di dalam tubuh. Sedangkan untuk meringankan gejala pada mata diberikan saleb antibiotik dan perawatan kebersihan.

Pada bayi yang tertular gonore meskipun masih dalam usia sangat dini tetap harus mendapat penanganan secara tuntas. Sebab komplikasinya akan menjadi lebih parah karena infeksi pada mata dapat menyebabkan kebutaan permanen. Baik pada bayi maupun orang tua pengobatan gonore sejak dini akan menyembuhkan secara permanen dan meminimalisir penyakit kambuh kembali.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini