Berapa Lama Obat Sipilis Bisa Sembuh? Ini Waktu Penyembuhannya!

Efektifitas penyembuhan dengan obat sipilis sangat dipengaruhi pola hidup pasien bersangkutan. Meskipun penyakit kelamin ini bisa sembuh total tetapi tidak bisa diabaikan efek buruk jangka panjangnya. Kenapa sangat perlu dilakukan pengobatan? Sebab penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum ini dapat merusak organ dalam secara permanen dan menyebabkan kematian.

Tampak tidak ada gejala berarti yang dirasakan oleh pasien namun didalam tubuh bakteri berkembangbiak membentuk koloni dan mulai menginfeksi organ vital. Otak, saraf, tulang, hingga jantung akan mengalami kerusakan serius jika sejak dini penyakit luput dari pengobatan. Pasien akan merasakan gejala berat dalam jangka waktu 10-20 tahun atau bisa lebih.

Maka sangat penting bagi siapapun yang memiliki riwayat aktifitas seksual tidak aman untuk melakukan skrinning sipilis. Kebiasaan berganti-ganti pasangan, homoseksual, heteroseksual, hubungan seksual tanpa menggunakan kondom sangat potensial menularkan penyakit kelamin. Jika terdapat gejala pada anggota tubuh yang mengarah pada penyakit sipilis harus segera melakukan pengobatan sehingga lebih cepat sembuh.

Lama Penyembuhan Menggunakan Obat Sipilis

Penyembuhan penyakit sipilis menggunakan obat tentu akan lebih cepat daripada dibiarkan sembuh secara alami. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini akan menunjukkan gejala tahap awal pada 10 sampai 90 hari setelah terjadi penularan. Gejala yang muncul berupa luka dangkal akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam 2 hingga 6 minggu.

Dengan pengobatan medis atau mengkonsumsi antibiotik yang tepat, gejala pada tahap awal penyakit ini akan sembuh dalam waktu kurang dari 1 minggu tergantung efektifitas obat. Jika tidak dilakukan pengobatan, sipilis akan masuk pada stadium sekunder. Gejala yang muncul mirip influenza dan bisa sembuh dalam 4 minggu atau lebih tanpa pengobatan.

Baca Juga :   Apa Itu Sipilis,Penyebabnya dan Risiko Terjadinya Sipilis

Stadium sekunder akan lebih cepat sembuh melalui pemberian antibiotik. Hanya dalam hitungan hari gejala demam, sakit kepala, nyeri tenggorokan dan munculnya ruam di telapak tangan dan area kaki akan hilang. Efektifitas pengobatan ini harus didukung dengan perilaku hidup sehat dengan menghindari hubungan seksual dengan siapapun dan tetap menjaga kebersihan badan.

Aplikasi Obat Sipilis pada Ibu Hamil

Ibu hamil sangat beresiko menularkan sipilis kepada janin yang dikandungnya. Penularan akan langsung terjadi selama masa kehamilan terutama pada trimester pertama. Bakteri dalam tubuh ibu menempel pada plasenta dan masuk ke dalam tubuh janin atau fetus. Dalam kondisi terinfeksi seperti ini ibu bisa mengalami keguguran atau bayi lahir langsung meninggal.

Maka sangat penting untuk mengobati sipilis secara tuntas pada masa awal kehamilan. Ibu hamil bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis untuk melakukan skrinning sipilis. Jika dinyatakan positif ibu akan langsung mendapat suntikan antibiotik untuk mengobati sipilis secara tuntas. Pengobatan bisa dimaksimalkan pada awal kehamilan dimana paling beresiko menularkan penyakit sipilis.

Namun ibu hamil juga bisa melakukan pengobatan sendiri dengan mengkonsumsi antibiotik. Olamix adalah salah satu obat antibiotik yang efektif menyembuhkan sipilis dalam waktu 3-4 hari. Lebih cepat, mudah dan praktis karena obat sipilis ini bisa dibeli secara online melalui shopee dnegan kata kunci Olamix. Tersedia 2 type obat yang berbeda.

Olamix type A dan type B dimana type A memiliki tingkat efektifitas lebih tinggi dibanding type B mesksipun harganya lebih mahal. Olamix type A dapat menyembuhkan penyakit sipilis secara permanen. Obat yang dibeli dalam satu paket harus dihabiskan sesuai anjuran meskipun gejala sipilis sudah sembuh, untuk menghindari terjadinya resistensi bakteri.

Obat Sipilis untuk Bayi

Obat sipilis juga diaplikasikan pada bayi yang terpapar bakteri Treponema pallidum dari ibunya selama masa kehamilan atau pada saat terjadi kelahiran normal. Bayi dengan ibu positif sipilis harus menjalani pemeriksaan pada 7 hari pertama kehidupan. Meskipun pada tubuh bayi tidak ditemukan gejala sipilis. Bisa jadi gejala muncul setelah beberapa minggu.

Baca Juga :   Solusi Pengobatan Kencing Nanah

Salah satu indikasi bayi terpapar sipilis adalah berat badan lahir yang rendah dan tidak mengalami peningkatan signifikan sampai usia 2 tahun. Tetapi akan lebih mudah jika dilakukan skrinning sipilis pada bayi. Melalui pemeriksaan darah, sistem pertulangan dengan x-ray, fungsi penglihatan, gejala pada kulit bayi disekitar genital, anus bibir dan mulut.

Setelah dinyatakan positif sipilis bayi akan mendapatkan pengobatan antibiotik benzathine benzyl penicillin dengan dosis tunggal melalui suntikan. Obat ini diberikan kepada bayi terindikasi sipilis yang belum menunjukkan gejala. Pada bayi yang sudah terdapat gejala diberikan prokain benzyl penicillin sekali dalam sehari untuk 10 hari pemakaian untuk menyembuhkan gejala penyakit sipilis.

Bayi yang terpapar sipilis memiliki resiko kerusakan organ dalam lebih dini jika tidak dilakukan pengobatan secara tuntas. Prose tumbuh kembangnya akan terganggu dan bisa mengalami kecacatan. Dengan pengobatan yang tepat penyakit sipilis pada bayi akan lebih cepat sembuh secara permanen. Efektifitas obat sipilis lebih tinggi karena pengobatan dilakukan secara intensif.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini