Berapa Biaya Pengobatan Kencing Nanah Pada Dokter?

Banyak pasien tidak melakukan pengobatan kencing nanah dengan benar karena alasan biaya. Sehingga jumlah penderita penyakit kelamin ini di Indonesia relatif sedikit yang terdeteksi. Masyarakat lebih memilih membiarkan gejala penyakit sembuh sendiri atau melakukan pengobatan seadanya sekedar menghilangkan rasa nyeri. Padahal dalam jangka panjang penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius.

Kurangnya edukasi terhadap bahaya penyakit kelamin dan solusinya menjadikan banyak orang abai terhadap masalah pengobatan. Padahal saat ini sudah banyak metode pengobatan dan fasilitas medis memadai yang dapat membantu menyembuhkan penyakit dengan biaya terjangkau. Kencing nanah bukan lagi kasus langka, pengobatannya termasuk mudah dan bisa diapatkan di fasilitas kesehatan terdekat.

Biaya Pengobatan Kencing Nanah secara Medis

Biaya pengobatan kencing nanah secara medis cukup bervariatif. Biaya yang dibebankan kepada pasien meliputi pemeriksaan awal baik tes cairan sekret, sample darah maupun sensitivitas antibiotik, konsultasi dokter dan pengobatan. Besarnya biaya untuk pengobatan gonore tergantung tingkat gejala yang dialami pasien. Semakin dini pemeriksaan dan pengobatan, biaya yang dikeluarkan semakin terjangkau.

Pada tahap awal kemunculan penyakit dengan gejala keluarnya nanah dari penis pria atau vagina wanita dan frekuensi buang air kecil yang meningkat, pengobatan bisa dilakukan melalui dokter umum. Biaya yang dibutuhkan lebih terjangkau. Dokter umum memiliki kapasitas dan kompetensi untuk pemeriksaan serta pengobatan penyakit gonore biasa yang banyak diderita pasien.

Biaya pengobatan melalui bantuan dokter umum lebih terjangkau dibanding dokter spesialis kulit dan kelamin. Pada kondisi tertentu memang diperlukan pemeriksaan lebih mendalam oleh dokter spesialis untuk mengetahui tingkat infeksi penyakit. Sebab gonore atau kencing nanah dapat menyebabkan komplikasi serius pada organ dalam terutama organ reproduksi dan menyebabkan kesulitan memiliki keturunan.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Mengetahui Ciri-Ciri Raja Singa ?

Pengobatan melalui dokter spesialis bisa dipilih ketika gejala yang dirasakan sudah semakin berat misalnya terjadi radang panggul dan radang sendi. Dalam pemeriksaan dokter tidak hanya mengambil sample sekret organ genital tetapi juga cairan sendi. Sehingga lebih mudah dalam memberikan pengobatan. Sekaligus mengetahui tingkat tingkat kerusakan yang disebabkan oleh aktifitas bakteri.

Besarnya biaya pengobatan penyakit kencing nanah juga dipengaruhi oleh obat yang diberikan. Obat antibiotik yang diberikan melalui injeksi lebih mahal dibanding obat kapsul untuk diminum. Sebab obat injeksi lebih ceppat bekerja dan menyebab melalui aliran darah. Sedangkan obat minum melalui proses cerna terlebih dahulu. Meskipun keduanya memiliki efektifitas yang terjamin.

Pengobatan Kencing Nanah yang Terjangkau

Jika memiliki keterbatasan biaya untuk pengobatan dengan bantuan dokter spesialis, pasien bisa memanfaatkan fasilitas BPJS. Fasilitas kesehatan tingkat Puskesmas saat ini sudah dapat menangani pasien gonore. Sehingga lebih memudahkan dalam melakukan pengobatan terlebih jika tahap gejala masih ringan. Tingkat kesembuhan tidak berbeda dengan metode pengobatan melalui dokter umum maupun spesialis.

Fasilitas BPJS mungkin masih terbatas dalam menyembuhkan gonore untuk tingkat gejala berat, sehingga perlu rujukan ke dokter spesialis untuk mendapat pengobatan secara tuntas. Namun fasilitas Puskesmas lebih memadai jika terdapat gejala lebih lanjut, dengan biaya terjangkau bahkan bisa gratis untuk kondisi tertentu. Gejala bisa sembuh total dengan biaya sangat minim.

Untuk membantu proses penyembuhan, konsumsi obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek terdekat atau melalui Puskesmas. Tetap jalani pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, cukup minum air putih, istirahat dan oleharaga teratur. Kebiasaan seperti ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu keberhasilan proses pengobatan kencing nanah.

Baca Juga :   Apa Saja Dampak Gonore? Seperti Ini Akibatnya!

Pengobatan Kencing Nanah secara Mandiri

Alternatif pengobatan kencing nanah yang bisa dipilih pasien adalah metode mandiri. Mengkonsumsi Olamix bisa membantu menyembuhkan penyakit dalam waktu 3-4 hari. Tentunya harus dipastikan terlebih dahulu bahwa gejala yang muncul adalah gonore atau kencing nanah. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type yang bisa disesuaikan dengan kondisi gejala.

Olamix type A memiliki tingkat efektifitas lebih tinggi dibanding type B. Walaupun harganya lebih mahal daripada type B tetapi menyembuhkan gejala penyakit lebih cepat secara permanen. Obat ini bisa didapatkan secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam satu paket yang dibeli harus diminum habis meskipun gejala sudah sembuh.

Antibiotik apapun bekerja secara bertahap jadi obat dihabiskan untuk menghindari resitensi bakteri penyebab penyakit. Selama pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Seperti halnya melakukan pengobatan secara medis yang perkembangannya dipantau langsung oleh dokter. Sehingga pasien merasa termotivasi dan tenang karena efektifitas pemberian obat bisa dipertanggungjawabkan.

Penting untuk dilakukan selama masa pengobatan adalah menghindari hubungan seksual dengan siapapun termasuk pasangan sah. Bakteri bisa saja menular kembali dari pasangan sehingga pengobatan tidak efektif. Terlebih jika memiliki riwayat hubungan seksual selama 2 bulan sebelumnya, perlu dilakukan pemeriksaan juga pada pasangan supaya tidak terjadi penularan berulang jika diketahui positif.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini