Bagaimana Terjadinya Penularan Kencing Nanah?

Penularan kencing nanah dari pasien atau karier kepada orang sehat adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhea. Bakteri ini berpindah dari cairan pasien kepada pasangan seksualnya. Lebih banyak peluang penularan memalui anal dan vaginal seks. Paling rentan terpapar adalah kaum pria. Sebab kebiasaan berganti-ganti pasangan seksual baik homoseksual maupun pekerja seks komersial.

Bakteri penyebab gonore hanya dapat menular melalui hubungan seksual langsung. Penetrasi langsung secara vaginal atau anal yang dilakukan tanpa menggunakan kondom. Bakteri tidak dapat hidup lama di lingkungan luar. Jadi tidak ada resiko penularan ketika menggunakan toilet duduk secara bergantian, kolam renang umum, pemakaian handuk secara bergantian, pelukan atau ciuman.

Penularan Kencing Nanah pada Pria

Penularan kencing nanah pada pria lebih banyak terjadi. Pria 1,5x lebih lebih banyak mengidap kencing nanah daripada wanita. Hal ini membuktikan aktifitas seksual pria lebih tidak aman dibanding wanita. Pria penyuka sesama jenis paling banyak terpapar bakteri penyebab gonore. Kontak seksual yang dilakukan melalui anus atau mulut berpotensi menularkan penyakit.

Kaum pria juga paling banyak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan baik sesama jenis maupun lawan jenis. Penularan penyakit terjadi karena seorang pria melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom dengan pasangan yang merupakan karier atau pengidap penyakit. Ketika terjadi penetrasi bakteri di dalam mukosa (anus atau mulut) menempel pada penis.

Bakteri ini kemudian masuk ke dalam organ kelamin pria, berkembangbiak dan membentuk koloni. Kemudian menyebar melalui aliran darah. Penularan juga bisa terjadi jika seorang pria sehat berhubungan seksual dengan wanita karier secara langsung tanpa menggunakan kondom. Ketika penetrasi vaginal, bakteri di dalam bibir vagina menular ke dalam penis dan menginfeksi.

Olamix Mencegah Penularan Kencing Nanah
Olamix Mencegah Penularan Kencing Nanah

Pemeriksaan untuk Mendeteksi Penularan Kencing Nanah

Untuk mendeteksi adanya penularan kencing nanah perlu dilakukan pemeriksaan secara medis. Bisa melalui laboratorium atau rumah sakit. Pemeriksaan dilakukan pada sample cairan tubuh yang mengindikasikan penularan penyakit. Cairan dari penis, vagina, mulut, anus bisa juga cairan pada sendi. Bagian-bagian tubuh ini adalah lingkungan hidup bagi bakteri Neisseria gonorrhea penyebab gonore.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Mengetahui Ciri-Ciri Raja Singa ?

Dokter atau petugas medis juga akan memeriksa sample darah pasien. Pengambilan sample darah ini dilakukan untuk memantau sejauh apa infeksi dan aktifitas bakteri di dalam tubuh pasien. Infeksi pada tahap awal masih berada di sekitar area genital atau mulut yang menjadi tempat kontak seksual langsung, kemudian baru menyebar dalam darah.

Dilakukan juga tes sensitivitas antibiotik. Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah pasien mengalami resistensi terhadap antibiotik tertentu yang pernah diberikan sebelumnya. Biasanya untuk pasien dengan gejala berulang harus mendapatkan antibiotik yang berbeda dari sebelumnya. Resistensi bakteri terjadi karena obat yang diberikan sebelumnya tidak diminum secara rutin sesuai anjuran sampai habis.

Gejala yang terjadi pada pasien bisa saja sembuh dengan pemberian antibiotik. Namun bakteri penyebab penyakit belum hilang sepenuhnya. Bakteri melemah secara bertahap sesuai dengan pemberian antibiotik. Jadi ketika konsumsi dihentikan sebelum bakteri benar-benar hilang, bakteri yang tertinggal akan aktif kembali dan berkembangbiak. Dalam jangka waktu tertentu akan muncul lagi gejala.

Pengobatan setelah Terjadi Penularan Kencing Nanah

Setelah dinyatakan positif tertular kencing nanah atau gonore maka harus segera dilakukan pengobatan. Sebab komplikasi kesehatan yang terjadi jika penyakit tidak diobati dapat mengancam kesuburan baik pria maupun wanita. Pengobatan bisa dilakukan melalui metode medis dengan bantuan dokter spesialis. Bisa melalui metode alternatif dengan bantuan praktisi kesehatan menggunakan obat-obatan herbal.

Alternatif lain pengobatan kencing nanah adalah metode mandiri menggunakan obat antibiotik. Olamix adalah rekomendasi obat antibiotik yang dapat menyembuhkan penyakit kelamin dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B. Olamix type A memiliki efektifitas lebih tinggi dalam menyembuhkan penyakit dan menghilangkan bakteri secara permanen.

Baca Juga :   Berapa Lama Gejala Raja Singa Muncul? Ini Penjelasannya!

Type A harganya relatif lebih mahal dibanding type B. Obat ini bisa dibeli melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam satu paket obat harus diminum sampai habis untuk menghindari resistensi bakteri. Selama pengobatan pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Sehingga pasien termotivasi dan tidak merasa sendiri.

Setelah tuntas melakukan pengobatan melalui metode pilihan perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Karena penyakit disebabkan bakteri yang berukuran mikroskopis, perkembangannya perlu dipantau. Untuk memastikan tidak ada lagi bakteri yang tertinggal di dalam tubuh. Sekaligus untuk mengukur efektifitas pemberian obat selama pengobatan dan menghindari penularan kencing nanah kepada orang lain.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini