Bagaimana Jika Orang Yang Terkena Penularan Gonore Melakukan Hubungan Sex?

Penularan gonore semakin meluas dan tidak terkendali seiring dengan perkembangan gaya hidup masyarakat dan anak muda khususnya. Penyakit yang sudah umum di masyarakat ini memang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat antibiotik secara rutin. Hal ini menyebabkan bahaya penyakit kelamin sering diabaikan. Perilaku seks bebas dan praktek prostitusi tidak dapat dihilangkan.

Gonore bisa menular kepada siapa saja melalui hubungan seksual. Termasuk pada anak usia remaja dan sekolah. Gaya pacaran dan pergaulan kebablasan sangat rentan terhadap resiko penularan penyakit kelamin. Kurangnya edukasi seksual sejak dini dan pengetahuan mengenai bahaya kesehatan dari seks bebas ikut andil dalam penyebaran penyakit menular seksual di masyarakat.

Resiko Penularan Gonore dari Hubungan Seksual

Apabila seorang pengidap gonore melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan pasangan sehat maka bisa dipastikan pasangannya tertular gonore. Penularan gonore terjadi melalui penetrasi yang dilakukan secara vaginal, anal maupun oral. Baik hubungan seksual dengan sesama maupun lawan jenis. Cairan pada saat sebelum ejakulasi dapat menularkan bakteri, begitu juga ketika ejakulasi.

Pada pria, bakteri Neisseria gonorrhoeae hidup dalam saluran reproduksi dan menginfeksi testis. Sehingga sperma yang keluar dari dalam tubuhnya sudah mengandung bakteri. Jika hubungan seksual dilakukan secara vaginal, bakteri akan masuk ke dalam vagina dan berkembangbiak. Begitu juga pada anal dan oral sex. Bakteri masuk ke dalam anus atau mulut.

Begitu juga pada pasien wanita, bakteri hidup di dalam mulut rahim dan bibir vagina. Pada saat terjadi penetrasi, bakteri bergerak aktif menuju penis dan masuk melalui aliran darah. Lapisan mukosa yang terdapat pada vagina, anus dan mulut adalah lingkungan hidup ideal bakteri. Di lingkungan ini bakteri membentuk koloni dan menginfeksi.

Baca Juga :   Proses Penularan Sifilis Pada Wanita, Wajib Tahu, Bahaya!!!

Pasien yang melakukan hubungan seksual umumnya merasakan ketidaknyamanan seperti nyeri atau rasa terbakar. Jika hubungan seksual dilakukan secara oral, pasien akan merasakan nyeri di tenggorokan. Wanita pengidap gonore akan merasakan nyeri di area vagina ketika penetrasi. Hal ini disebabkan adanya luka akibat infeksi dari bakteri penyebab gonore pada area tersebut.

Ejakulasi yang terjadi juga menyebabkan nyeri dan rasa terbakar pada penis. Disebabkan adanya luka pada area testis akibat infeksi bakteri yang membentuk koloni. Selain itu umumnya menimbulkan bau tak sedap pada area kelamin pria tersebut. Meskipun rasa nyeri jarang disadari pasien namun keluarnya sperma menunjukkan warna dan kekentalan tidak normal.

Olamix Mencegah Penularan Gonore
Olamix Mencegah Penularan Gonore

Pengobatan Gonore Paling Efektif

Penularan gonore akan terus terjadi selama masih dilakukan hubungan seksual secara aktif yang beresiko. Bahkan selama masa pengobatan, gonore tetap dapat kembali menginfeksi tubuh pasien jika tidak menghindari hubungan seksual. Sebelum dinyatakan benar-benar sembuh sebaiknya tidak berhubungan seksual dengan siapapun. Setelah sembuh hendaknya membatasi pasangan seksual dan pastikan pasangan sehat.

Ketika tubuh terpapar bakteri penyebab gonore maka segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Bisa secara medis melalui dokter atau secara mandiri menggunakan obat antibiotik. Olamix adalah antibiotik yang dapat menyembuhkan penyakit kelamin dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B, masing-masing memiliki kelebihan.

Olamix type A lebih efektif menyembuhkan gejala gonore lebih cepat sekaligus menghilangkan bakteri penyebabnya secara permanen, meskipun harganya lebih mahal dibanding type B. Obat ini bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix selama pengobatan sehingga lebih tenang dan termotivasi.

Baca Juga :   Berapa Biaya Pengobatan Yang Disiapkan Untuk Obat Gonore?

Pengobatan metode apapun akan efektif dan cepat selesai jika didukung pola hidup sehat dan bersih terutama selama masih menjalani masa pengobatan. Konsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, minum obat secara teratur sampai habis dan menghindari hubungan seksual dengan siapapun termasuk pasangan sah. Sehingga meminimalisir penularan kembali bakteri penyebab kencing nanah.

Pencegahan Penularan Gonore

Penularan gonore dapat dicegah sedini mungkin dengan tetap menjaga kebersihan diri sendiri, lingkungan dan pergaulan. Merawat organ intim supaya tetap bersih dan sehat. Tidak menggunakan sex toys apalagi bergantian dengan orang lain. Tidak melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Menghindari perilaku sex bebas, berganti-ganti pasangan, homoseksual, biseksual, heteroseksual dan sebagainya.

Membatasi pergaulan dan kehidupan malam. Bijak memilih komunitas positif untuk mendukung produktifitas. Sehingga terhindar dari kebiasaan yang membahayakn kesehatan misalnya konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Bijak memilih teman, usahakan bergaul dengan orang-orang sehat secara jasmani dan rohani. Mendekatkan diri pada agama dan keluarga sehingga terhindar dari pengaruh buruk lingkungan luar.

Terapkan pola hidup sehat setiap hari. Konsumsi makanan bergizi seimbang untuk membantu menjaga kesehatan metabolism tubuh dan mempercepat penyerapan nutrisi. Cukup minum air putih dan istirahat teratur. Rutin berolahraga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh (imunitas) terhadap resiko paparan bakteri penyebab penyakit termasuk penularan gonore dan infeksi menular seksual lainnya.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini