Apakah Ciri-ciri Sifilis pada Pria?

Ciri-ciri sifilis baik pada pria maupun wanita tidak mengalami perbedaan signifikan. Yang membedakan adalah kondisi masing-masing orang. Ada yang sejak terjadi gejala awal sudah merasakan keluhan berupa gatal atau nyeri di area terbentuknya gejala. Ada yang tidak merasakan apapun dan dianggap sebagai luka biasa. Bahkan tidak menunjukkan gejala yang berarti.

Kasus penyakit kelamin menular tidak terdeteksi karena kurangnya kepedualian setiap orang terhadap kesehatan diri sendiri. Ketika terjadi gejala penyakit ringan enggan untuk memeriksakan diri. Sehingga tidak bisa dipastikan apakah seseorang memiliki faktor penyebab penyakit dalam tubuhnya atau tidak. Padahal dalam aktifitas kesehariannya orang tersebut dapat menularkan penyakit pada orang lain.

Karena gejala sipilis terbentuk diarea pribadi yang tertutup umumnya tidak dianggap gangguan serius. Berbeda jika gejala terbentuk pada bagian bibir dan mulut. Secara estetika sudah mengganggu, meskipun akan hilang dengan sendirinya. Bagaimanapun kondisi kesehatan seseorang jika menunjukkan ciri penyakit kelamin sebaiknya segera memeriksakan diri secara medis untuk memastikan jenis penyakitnya.

Ciri-ciri Sifilis pada Pria

Sipilis pada pria menunjukkan gejala luka dangkal yang tidak nyeri atau disebut chancres. Luka ini akan muncul pada permukaan kulit alat kelamin jika penularan terjadi pada area tersebut. Pria yang melakukan hubungan seksual secara vaginal dengan wanita karier atau pasien akan mengalami kontak pada bagian genital tersebut kemudian terjadi infeksi.

Pada beberapa orang luka dibagian pribadi ini kadang terasa gatal meskipun tidak terlalu mengganggu aktifitas sehari-hari. Luka dangkal yang terbentuk sangat infeksius, dibagian tepinya bergelombang, bagian tengahnya halus. Pasangan seksual selanjutnya yang bersentuhan dengan luka ini akan terinfeksi bakteri juga. Apalagi jika hubungan seksual dilakukan tanpa menggunakan pengaman atau kondom.

Baca Juga :   Penyakit Sipilis pada Wanita, Ini Penjelasanya

Pria yang berhubungan secara anal dengan sesama jenis akan mengalami ciri penyakit pada bagian anus. Penetrasi pasangan yang dilakukan melalui bagian ini sangat tinggi kemungkinan menularkan penyakit sipilis. Lapisan mukosa diarea anus bagian dalam merupakan tempat yang sesuai untuk perkembangan bakteri. Dalam beberapa minggu akan nampak luka dangkal dibagian ini.

Pada stadium sekunder pasien sipilis pria akan menunjukkan ciri berupa ruam dibagian tangan dan kaki. Bisa juga dibagian lain seperti dada dan punggung. Banyak sedikitnya ruam masing-masing pasien berbeda sesuai kondisi kesehatan tubuh saat itu. Ruam yang terbentuk bisa terasa gatal dan mengganggu estetika jika tidak segera diobati dengan tuntas.

Bagaimana Ciri-Ciri Sifilis Bisa Hilang?

Ciri-ciri sifilis memang tidak selalu nampak pada pasien. Namun tetap harus dihilangkan sebagai bagian dari pengobatan penyakit. Pada stadium primer bisa dihilangkan dengan pemberian antibiotik melalui injeksi. Pengobatan ini dilakukan oleh dokter dengan terlebih dahulu memeriksa kondisi pasien. Untuk memastikan keberadaan bakteri Treponema pallidum sekaligus mengetahui antibodi alami yang terbentuk.

Jika memilih pengobatan secara mandiri, bisa dilakukan dengan minum obat Olamix. Obat antibiotik ini mampu menyembuhkan sipilis dalam 3-4 hari. terdapat 2 type Olamix yaitu typa A dan type B. Type A meskipun harganya lebih mahal tapi memiliki efektifitas tinggi terhadap penyembuhan gejala sekaligus menghilangkan bakteri secara permanen dari tubuh.

Obat ini bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam satu paket dangat disarankan untuk dihabiskan meskipun ciri-ciri penyakit sudah hilang. Hal ini bertujuan menghindari resistensi bakteri. Selama pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Perkembangan penyakit terpantau, pasien tidak merasa sendiri dan tetap termotivasi.

Olamix herbal untuk ciri-ciri sifilis
Olamix herbal untuk ciri-ciri sifilis

Kemungkinan Ciri-Ciri Sifilis Muncul Kembali

Besar kemungkinan ciri-ciri sifilis muncul kembali jika tidak mendapat pengobatan secara tuntas pada fase awal. Karena bakteri yang masih tertinggal didalam tubuh mampu berkembangbiak dan kembali menimbulkan infeksi. Stadium primer yang ditandai dengan luka dangkal di area genital, anus, bibir dan mulut akan hilang sendiri tanpa pengobatan dalam 2-6 minggu.

Baca Juga :   Mengenal 3 Ciri Penyakit Sipilis Yang jarang Di Ketahui

Namun jika bakteri tidak dihilangkan dengan pemberian antibiotik kesembuhan ini hanya bersifat sementara. Dalam 1-2 bulan setelah tanda penyakit sembuh akan kembali muncul ciri penyakit yang lebih berat. Kondisi ini dinamakan stadium sekunder. Ciri yang paling tampak adalah adanya ruam pada area tangan dan kaki, juga pada anggota tubuh lain.

Stadium sekunder seperti halnya stadium primer dapat hilang sendiri tanpa pengobatan apapun karena masih gejala ringan. Ruam pada tangan dan kaki akan berangsur hilang, prosesnya semakin dipercepat jika kondisi tubuh pasien sehat. Namun hilangnya ruam bukan berarti penyakit sembuh sepenuhnya. Bakteri didalam tubuh masih aktif berkembangbiak dan dapat kambuh kembali.

Maka perlu pemeriksaan kesehatan secara berkala jika diketahui gejala penyakit sipilis sudah berangsur hilang. Untuk memastikan bahwa bakteri penyebab sipilis didalam tubuh benar-benar hilang. Supaya tidak terjadi kekambuhan lagi atau berkembang menjadi stadium yang lebih parah. Jadi sangat penting mengetahui ciri-ciri sifilis disetiap tahap perkembangannya sebagai langkah pengobatan yang tepat.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Sembuhkah Pemberian Obat Kencing Nanah Dengan Antibiotik?

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini