Apakah Bahaya Kencing Nanah Bisa Menyerang Lambung?

Masayarakat perlu mendapat edukasi mengenai bahaya kencing nanah. Meskipun penyakit kelamin menular ini sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat Indonesia, namun banyak yang masih abai terhadap dampaknya bagi kesehatan organ. Pengobatan terhadap penyakit kencing nanah sudah banyak dilakukan sejak jaman dulu menggunakan bahan-bahan alami seadanya di alam mengandalkan resep ramuan turun-temurun.

Tidak salah melakukan pengobatan berdasarkan pengetahuan warisan orang tua, asalkan terbukti efektif menyembuhkan gejala yang muncul. Kelemahan pengobatan tradisional adalah kurang bisa mendeteksi aktifitas bakteri di dalam tubuh pasien. Sehingga masih memungkinkan gejala penyakit muncul kembali. Bisa jadi bakteri tetap aktif meskipun gejala sembuh, dilain waktu menimbulkan keluhan lebih berat.

Tanpa pemeriksaan secara medis terhadap aktifitas bakteri akan sulit mendeteksi tingkat infeksi. Hal ini menyebabkan dalam jangka panjang terjadi kerusakan lebih parah pada organ pasien dan sulit disembuhkan. Selain itu penularan penyakit kelamin tidak dapat dikendalikan karena kurang pahamnya masyarakat terhadap karakteristik dan bahaya jangka panjang penyakit kencing nanah.

Bahaya Kencing Nanah dalam Jangka Panjang

Penyakit kencing nanah atau gonore adalah infeksi kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Karakteristik penyakit yang disebabkan oleh bakteri adalah masa inkubasinya relatif lama. Pada kencing nanah, gejala infeksi baru diketahui dalam waktu 4-14 hari tergantung kondisi tubuh pasien. Pada bayi akan tampak dalam 2-4 hari setelah lahir.

Gejala yang muncul pada rentang waktu tersebut terbilang ringan namun jika tidak mendapat pengobatan secara tuntas menyebabkan komplikasi kesehatan. Bahaya kencing nanah atas gejala yang luput dari pengobatan pada bayi dapat menyebabkan cacat dan kebutaan permanen. Sebab bakteri menimbulkan infeksi di bagian mata yang mempersulit bayi membuka mata untuk melihat.

Baca Juga :   Apa itu Penyakit Sipilis, Pengertian , Penyebab Dan Pengobatan

Bahaya kencing nanah pada orang dewasa dapat mengancam kesehatan sistem reproduksi. Bakteri penyebab kencing nanah hidup pada jaringan mukosa seperti anus, mulut dan saluran reproduksi baik wanita maupun pria. Infeksi terjadi pada saluran reproduksi, saluran kemih, saluran sperma, tenggorokan, anus dan mata. Bagian tubuh yang digunakan kontak langsung secara seksual.

Bakteri penyebab kencing nanah kecil kemungkinannya menyerang lambung atau saluran pencernaan, lebih spesifik menyebabkan gangguan pada saluran reproduksi. Pada wanita, infeksi gonore dapat merusak tuba falopi, mulut rahim dan rahim sehingga menyebabkan sulit memiliki keturunan. Pada pria menyebabkan infeksi dan luka pada testis dan saluran sperma sehingga sperma tidak subur.

Keluhan yang terjadi pada pasien juga tidak berhubungan dengan lambung dan saluran cerna. Lebih banyak pada saluran kemih, ditandai dengan peningkatan frekuensi buang air kecil pada pasien dan disertai rasa nyeri atau terbakar. Gejala juga akan dirasakan pada masalah persendian jika penyakit sudah memasuki tahap lanjut tanpa mendapat pengobatan tepat.

OLAMIX mengatasi bahaya kencing nanah
OLAMIX mengatasi bahaya kencing nanah

Pentingnya Pengobatan Bahaya Kencing Nanah Sejak Dini

Mengetahui bahaya kencing nanah bagi kesehatan organ reproduksi, maka sudah seharusnya sejak dini pasien melakukan pemeriksaan jika ada indikasi gejala. Skrinning atau pemeriksaan penyakit kencing nanah bisa dilakukan melalui laboratorium atau rumah sakit. Pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sample cairan dari penis atau vagina untuk mengetahui ada tidaknya bakteri penyebab gonore.

Pemeriksaan juga dilakukan pada sample darah untuk mengetahui tingkat penyebaran penyakit di dalam tubuh pasien. Jika aktifitas dan infeksi bakteri ringan, maka dokter akan segera memberikan obat antibiotik melalui suntikan untuk menyembuhkan gejala dan melemahkan bakteri secara bertahap.  Akan lebih mudah jika pasien juga menjelaskan mengenai riwayat hubungan seksual sebelumnya.

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud dengan Kencing Nanah?

Jika diketahui ada riwayat hubungan seksual dalam 2 bulan terakhir, diperlukan pemeriksaan pada pasangan seksual. Karena bisa jadi pasien tertular dari pasangannya tersebut atau sebaliknya. Pengobatan akan dilakukan pada keduanya untuk menghindari penularan berulang. Dengan begitu resiko kesehatan organ reproduksi dan organ lain yang lebih berat dapat dihindari sejak awal.

Metode Pengobatan Mandiri yang Efektif

Bahaya kencing nanah bisa diminimalisir dengan melakukan pengobatan mandiri ketika mengetahui tubuh terpapar bakteri penyebab kencing nanah. Konsumsi obat antibiotik adalah solusi penyembuhan gejala kencing nanah. Olamix merupakan antibiotik yang dapat menyembuhkan gejala gonore atau kencing nanah dalam 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B.

Olamix type A memiliki efektifitas lebih tinggi yang menyembuhkan gejala penyakit lebih cepat dan menghilangkan bakteri penyebabnya secara permanen, meskipun lebih mahal dari type B. Obat ini dapat dibeli secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Selama masa pengobatan pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix.

Pengobatan secara mandiri akan efektif didukung pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, cukup minum air putih, olah raga teratur dan menghindari hubungan seksual dengan siapapun termasuk pasangan. Diperlukan komitmen dari pasien untuk menghindari aktifitas seksual tidak aman supaya terhindar dari bahaya kencing nanah yang mengancam kesehatan sistem reproduksi.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini