Apa Saja Awal Gejala Sipilis? Kenali Kemunculannya Disini!

Mengapa begitu penting mengenali gejala sipilis pada tahap awal perkembangan penyakit? Meskipun tidak menyebabkan gangguan berarti pada pasien namun tetap perlu diwaspadai. Kasus yang paling banyak terjadi terhadap pasien penyakit kelamin adalah terlambat memeriksakan diri secara medis. Sehingga pada saat diketahui, penyakit sudah memasuki stadium lanjut yang menyebabkan kerusakan organ.

Hal ini terjadi karena kurang peduli dan tidak paham akan tanda awal kemunculan penyakit. Terlebih karena tidak merasakan sakit dan gejala yang muncul bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun. Padahal bakteri didalam tubuh pasien terus berkembangbiak dan membentuk koloni semakin lama sulit . Terlebih jika sudah terjadi kerusakan organ.

Kurangnya sosialisasi mengenai penyakit kelamin dan bahaya jangka panjangnya menjadikan masyarakat kurang peduli terhadap kesehatan. Masih banyak kasus prostitusi yang sangat rentan terhadap penularan penyakit kelamin. Baik dilakukan homoseksual maupun heteroseksual. Hubungan seksual sebelum menikahpun dianggap biasa oleh anak muda. Maka perlu peran orang tua dan masyarakat sebagai kontrol sosial.

Mengenal Gejala Sipilis Tahap Awal

Pada tahap awal atau disebut stadium primer, gejala sipilis adalah adanya luka dangkal pada area kelamin, anus, mulut dan bibir. Luka atau chancres ini tidak menimbulkan rasa nyeri ataupun gatal bagi pasien. Daerah luka yang terbentuk atau lesi memiliki karakteristik bagian tengah halus dan punched out sedangkan bagian tepinya bergelombang.

Lesi inilah yang mudah menginfeksi permukaan mukosa. Apabila terjadi sentuhan dengan bagian lesi ini maka bakteri akan langsung menempel pada lapisan mukosa seperti area mulut, bibir, anus dan alat kelamin. Infeksi pada orang sehat terjadi karena adanya kontak langsung dengan pasien. Hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman paling potensial terhadap penularan.

Baca Juga :   Penanganan Penyakit Sifilis,Pencegahannya lalu Apakah Sifilis Menyebabkan Gatal ?

Gejala sipilis awal berupa luka ini perlu dikenali dan tidak bisa dianggap sepele. Apalagi bagi yang memiliki riwayat aktufutas seksual tidak aman sebelumnya. Jika pernah melakukan hubungan sesama jenis khususnya pria secara anal seks, kemudian dalam beberapa hari muncul luka dangkal pada area anus maka segera memeriksakan diri ke dokter.

Begitu juga pada hubungan seksual lawan jenis secara langsung tanpa kondom. Jika beberapa hari atau minggu setelahnya terdapat luka dangkal di area bibir vagina maka bisa jadi indikasi tubuh terpapar bakteri penyebab sipilis. Begitu juga dengan pria, jika luka terdapat pada area kelamin maka bisa besar kemungkinan tertular penyakit sipilis.

OLAMIX herbal alami untuk gejala sipilis
OLAMIX herbal alami untuk gejala sipilis

Waktu Kemunculan Gejala Sipilis Tahap Awal

Sipilis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang tidak lengsung menunjukkan gejala pada penderitanya. Gejala penyakit akan muncul dalam beberapa hari setelah penularan. Lebih lama daripada penyakit yang disebabkan oleh virus. Pada tahap awal, pasien akan merasakan gejala penyakit sipilis dalam waktu 10 sampai 90 hari tergantung kondisi kesehatannya.

Dalam kondisi tubuh yang sehat, imunitas baik maka pasien lebih tahan terhadap paparan penyakit. Gejala bisa muncul dalam waktu lebih dari 2 minggu sampai 3 bulan. Sama halnya dengan penyakit lain yang mana orang dengan imunitas rendah lebih mudah mengalami gejala penularan. Tubuh tidak dapat melakukan perlawanan terhadap penyebab penyakit.

Bahkan untuk gejala penyakit sipilis tidak semua orang merasakan gejala. Bisa jadi gejala tetap muncul namun dianggap sebagai hal yang biasa karena tidak menyebabkan nyeri ataupun gatal. Sipilis sendiri sering disebut sebagai peniru, sebab gejala penyakit yang dialami pasien mirip dengan gejala penyakit lain. Seperti gejala sekunder mirip dengan influenza.

Baca Juga :   Apa Saja Dampak Gonore? Seperti Ini Akibatnya!

Cara Mengobati Gejala Sipilis Tahap Awal

Sipilis yang sudah terdeteksi melalui gejala yang nampak harus segera mendapat pengobatan. Paling disarankan memeriksakan diri ke dokter dan melalukan pengobatan secara medis. Ada baiknya pasien menjelaskan kondisi kesehatannya saat itu serta riwayat aktifitas seksual yang pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga memudahkan dokter dalam melakukan diagnosa serta pemberian obat yang tepat.

Pengobatan pada penyakit tahap awal bisa dilakukan secara mandiri. Banyak referensi yang bisa dijadikan acuan untuk mengobati gejala penyakit sipilis. Yang perlu dipahami adalah penyakit sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Obat Olamix mengandung antibiotik yang dapat menyembuhkan gejala penyakit sipilis dalam 3-4 hari saja.

Terdapat 2 type obat olamix yaitu type A dan type B. Type A memiliki efektifitas lebih tinggi yang mampu menyembuhkan penyakit sipilis lebih cepat dan menghilangkan bakteri secara permanen. Obat tetap harus dihabiskan dalam satu resep meskipun gejala sudah hilang. Obat ini bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix.

Selama masa pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim olamix sama halnya dengan pengobatan medis. Perkembangan bakteri didalam tubuh pasien perlu dipantau secara berkala agar bisa diketahui apakah sudah bersih atau belum. Sebab jika bakteri masih tertinggal akan dapat berkembangbiak kembali dan menimbulkan gejala sipilis dikemudian hari.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Apa Saja Pantangan Gonore?

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini