Apa Saja Dampak Gonore? Seperti Ini Akibatnya!

Banyak sekali dampak gonore yang merugikan bagi pasien, baik secara psikologis maupun fisik. Penyakit kelamin pada umumnya akan lebih banyak merugikan secara psikologi bagi pasien karena stigma masyarakat. Meskipun gonore sudah umum dan akrab bagi masyarakat, pada kenyataannya penderita tidak banyak mendapat dukungan positif. Lebih disikapi secara negatif dan menghakimi.

Sikap masyarakat terhadap pasien ini menyebabkan sedikitnya penderita yang bersedia memeriksakan diri secara medis melalui dokter. Sungkan dan malu adalah alasan yang umum bagi pasien penyakit kelamin. Tak heran jika kasus penyakit kelamin menunjukkan fenomena gunung es. Dimana pasien sebenarnya jauh lebih banyak dibanding yang nampak dan tercatat secara medis.

Padahal jika segera dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan pasien berhubungan dengan penyakit seksual akan lebih mudah dan cepat proses penyembuhannya. Memperkecil kemungkinan terjadi dampak kesehatan yang jauh lebih berat karena keterlambatan pemberian obat pada gejala penyakit. Bakteri penyebab penyakit juga lebih cepat dihilangkan secara permanen sehingga tidak kambuh dikemudian hari.

Dampak Gonore Bagi Kesehatan

Gonore sangat merugikan kesehatan manusia yang dapat menyebabkan penurunan produktifitas. Meskipun tidak semua pasien merasakan keluhan dan gejala namun perubahan yang terjadi pada bagian tubuh akan berpengaruh pada aktifitas sehari-hari. Frekuensi buang air kecil yang meningkat pada pria maupun wanita disertai nyeri atau rasa terbakar bagi sebagian orang menyebabkan ketidaknyamanan.

Gejala yang khas penyakit gonore yaitu keluarnya nanah dari penis atau vagina sering menyebabkan bau tak sedap. Tentunya sangat mengganggu, dan pada wanita gejala ini seperti halnya keputihan membutuhkan perawatan secara rutin. Perlu mengganti pembalut atau pantyliner lebih sering untuk mengurangi kelembaban area kewanitaan sekaligus meminimalisir bau yang muncul tersebut.

Baca Juga :   Berapa Biaya Pengobatan Yang Disiapkan Untuk Obat Gonore?

Dampak gonore mempengaruhi kenyamanan ketika berhubungan seksual terutama pasangan suami istri. Sebab infeksi yang disebabkan bakteri pada bagian genital menyebabkan rasa nyeri ketika terjadi kontak langsung secara seksual. Terutama pada wanita yang mengalami infeksi di bagian bibir vagina. Kontak seksual secara oral juga menyebabkan nyeri pada area mulut dan tenggorokan.

OLAMIX mengatasi dampak gonore
OLAMIX mengatasi dampak gonore

Dampak Gonore Jangka Panjang

Gejala awal kemunculan penyakit gonore harus diobati secara tuntas, sebab dampak jangka panjangnya sangat fatal. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae akan mengganggu kesuburan baik pria maupun wanita. Bakteri penyebab gonore berkembang dan membentuk koloni pada saluran reproduksi. Pada wanita bakteri hidup dalam tuba falopi, mulut rahim dan rahim.

Dalam jangka panjang akan terjadi penyumbatan pada area tersebut mengakibatkan kemandulan sebab menghalangi terjadinya pembuahan oleh sperma. Sumbatan pada rahim karena aktifitas dan koloni bakteri juga beresiko menyebabkan kehamilan ektopik, sehingga harus diambil dengan cara operasi karena membahayakan keselamatan ibu hamil. Pada pria infeksi terjadi pada testis dan saluran sperma.

Infeksi bakteri ini menyebabkan kemandulan pada pria karena sperma menjadi lemah. Sperma keluar bersamaan dengan nanah sehingga sulit melakukan pembuahan pada sel telur pasangan seksualnya. Infeksi menyebabkan luka pada dinding testis sehingga pada beberapa pasien nanah yang keluar bercampur bercak darah. Kondisi ini sangat sulit dipulihkan karena kerusakannya sudah parah.

Dampak Gonore Bagi Psikologis Pasien

Selain mengganggu kesehatan organ reproduksi, gonore dan penyakit menular seksual lainnya menyebabkan dampak psikologis bagi pasien. Terutama pada usia remaja dan anak sekolah yang masih dalam masa pubertas. Penyakit kelamin sendiri dalam masyarakat masih dianggap aib sehingga penderitanya dikucilkan dari pergaulan. Dianggap sebagai orang yang melanggar norma agama dan sosial.

Baca Juga :   Mengobati Gonore Dengan Suntik, Ini Alternatif Lainya

Penderita penyakit gonore akan mengalami penurunan rasa percaya diri, menarik diri dari pergaulan dan menutup komunikasi dengan orang lain. Kondisi psikologis ini berbahaya karena memicu depresi, sulit berpikir jernih dalam menemukan solusi untuk penyembuhan penyakit. Maka sangat diperlukan pendampingan bagi penderita penyakit kelamin baik dari pihak keluarga atau lingkungan sekitar.

Pengobatan untuk Meminimalisir Dampak gonore

Pengobatan sedini mungkin sangat diperlukan untuk meminimalisir dampak penyakit yang lebih berat. Tidak harus melalui bantuan dokter dan metode medis bagi yang merasa sungkan memeriksakan diri, bisa melakukan pengobatan metode mandiri. Olamix adalah obat antibiotik yang bisa digunakan sebagai alternatif penyembuhan. Obat ini bisa menyembuhkan gejala gonore dalam 3-4 hari.

Tersedia 2 type Olamix yaitu type A dan type B. Olamix type memiliki tingkat efektifitas lebih tinggi yang mampu menyembuhkan gejala gonore lebih cepat dan menghilangkan bakteri secara permanen, meskipun harganya lebih mahal. Dalam satu paket obat Olamix harus dihabiskan meskipun gejala penyakit sudah sembuh, supaya tidak terjadi resistensi bakteri.

Obat bisa dibeli secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Selama pengobatan pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Pentakit dapat tetap dipantau meskipun jarak jauh sehingga efektifitas pemberian obat terukur. Selain itu memberikan motivasi dan edukasi kepada pasien mengenai pentingnya menghindari penularan dan dampak gonore.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini