Apa Penjelasan Gonore dengan Shigella?

Penjelasan gonore sudah banyak terdapat melalui situs internet. Banyak yang membahas penyakit menular ini karena sudah dianggap umum. Namun edukasi secara langsung melalui sekolah untuk anak yang menginjak remaja terbilang masih kurang. Siapa saja berpotensi terpapar penyakit menular seksual. Dengan semakin derasnya arus informasi yang kadang tidak tersaring dengan baik.

Mengapa anak usia remaja perlu mendapat edukasi seksual? Sebab pada usia ini anak memasuki masa pubertas. Keinginan untuk bereksplorasi dan berekspresi semakin tidak bisa dibendung. Orang tua lebih sering membiarkan putra-putrinya mencari sendiri informasi yang dibutuhkan. Sebagai solusinya mereka mencari informasi melalui teman dekat atau komunitas yang belum tentu positif.

Akibatnya pergaulan dan gaya hidup anak remaja saat ini sudah mengarah pada perilaku seks bebas. Bentuk ekspresi diri yang sebenarnya sangat rentan terhadp penularan berbagai penyakit seksual. Tak heran jika banyak yang kemudian mengalami keluhan atau gejala gonore dan shigella. Gejala yang dialami tentu mengganggu produktifitas sehari-hari termasuk dalam belajar.

Penjelasan Gonore dan Shigella

Gonore dan shigella adalah 2 penyakit yang berbeda. Gonore disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhea sedangkan shigella karena Shigella spp. Pengertian gonore lebih spesifik merupakan penyakit menular seksual. Orang yang terpapar penyakit umumnya akibat aktif melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis maupun berganti-ganti pasangan, dan tanpa menggunakan pengaman seperti kondom.

Gonore lebih banyak diderita oleh orang dewasa. Gejala yang muncul berupa keluarnya nanah dari penis atau vagina yang disertai rasa nyeri. Frekuensi buang air kecil meningkat, nyeri tenggorokan, nyeri saat berhubungan seksual dan pembengkakan kelenjar getah bening. Penjelasan gonore dari gejala yang muncul ini sangat berbeda dengan karakteristik penyakit shigella.

Baca Juga :   Apa Saja Dampak Gonore? Seperti Ini Akibatnya!

Shigella bisa menyerang siapa saja termasuk balita usia 2-4 tahun. Faktor kebersihan lingkungan dan pola hidup lebih banyak berpengaruh terhadap penyakit ini. Menyentuh makanan tanpa mencuci tangan dahulu, makanan terkontaminasi bakteri, berenang di air yang sudah terkontaminasi bakteri dan hubungan seksual secara anal dengan penderita akan menyebabkan seseorang terinfeksi shigella.

Gejala shigella yang umum terjadi adalah diare disertai darah yang berlangsung dalam 10-30x lebih selama sehari. Kadang-kadang disertai dengan kram perut dan demam tinggi. Diare sebenarnya gejala yang umum terjadi pada seseorang. Untuk memastikan penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan secara medis sehingga diketahui penyebab diare apakah karena bakteri atau faktor lain.

Penularan Gonore dan Shigella

Pengertian gonore yang menjelaskan cara penularannya hampir sama dengan shigella. Gonore menular melalui hubungan seksual secara langsung tanpa pengaman. Baik dilakukan secara vaginal, anal atau oral. Namun paling banyak melalui anal. Hubungan sesama jenis antara pria paling potensial menularkan bakteri penyebab gonore. Tak heran jika jumlah pasien pria lebih banyak.

Shigella juga menular melalui anal seks. Bakteri yang hidup di dalam anus pasangan seksual akan langsung masuk pada alat kelamin pria. Kemudian berkembangbiak dan menginfeksi. Masa inkubasi bakteri cukup singkat hanya 24 jam sampai 4 hari setelah terjadi penularan. Berbeda dengan gonore yang memerlukan waktu hingga 10 hari atau lebih.

Shigella banyak ditemukan pada pria yang sering berhubungan seksual dengan sesama jenis atau gay dan biseksual. Penyakit ini mulai ramai ditemukan sejak tahun 1970-an. Kaum gay dan waria adalah orang-orang yang paling potensial menularkan penyakit ini. Itulah kenapa sangat disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual tidak aman dengan sesama jenis.

Baca Juga :   Obat Sipilis Ampuh , Tanpa Resep Dokter

Cara Penyembuhan Shigella Gonore

Penjelasan gonore dan shigella memberi gambaran kepada kita bahwa keduanya sangat mengganggu kesehatan. Bahkan jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi organ yang sangat sulit dipulihkan. Maka ketika mencurigai diri terpapar penyakit kelamin dan sejenisnya, lebih baik segera melakukan skrinning. Untuk segera mendeteksi ada tidaknya bakteri penyebab penyakit kelamin dan tingkat aktifitasnya.

Jika sungkan melakukan pengobatan secara medis, saat ini sudah tersedia metode pengobatan mandiri dengan mengkonsumsi obat antibiotik. Olamix adalah rekomendasi obat antibiotik yang mampu menyembuhkan penyakit kelamin dalam waktu 3-4 hari. Efektifitasnya cukup tinggi dengan cara yang lebih praktis karena bisa didapatkan secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix.

Pasien bisa memilih 2 type obat yaitu type A dan type B. Olamix type A memiliki efektifitas lebih tinggi dalam menyembuhkan gejala penyakit dan menghilangkan bakteri secara permanen, meskipun harganya lebih mahal. Karena merupakan antibiotik, obat harus tetap diminum sampai habis meskipun gejala sudah sembuh agar tidak terjadi resistensi bakteri.

Selama masa pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix, seperti halnya metode lain. Pendampingan ini dimaksudkan untuk memantau perkembangan penyakit sekaligus memberikan dukungan psikologis kepada pasien. Sebab lebih cepat proses penyembuhan jika pasien termotivasi. Serta timbul kepedulian terhadap pengertian gonore supaya tidak kembali tertular dikemudian hari.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini