Apa Pengertian Gonore? Inilah Asal-Usul dan Penyebarannya!

Betapa pentingnya memahami pengertian gonore, sebagai langkah antisipasi penularannya. Gonore merupakan penyakit kelamin yang umum di masyarakat. Meskipun jumlah pasien penderitanya tidak terdeteksi secara pasti dan lebih menunjukkan fenomena gunung es, tetapi masyarakat sendiri sudah akrab dengan jenis penyakit ini. Proses penyembuhannya terbilang mudah karena tersedia berbagai alternatif metode pengobatan.

Namun kemudahan pengobatan penyakit lebih disikapi sebagai solusi jika terpapar bakteri, sedikit kesadaran untuk menghindari penularan. Tidak semua orang tertular gonore mengalami gejala yang sama. Ada yang langsung merasakan keluhan dalam 10 hari setelah tertular. Ada yang sampai berbulan-bulan tanpa merasakan gejala. Dalam masa tanpa gejala tersebut penularan bisa terjadi.

Tanpa disadari seseorang menjadi karier penyakit gonore kemudian berhubungan seksual langsung dengan pasangan, maka sudah pasti pasangannya tertular gonore. Jika karier memiliki kebiasaan berganti-ganti pasangan seksual, penularan semakin luas. Bisa jadi karier sendiri tidak mengetahui bahwa dirinya sudah terpapar bakteri gonore, inilah perlunya edukasi mengenai karakteristik penyakit kelamin seperti gonore.

Pengertian Gonore dari Asal Penyakit

Kasus penyakit kelamin seperti gonore terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat terutama generasi muda akan bahaya yang ditimbulkan. Meskipun saat ini pengobatan terhadap penyakit kelamin sudah sangat maju dan mudah didapatkan, namun akan lebih baik jika menghindari penularannya. Perlu disampaikan kepada generasi muda khususnya usia sekolah mengenai penyakit kelamin secara lengkap.

Perlu diketahuia bahwa gonore adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Neisseria gonorrhea. Orang bisa terpapar bakteri ini melalui hubungan seksual langsung dengan penderita penyakit atau karier. Hubungan seksual melalui anal, vaginal, dan oral tanpa pengaman langsung dapat menularkan bakteri. Bakteri masuk ke dalam tubuh orang tertular berkembangbiak dan membentu koloni.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Proses Penularan Raja Singa?

Dalam waktu 10 hari atau lebih akan muncul gejala infeksi seperti frekuensi buang air kecil meningkat, rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil, dan yang paling mudah dikenali adalah keluarnya cairan nanah dari penis atau vagina. Pengertian gonore dalam masyarakat lebih dipahami sebagai kencing nanah, karena gejalanya seperti itu.

Penyebaran Gonore

Penyakit kelamin seperti gonore menyebar dengan cepat melalui kontak seksual langsung. Anak muda khususnya paling rentan menjadi agen penyebaran penyakit ini karena pergaulan semakin bebas. Aktifitas seksual sebelum nikah sudah dianggap biasa dikalangan anak muda milenial. Tanpa disadari kebiasaan hubungan seksual tersebut berpotensi menularkan berbagai penyakit kelamin berbahaya secara luas.

Penyebaran bukan hanya terjadi di kota-kota besar tetapi sampai ke daerah pelosok tanah air. Sebab akses informasi yang begitu deras dan mudah didapatkan oleh kalangan generasi muda. Aplikasi kencan online bisa didapatkan dengan mudah, semakin memudahkan gejolak jiwa muda dalam mengekspresikan diri. Termasuk dalam berhubungan dengan sesama maupun lawan jenis.

Penularan penyakit semakin sulit dihindari dengan kebiasaan gaya hidup anak muda yang dekat dengan perilaku seks bebas sesama jenis maupun lawan jenis. Jika tidak sejak dini diedukasi mengenai pengertian gonore masa depan generasi muda semakin terancam. Sebab penyakit kelamin seperti gonore dalam jangka panjang menimbulkan komplikasi kesehatan bahkan menyebabkan kematian.

Membekali anak tentang bahaya penyakit kelamin serta pemahaman mengenai pengertian gonore merupakan langkah antisipasi penularan. Meningkatkan kepedualian anak sejak dini terhadap kebersihan dan kesehatan diri sendiri sangat penting. Sehingga anak lebih dekat dengan kebiasaan positif dan produktif, menghindari perilaku yang melanggar norma sosial. Kebiasaan positif ini akan terbawa sampai dewasa.

Baca Juga :   Apa Bahaya Sipilis? Ini Dampaknya untuk Otak!

Pengobatan Gonore

Pengertian gonore perlu dipahami secara luas, bukan hanya sebagai pengetahuan tetapi juga antisipasi supaya tidak terpapar penyakit. Terlebih anak muda yang harus mengenal seks edukasi sejak dini sehingga terhindar dari pergaulan bebas tidak sehat. Namun jika memang terindikasi penyakit gonore, banyak metode pengobatan yang bisa dijalani untuk menyembuhkan secara permanen.

Pemeriksaan gejala penyakit gonore yang muncul bisa dilakukan melalui laboratorium terdekat atau Rumah Sakit. Pengobatan selanjutnya bisa dilakukan melalui bantuan dokter spesialis. Bisa juga dilakukan secara mandiri dengan mengkonsumsi antibiotik. Olamix adalah obat antibiotik yang dapat menyembuhkan penyakit gonore dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat dengan masing-masing kelebihan.

Olamix type A dan type B bisa dibeli sesuai kebutuhan dan tingkat gejala pasien. Type A memiliki efektifitas lebih tinggi dibanding type B, yang mampu menyembuhkan gejala penyakit lebih cepat dan menghilangkan bakteri secara permanen meskipun harganya lebih mahal. Obat bisa didapatkan secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix.

Selama pengobatan pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Perkembangan penyakit perlu dipantau secara berkala untuk mengetahui tingkat aktifitasnya sekaligus mengukur efektifitas pemberian obat. Pendampingan dimaksudkan memberi dukungan psikologis kepada pasien terutama remaja dan pengertian gonore secara menyeluruh supaya tidak terulang lagi tertular penyakit kelamin dikemudian hari.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini