Apa Pengertian Gonore dan Penyebabnya? Disini Penjelasannya!

Pengertian gonore secara umum adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoea akibat aktifitas seksual tidak aman. Bakteri menular dari pasien atau karier penyakit kepada orang sehat melalui kontak seksual secara langsung. Hubungan seksual lawan jenis secara langsung dengan karier pria akan menularkan bakteri melalui penetrasi vaginal.

Sebaliknya karier wanita akan menularkan bakteri gonore kepada pasangan pria. Bakteri yang ada dalam bibir vagina menempel langsung pada alat kelamin pria pada saar penetrasi, kemudian berkembangbiak membentuk koloni. Bakteri selama aktifitasnya akan masuk ke dalam tubuh orang yang tertular melalui aliran darah. Dalam jangka panjang penyakit ini membahayakan kesehatan.

Pada awal penularan bisa jadi tidak dirasakan perubahan apapun pada tubuh. Sebab bakteri memerlukan masa inkubasi beberapa hari bahkan minggu untuk kemudian menampakkan gejala. Selama masa tanpa gejala ini pasiena atau karier dapat menularkan bakteri gonore kepada orang lain sebagai pasangan seksualnya. Namun tidak banyak yang memahami akan hal ini.

Pentingnya Memahami Pengertian Gonore

Kenapa harus memahami pengertian gonore? Sebab penyakit ini berbahaya bagi kesehatan reproduksi. Penularan bisa terjadi dari siapa saja bahkan pasangan sendiri. Wanita lebih banyak sebagai karier karena tidak muncul gejala yang nampak bahkan tidak disadari. Pada saat terjadi hubungan seksual dengan karier atau pasien, gejala baru muncul setelah 10 hari.

Pada beberapa orang bahkan bisa berbulan-bulan baru dirasakan adanya perubahan dan gangguan kesehatan pada tubuhnya atau tanpa gejala. Jika seseorang aktif berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan akan sulit menentukan siapa yang menularkan penyakit. Maka sangat penting untuk setia pada 1 pasangan. Ketika terindikasi gonore bisa langsung diobati termasuk juga pasangan.

Baca Juga :   Apa Dampak Sipilis? Inilah Akibat Terkena Sipilis!

Harus diobati keduanya sebab jika salah satu memiliki gejala gonore, besar kemungkinan pasangan juga tertular meskipun tidak nampakk adanya gejala. Sebelum kondisi gejala yang dirasakan semakin parah pengobatan sejak dini harus dilakukan. Sehingga menghindari terjadinya komplikasi jangka panjang yang menyebabkan gangguan fertilitas keduanya. Maka penting untuk mengenali gejala penyakit gonore.

Pengertian Gonore Berdasarkan Gejala Penyakit

Pentingnya memberikan edukasi kepada masyarakat umum mengenai pengertian gonore berdasarkan gejala yang muncul. Dengan mengetahui ciri suatu penyakit akan menumbuhkan kepedulian untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Terlebih penyakit yang sulit diidentifikasi gejalanya, bahkan seringnya tanpa gejala. Seperti halnya beberapa penyakit kelamin menular yang tidak menimbulkan gejala ataupun keluhan pada penderitanya.

Pada Pria gonore ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air kecil yang menimbulkan panas atau nyeri, keluarnya nanah atau cairan berwarna kuning, putih keruh, agak coklat atau kehijau-hijauan, kongjungtivitas, artitis septik, pembengkakan pada area penis dan nyeri tenggorokan. Nyeri tenggorokan yang dirasakan bisa datang terus-menerus namun seringnya dianggap sebagai radang tenggorokan.

Pada wanita gonore ditandai dengan keputihan yang berlebihan berwarna hijau atau kuning kental, pembengkakan vulva, rasa nyeri ketika berhubungan seksual, demam, flek saat tidak menstruasi, dan kadang keluar darah menstruasi secara berlebihan. Beberapa orang mengalami gejala lebih berat seperti nyeri perut dan panggul, konjungtivitas atau mata merah disertai bengkak bengkak.

Gonore juga bisa menginfeksi bayi baru lahir. Penularan terjadi karena adanya sentuhan langsung antara bayi dengan area genital ibu yang positif gonore. Gejala yang tampak umumnya pada mata. Bengkak dan kesulitan melihat. Dalam jangka panjang gejala pada bayi dapat menyebabkan kebutaan permanen. Kondisi ini bisa dihindari jika segera dilakukan pengobatan.

Baca Juga :   Apa Penjelasan Gonore dengan Shigella?

Metode Pengobatan Gonore

Berbagai metode pengobatan gonore ditawarkan untuk membantu pasien sembuh dari penyakit. Obat antibiotik umum digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Secara perlahan bakteri akan melemah dan kemudian hilang ari tubuh pasien. Selain itu tubuh manusia secara alami juga akan mengaktifkan antibiotik sebagai respon atas aktifitas infeksi bakteri.

Memahami pengertian gonore memudahkan pasien memilih metode pengobatan sesuai kemampuannya. Metode pengobatan secara mandiri bisa menjadi alternatif yang murah dan mudah. Mengkonsumsi Olamix secara teratur mampu menyembuhkan gonore dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B, type A memiliki efektifitas lebih tinggi dalam menyembuhkan.

Olamix type A meskipun harganya lebih mahal dibanding type B tetapi dapat menghilangkan bakteri penyebab gonore secara permanen. Obat ini bisa dibeli secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam satu paket, obat harus diminum habis untuk menghindari resistensi bakteri. Selama pengobatan pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis.

Pasien penyakit kelamin membutuhkan dukungan psikologis untuk sembuh dengan cepat. Sebab umumnya penyakit kelamin membuat seseorang kurang percaya diri sehingga menghindari pergaulan. Padahal penyakit ini bisa sembuh total seperti sedia kala. Maka penting edukasi mengenai pengertian gonore kepada masyarakat secara umum agar tidak mengucilkan penderita namun tetap menjadi kontrol sosial.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini