Apa Itu Sipilis,Penyebabnya dan Risiko Terjadinya Sipilis

Apa Itu Sipilis dan Penyebabnya

Apa itu sipilis? Apa penyebabnya? Banyak orang seringkali bertanya tentang definisi dari sipilis dan penyebabnya. Karena jika ditinjau secara global itu ada banyak pengidap penyakit seksual yang masih terjangkit hingga saat ini. Bahkan berdasarkan data dari WHO mengatakan ada sebanyak 1 juta orang telah tertular penyakit ini setiap hari.

Lebih buruknya lagi adalah ternyata saat ini sudah ada 357 juta jiwa mengidap penyakit menular ini di seluruh penjuru dunia. Itu artinya bila selama ini penyakit menular identik dengan AIDS, HIC, chlamydia, dan gonore, maka sekarang masih ada lagi yang tidak kalah berbahaya. Yaitu sifilis.

Penyakit yang biasa disebut sebagai raja singa sudah cukup populer sebagai masalah akibat dari infeksi bakteri. Penyakit seksual yang menular ini biasanya menyerang di bagian genital, mulut, bibir, dan anus. Bagaimana cara penularannya? Banyak orang mengira bahwa penyakit ini hanya ditularkan dari kontak seksual, padahal penyebabnya bisa lebih dari itu.

Apa Itu Sipilis

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa sipilis itu penyakit yang menular di bagian organ intim. Buruknya lagi adalah ternyata penyakit ini bisa berakibat kematian bila tidak segera diatasi sejak dini. Jadi bila ditanya tentang apa itu sipilis? Definisi dari sipilis adalah infeksi menular seksual karena bakteri.

Penyakit ini disebut sebagai raja singa dan biasanya diawali dari luka yang mulanya tidak terasa menyakitkan di bagian kelamin, mulut, dan dubur. Sipilis bisa menular ke orang lain lewat selaput lendir (kontak kulit). Ketika seseorang terinfeksi pertama kalinya, maka bakteri penyebab sipilis bisa menetap dalam tubuh namun tidak aktif.

Bakteri tersebut umumnya tidak aktif hingga beberapa dekade hingga akhirnya bisa aktif lagi. Bila penyakit ini berhasil dideteksi dari awal, maka sipilis masih bisa disembuhkan dan tidak menyebabkan terjadinya kerusakan secara permanen. Namun bila penyakit ini tidak segera diobati dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan serius di sistem saraf otak dan organ yang lain.

Baca Juga :   Apa Penyebab Penyakit Sipilis pada Generasi Milenial? Ini Jawabannya!

Penyebab Sipilis

Setelah memahami tentang apa itu sipilis, saatnya mempelajari penyebabnya. Penyebab dari penyakit raja singa ini adalah bakteri bernama Treponema pallidum. Umumnya infeksi bakteri Treponema pallidum terjadi saat ada kontak seksual di antara penderita dan orang yang belum terjangkit. Bakteri tersebut bisa menular lewat luka atau celah di kulit.

Selain itu, bakteri ini juga bisa masuk ke tubuh Anda lewat selaput lendir saat kontak langsung dengan penderita sipilis. Namun meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena penyakit sifilis tidak akan menular lewat pemakaian bak mandi, toilet umum, peralatan makan, pakaian, kolam renang, dan gagang pintu.

Jadi jangan pernah berpikir yang tidak-tidak saat menghadapi penderita sipilis. Sifilis hanya menular ketika memasuki tahapan primer dan sekunder saja. Selain itu, penyakit ini juga terkadang hanya menular ketika memasuki periode laten awal saja. Seperti itulah penyebab munculnya penyakit sipilis dan penularannya kepada orang lain.

Faktor yang Meningkatkan Risiko Terjadinya Sipilis

Tentunya ada beberapa faktor tertentu bagaimana seseorang bisa terkena penyakit raja singa ini lebih cepat daripada yang lain. Biasanya seseorang yang sebelumnya sudah pernah mengidap penyakit HIV akan lebih beresiko terkena penularan sifilis. Tidak hanya itu saja, mereka juga lebih rentan menjadi penyebar sifilis dibandingkan orang yang tidak pernah sakit sama sekali.

Karena sekali saja Anda tertular oleh penyakit sifilis, artinya Anda tidak akan kebal dengan infeksi yang sejenisnya. Anda juga bisa terinfeksi penyakit sejenis lagi lebih cepat. Bahkan bagi wanita hamil pun juga bisa menulari penyakit sifilis kepada janinnya. Selain beberapa hal tersebut, faktor yang meningkatkan resiko terkena sifilis adalah tidak memakai kondom.

Baca Juga :   Berapa Lama Pengobatan Gonore?

Orang yang suka berganti pasangan intim juga lebih beresiko terkena penyakit sipilis. Karena mereka tidak pernah tahu riwayat hidup atau background dari pasangan saat bergonta-ganti. Tidak hanya itu saja, seseorang yang suka melakukan hubungan intim sesama jenis juga lebih beresiko terkena sifilis. Maka dari itu setelah memahami apa itu sipilis dan resikonya, sebaiknya setialah pada pasangan. ( Sipilis, Penyebabnya sipilis, Risiko Sipilis )

Aktivitas Intim Penyebab Tertularnya Sipilis

Tentunya ada beberapa aktivitas intim yang bisa menyebabkan seseorang tertular oleh penyakit sipilis. Beberapa diantaranya adalah melakukan penetrasi vagina dan oral seks. Penetrasi vagina adalah salah satu penyebab seseorang terkena sipilis saat cairan orgasme penderita terkena kelenjar getah bening. Hal ini juga berlaku sama pada oral seks, dimana aktivitas ini sebenarnya lebih beresiko tinggi tertular penyakit seksual sipilis.

Nah jadi seperti itulah sedikit penjelasan tentang apa itu sipilis dan penyebabnya. Bila Anda merasa malu untuk pergi ke dokter, silahkan hubungi kami untuk melakukan pengobatan menggunakan OLAMIX. Anda bisa menemukan obat ini di Shopee menggunakan kata kunci OLAMIX yang sudah terbukti efektif untuk mengatasi penyakit sipilis.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Solusi Pengobatan Kencing Nanah

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini