Apa Itu Sipilis Primer? Disini Di Bahas Tuntas

Sebelum mengetahui apa itu sipilis primer, terlebih dahulu perlu dipahami mengenai penyebab penyakit ini. Sipilis atau dalam masyarakat Indonesia dikenal dengan penyakit raja singa adalah salah satu jenis penyakit kelamin menular. Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi bakteri Treponema pallidum. Bakteri ini menyerang pada bagian alat kelamin, anus dan mulut.

Bagian tubuh yang digunakan untuk kontak seksual tersebut akan menunjukkan gejala pertama kali adanya infeksi bakteri. Lebih lanjut bakteri akan masuk ke dalam tubuh orang yang terjangkit melalui aliran darah. Dalam jangka waktu tertentu menimbulkan berbagai gejala mulai dari yang ringan sampai berat. Sama seperti karakteristik penyakit kelamin pada umumnya.

Dalam kehidupan masyarakat Indonesia sendiri penyakit kelamin masih dianggap aib, sehingga banyak pasien yang sebenarnya mengalami gejala enggan memeriksakan diri. Lebih memilih melakukan pengobatan secara mandiri atau alternatif. Hal ini menyebabkan sulitnya mendeteksi orang yang terjangkit atau karier penyakit. Sehingga sering tidak disadari bahwa seseorang ternyata tertular dari orang lain.

Mengenal Apa Itu Sipilis Primer Lebih Jauh

Penyakit sipilis terbagi menjadi beberapa stadium sesuai dengan gejala yang menandainya. Stadium yang pertama adalah stadium primer. Apa itu sipilis primer? Pada tahap ini bakteri menunjukkan infeksi skala kecil. Sipilis primer artinya muncul gejala ringan berupa luka dangkal pada area alat kelamin baik wanita maupun pria, anus, mulut dan bibir.

Sipilis primer muncul 10 sampai 90 hari setelah terjadi kontak langsug secara seksual dengan penderita penyakit. Bisa jadi adanya luka dibagian alat kelamin tidak tampak, namun dalam luka tersebut terdapat bakteri Treponema pallidum yang kemudian masuk ke alat kelamin pasangan seksual. Bisa juga masuk melalui anus pada aktifitas anal sex.

Baca Juga :   Lebih Baik Konsumsi Obat Sipilis? Atau Suntik Sipilis?

Pada wanita luka dangkal atau chancres tersebut bisa terbentuk dibibir vagian bagian dalam. Jadi lebih sulit terdeteksi. Bahkan pasien yang bersangkutan sering tidak menyadari bahwa dirinya karier dan menularkan penyakit sipilis kepada pasangan seksualnya. Sebab pada luka dangkal tersebut umumnya tidak dirasakan nyeri. Sehingga diabaikakan oleh pasien atau karier penyakit.

Gejala yang muncul pada stadium primer akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 2 sampi 6 minggu tanpa pengobatan apapun. Karakter sipilis primer ini sering dianggap remeh dan sangat sedikit yang memeriksakan diri ke dokter. Padahal dalam fase dorman dimana tidak muncul gejala setelah kesembuhan tersebut bakteri tetap aktif dan berkembangbiak.

obat sifilis manjur
obat sifilis manjur

Apa Itu Sipilis Primer dan Bahayanya

Sipilis primer yang muncul 10 sampai 90 hari setelah terjadi kontak seksual langsung harus segera ditangani dengan benar. Pengobatan yang dilakukan harus tuntas sehingga tidak ada lagi bakteri yang menginfeksi di dalam tubuh pasien. Meskipun dengan sendirinya gejala berupa luka dangkal hilang dalam beberapa minggu namun penyakit ini belum sembuh.

Pasca kesembuhan sipilis primer, bakteri memasuki masa inkubasi lagi dan tidak menunjukkan gejala atau keluhan apapun pada pasien. Namun 1 sampai 2 bulan setelah kesembuhan sipilis primer, akan muncul gejala kedua. Dalam tahap ini disebut stadium sekunder. Gejala yang muncul lebih berat seperti demam, nyeri tenggorokan, sakit kepala seperti influenza.

Pada pemeriksaan medis dokter akan sedikit mengalami kesulitan diagnose, karena gejalanya mirip dengan influenza. Sama seperti stadium sebelumnya, gejala yang muncul pada stadium sekunder juga akan hilang dengan sendirinya meskipun tanpa pengobatan medis. Namun dalam fase setelah stadium sekunder atau disebut fase latensi, bakteri menginfeksi organ-organ dalam dan menimbulkan kerusakan.

Baca Juga :   Gejala Sipilis Tahapan Primer, Sekunder , Laten dan Akhir

Pengobatan Sipilis Primer

Setelah memahami apa itu sipilis primer, maka bisa segera dilakukan pemeriksaan medis begitu merasakan gejala awal. Sebab sudah diketahui bahwa sipilis primer yang tidak dilakukan pengobatan untuk menghilangkan bakteri akan berlanjut ke stadium berikutnya dengan gejala lebih berat, begitu juga stadium selanjutnya. Minimal melakukan pengobatan secara mandiri dengan mengkonsumsi antibiotik.

Jika sudah diketahui gejala sipilis primer maka pasien bisa mengkonsumsi obat Olamix. Obat ini mampu menyembuhkan dalam 3-4 hari. Bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Ada 2 type obat yaitu type A dan type B, dimana type A lebih efektif menyembuhkan penyakit bahkan dengan gejala yang lebih berat.

Sama halnya dengan melakukan pengobatan secara medis, pasien akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis. Sehingga tetap terpantau dosis dan aturan minum obat sesuai gejala yang dialami. Selain itu pasien tidak merasa sendiri dan tetap termotivasi. Menggunakan obat Olamix ini lebih praktis, cepat tidak perlu antre di toko obat atau apotek.

Terbilang ringan dan bisa sembuh dengan cepat hany adalam beberapa hari saja, namun selama pengobatan pasien tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual dengan siapapun. Termasuk pasangan sah, hal ini untuk menghindari penularan berulang yang memperlambat proses penyembuhan. Bukan hanya pasien, pasangan dan orang sekitar perlu memahami apa itu sipilis untuk menghindarinya.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Pengobatan Sifilis Mengunakan Bawang Putih

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini