Apa Itu Gonore dan Apakah Berbahaya? Ini Jawabannya!

Apa itu gonore? Gonore lebih dikenal sebagai penyakit kencing nanah. Masyarakat Indonesia sudah akrab dengan istilah penyakit kelamin menular ini. Meskipun stigma yang terbentuk negatif, merupakan aib dan hasil dari perilaku menyimpang. Gonore lebih banyak ditemukan pada pria dengan gejala keluarnya cairan nanah dari alat kelamin dan umumnya terasa nyeri.

Mengenal Apa Itu Gonore Lebih Jauh

Gonore adalah infeksi kelamin yang disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoaea. Bakteri penyebab gonore menginfeksi dari akibat aktifitas seksual tidak aman. Hubungan seksual langsung tanpa menggunakan kondom, berganti-ganti pasangan seksual sangat potensial menularkan penyakit ini. Pekerja seks komersial dan waria juga merupakan orang yang berpotensi menularkan bakteri penyebab penyakit gonore kepada pasangannya.

Gejala yang muncul pada pria dan wanita berbeda. Pria lebih banyak mengalami infeksi kelamin gonore dengan gejala keluarnya nanah dari penis dan terasa nyeri atau panas ketika buang air kecil. Pada wanita gejala ini nampak seperti keputihan, nyeri yang dirasakan tidak sampai mengganggu aktifitas sehingga seolah tidak dirasakan gejala apapun.

Apakah gonore berbahaya? Setelah mengenal apa itu gonore, tentu sudah bisai dipahami bahwa infeksi kelamin yang menular ini dapat mengganggu sistem reproduksi. Sebab organ pertama yang terserang bakteri penyebab penyakit adalah bagian alat kelamin pria dan wanita. Dalam jangka panjang akan mengganggu kesehatan reproduksi jika tidak dilakukan pengobatan sejak dini.

OLAMIX : Apa itu Gonore?
OLAMIX : Apa itu Gonore?

Bagaimana Pengobatan Gonore?

Setelah mengetahui apa itu gonore dan bahayanya bagi kesehatan organ reproduksi, maka harus lebih peduli terhadap diri sendiri. Jika terindikasi penularan gonore melalui gejala yang muncul sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan pengobatan secara medis. Jangan sungkan untuk berterus terang mengenai riwayat aktifitas seksual yang pernah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga :   Apa Pengertian Gonore? Inilah Asal-Usul dan Penyebarannya!

Pengobatan juga bisa dilakukan secara mandiri dengan mengkonsumsi obat antibiotik. Olamix adalah rekomendasi obat antibiotik yang mampu menyembuhkan gonore dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B. Olamix type A memiliki efektifitas lebih tinggi yang menyembuhkan gonore dan menghilangkan bakteri penyebab penyakit secara permanen.

Obat ini bisa dibeli secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam satu paket, obat harus diminum sampai habis meskipun gejala sakit sudah hilang untuk menghindari terjadinya resistensi bakteri. Selama pengobatan pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Sehingga pasien tidak merasa sendiri dan tetap termotivasi.

Pengobatan gonore akan lebih efektif dan cepat selesai jika didukung pantangan untuk berhubungan seksual dengan siapapun sampai dinyatakan benar-benar sembuh. Sebab penularan penyakit masih bisa terjadi jika bakteri di dalam tubuh pasien masih ada. Sebaliknya pasien masih bisa tertular penyakit kelamin dari pasangannya meskipun sudah dilakukan pengobatan terhadap gejala gonore.

Mengantisipasi Penularan Gonore

Dengan memahami apa itu gonore, maka sangat penting melakukan langkah antisipasi penularan penyakit tersebut. Penyakit menular seksual ini menular melalui hubungan seksual tidak aman. Maka langkah paling penting dalam mencegah penularan adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Berganti-ganti pasangan seksual adalah kebiasaan paling potensial menularkan penyakit kelamin.

Hindari berhubungan dengan pekerja seks komersial, homoseksual, hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman dan berusaha setia terhadap pasangan. Penting juga untuk menjaga kebersihan area genital baik pria maupun wanita. Sering mengganti pakaian dalam dan menghindari kelembaban berlebih terutama bagi wanita. Sebab bakteri sangat menyukai lingkungan lembab dan kotor sebagai tempat hidupnya.

Baca Juga :   Berapa Lama Proses Pengobatan Sipilis pada Wanita?

Tidak menggunakan sex toys apalagi secara bergantian dengan oran lain karena benda ini sangat rentan terpapar bakteri atau virus. Tidak menggunakan handuk secara bergantian dengan orang lain termasuk keluarga sendiri. Dan penting menjaga asupan gizi serta berolahraga seimbang untuk meningkatkan imunitas tubuh supaya terhindar dari berbagai penyebab penyakit kelamin menular.

Batasi pergaulan, pilih teman yang positif dan produktif. Peluang paling besar terpapar penyakit kelamin adalah anak muda dengan bergaulan bebas dan gaya hidup yang tidak terkendali. Alihkan waktu luang yang dimiliki dengan kegiatan bermanfaat. Gali informasi mengenai kesehatan seksual termasuk apa itu gonore sehingga memiliki bekal pengetahuan dalam membatasi diri.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini