Apa Dampak Sipilis? Inilah Akibat Terkena Sipilis!

Dampak sipilis bagi pasien sangat besar meliputi aspek psikologis dan kesehatan. Sipilis yang menjangkiti anak muda terutama usia sekolah akan mengancam masa depannya. Pada orang tua sangat beresiko terhadap kematian, bahkan bagi ibu hamil rentan keguguran atau menularkan kepada bayinya. Seolah merupakan penyakit yang dapat dengan mudah disembuhkan sehingga diabaikan.

Apalagi sipilis dapat muncul tanpa gejala, orang semakin abai terhadap kesehatan pribadinya. Mencegah dampak yang merugikan bagi kesehatan maupun masa depan generasi muda perlu peran aktif masyarakat dan keluarga. Sebagai kontrol sosial yang membatasi pergaulan anak muda supaya lebih sehat dan produktif, terhindar dari aktifitas meresahkan masyarakat seperti seks bebas.

Dampak Sipilis untuk Kesehatan

Dampak sipilis bagi kesehatan sangat besar. Meskipun pada tahap awal kemunculannya penyakit ini seakan tidak menunjukkan gejala dan gangguan kesehatan berarti. Penanganan yang tidak tuntas pada penyakit sipilis dapat berakibat fatal terhadap fungsi organ dalam tubuh. Sipilis yang menginfeksi anak muda dalam waktu 10 tahun kedepan akan menyebabkan kerusakan organ.

Mulai dari disfungsi seksual, fungsi motorik, perubahan kepribadian, kebutaan, gangguan daya ingat sampai kerusakan otak dan jantung. Komplikasi yang dialami pasien sipilis tidak dapat dipulihkan. Sama halnya ketika seseorang terinfeksi HIV AIDS. Secara perlahan namun pasti imunitas tubuh akan menurun, terjadi degenerasi organ dalam dan sangat rentan terpapar penyakit lain.

Komplikasi kesehatan akan semakin sulit diobati jika pasien sudah memasuki usia lanjut. Sebab masa inkubasi penyakit sipilis bisa 20-30 tahun sejak terpapar bakteri. Padahal dalam rentang waktu tersebut pasien bisa menularkan penyakit kepada orang lain atau pasangan seksual. Hal yang tidak disadari sejak awal karena psaien tampak sehat tanpa gejala.

Baca Juga :   Apasih Penjelasan Sifilis? Dan Penularan Sifilis Darimana Saja?

Wanita hamil yang terpapar sipilis bisa menularkan penyakit kepada janin yang dikandungnya sejak trimester pertama. Ibu hamil dapat mengalami keguguran, bayi lahir langsung meninggal atau bayi lahir dengan berat badan rendah dibawah normal. Penularan juga terjadi saat kelahiran normal. Luka pada area genital ibu menularkan bakteri melalui sentuhan dengan bayi.

Bayi yang terpapar sipilis akan mengalami gangguan dalam masa tumbuh kembangnya. Jika tidak dilakukan pengobatan begitu terindikasi penularan kepada bayi dapat menyebabkan berat badan rendah sampai usia 2 tahun. Gangguan penglihatan dan sistem pertulangan juga menjadi gangguan yang menghambat aktifitasnya sehari-hari. Bahkan pada kondisi berat bisa menyebabkan kecacatan pada balita.

OLAMIX untuk mengobati dampak sipilis
OLAMIX untuk mengobati dampak sipilis

Dampak Sipilis Bagi Psikologis

Sipilis merupakan penyakit menular seksual yang dianggap aib oleh masyarakat. Tak jarang pasien menarik diri dari pergaulan karena stigma yang terbentuk dalam masyarakat tersebut. Sebab merasa diri melakukan hal yang melanggar normal sosial dan agama. Hal ini juga yang menyebabkan banyak pasien tidak memeriksakan diri secara medis sehingga tidak terdeteksi.

Pasien sipilis umumnya merasa rendah diri dan sulit bangkit dari kondisi psikologis negatif tersebut untuk waktu lama. Padahal efek psikologis sangat berpengaruh terhadap kesembuhan seseorang dari penyakit apapun itu. Anak muda yang mengidap penyakit sipilis akan sulit bergaul dengan teman sebayanya akibatnya produktifitas menurun, ruang lingkup pergaulan juga semakin sempit.

Dampak sipilis pada anak muda akan semakin dirasakan ketika tubuh mulai melemah dengan munculnya berbagai gejala baik yang tampak dari luar maupun tidak. Semakin membuat pasien enggan berkomunikasi bahkan dengan orang-orang terdekatnya karena malu. Kondisi semacam ini akan semakin memperburuk kondisi kesehatan pasien jika tidak segera ditangani dan mendapat pendampingan.

Baca Juga :   Penyakit kencing nanah apakah bisa sembuh?

Penanganan yang Tepat Jika Terkena Dampak Sipilis

Jika mencurigai tubuh terpapar sipilis berdasarkan aktifitas seksual tidak aman yang pernah dilakukan sebelumnya maka harus segera melakukan skrinning sipilis. Untuk memastikan apakah ada infeksi bakteri Treponema pallidum di dalam tubuh. Lakukan segera pengobatan yang tepat jika terbukti positif sipilis. Sangat disarankan melakukan pengobatan secara medis dengan bantuan dokter spesialis.

Namun jika lebih memilih melakukan pengobatan seca mandiri maka bisa menggunakan obat antibiotik perpercaya. Olamix adalah rekomendasi obat antibiotik yang mampu menyembuhkan sipilis dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B. Olamix type A relative lebih mahal, memiliki efektifitas lebih tinggi dibanding type B.

Olamix type A dapat menyembuhkan gejala secara permanen dan meminimalisir dampak sipilis bagi kesehatan dikemudian hari. Obat ini dapat dibeli secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam mengkonsumsi antibiotik harus dihabiskan sesuai aturan meskipun gejala sudah sembuh, untuk menghindari resistensi bakteri. Perkembangan penyakit tetap dipantau oleh tim Olamix.

Pengobatan metode apapun yang dijalani pastikan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis. Sebab penyembuhan penyakit bukan hanya ditentukan oleh kualitas obat namun juga psikologis. Hindari berhubungan seksual dengan siapapun sampai dinyatakan benar-benar sembuh dan bersih dari bakteri. Sehingga dampak sipilis menular dan kambuh kembali dapat diminimalisir dan pengobatan lebih cepat selesai.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini