Apa Bahaya Sipilis? Ini Dampaknya untuk Otak!

Bahaya Sipilis masih sering diabaikan oleh pasien dan masyarakat pada umumnya. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini jarang ditemukan sehingga kurang dipedulikan. Pasien yang memeriksakan diri secara medis masih relatif sedikit. Sosialisasi mengenai penyakit kelamin juga masih sangat terbatas. Padahal dalam jangka panjang penyakit sipilis menyebabkan gangguan kesehatan serius.

Terutama anak usia remaja yang merupakan harapan masa depan, sipilis sangat merugikan. Produktifitas belajar dan bekerja bisa terganggu terlbih untuk jangka panjang. Sipilis dapat menimbulkan kerusakan organ vital seperti saraf dan otak. Dimana keduanya sangat dibutuhkan dalam kehidupan baik dalam belajar maupun bekerja. Penyembuhan akan sulit didapatkan jika terjadi kerusakan.

Dalam waktu beberapa tahun kedepan, jika sipilis tidak dilakukan pengobatan yang tepat akan sulit memulihkan fungsi saraf dan otak seperti sedia kala. Upaya pencegahan penyakit sipilis lebih penting dilakukan sejak dini daripada mengusahakan pengobatan ketika sudah muncul gejala berat atau kerusakan organ. Serta dibutuhkan kesadaran akan bahaya penularan penyakit kelamin.

Bahaya Sipilis Bagi Kesehatan Otak

Bahaya sipilis jika luput dari pengobatan dalam waktu lama salah satunya adalah menyebabkan kerusakan saraf dan otak. Infeksi otak yang disebabkan sipilis ini disebut neurosifilis. Terjadi dalam jangka waktu 10-20 tahun setelah seseorang tertular sipilis. Ada 5 karakteristik neurosifilis pertama adalah asimtomatik (paling banyak ditemukan), tidak tampak gejala pada pasien.

Kedua paresis umum, pasien akan mengalami gangguan mental karena terjadi kerusakan pada otak. Pasien yang bersangkutan sering mengalami mood swing dan perubahan kepribadian. Muncul pada 3-30 tahun setelah pasien terinfeksi sipilis. Karakteristik ketiga yaitu, meningeal neurosiphylis ditandai sakit kepala, leher kaku, sering merasakan mual dan muntah, gangguan penglihatan atau pendengaran.

Baca Juga :   Berapa Lama Obat Sipilis Bisa Sembuh? Ini Waktu Penyembuhannya!

Meningeal neurosiphylis muncul dalam beberapa minggu pertama sampai bertahun-tahun setelah seseorang terpapar infeksi sipilis. Karakteristik keempat neurosifilis adalah meningovascular, gejala yang dirasakan pasien sama dengan meningeal neurosiphylis namun disertai stroke. Meningovascular muncul pada beberapa bulan setelah terinfeksi sipilis, dan bisa bertahan sampai beberapa tahun berikutnya. Karakteristik kelima adalah tabes dorsalis.

Tabes dorsalis memiliki gejala nyeri tungkai, perut, gangguan koordinasi otot dan kandung kemih. Gejala terjadi karena pasien sejak terinfeksi sipilis tidak melakukan pengobatan apapun. Sehingga menimbulkan komplikasi berupa otor lemah dan gejala abnormal seperti kebas atau mati rasa dan kesemutan. Kelima karakteristik neurosifilis ini mengganggu aktifitas yang berhubungan dengan motorik.

OLAMIX untuk mengobati bahaya sipilis
OLAMIX untuk mengobati bahaya sipilis

Bahaya Sipilis Bagi Ibu Hamil

Sipilis pada ibu hamil sangat membahayakan kesehatannya dan janin yang dikandung. Sebab jika ibu hamil positif sipilis dapat dipastikan janin juga tertular secara langsung. Penularan sipilis terjadi karena bakteri Treponema pallidum menempel pada plasenta dan masuk ke dalam tubuh janin atau fetus. Resikonya ibu mengalami keguguran atau bayi lahir meninggal.

Penularan kepada bayi juga terjadi pada saat terjadi kelahiran normal melalui vaginal. Luka dangkal pada area genital ibu akan bersentuhan langsung dengan permukaan kulit bayi, bakteri penyebab sipilis menempel dan menginfeksi. Pada kondisi ini bisa saja bayi tampak tanpa gejala namun pemeriksaan harus tetap dilakukan pada 7 hari setelah kelahiran.

Bahaya sipilis mengancam tumbuh kembang bayi yang lahir dari ibu positif sipilis. Berat badan saat lahir rendah, gangguan penglihatan, kulit kering di area genital, anus, atau sekitar mulut adalah beberapa gejala yang muncul. Jika tidak segera dilakukan pengobatan sejak dini mengakibatkan berat badan bayi tidak bertambah sampai usia 2 tahun.

Baca Juga :   Berapa Lama Proses Pengobatan Sipilis pada Wanita?

Pengobatan Sipilis sejak Dini

Bahaya sipilis dapat mengancam siapapun yang memiliki kebiasaan perilaku seksual tidak aman. Baik dari orang tua, desawa sampai remaja usia sekolah. Efek jangka panjang yang ditimbulkan snagat buruk bagi kesehatan maka jika terindikasi sipilis harus segera dilakukan pengobatan. Pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksakan diri secara medis dengan skrinning sipilis.

Jika dinyatakan positif terinfeksi bakteri Treponema pallidum segera lakukan pengobatan. Bisa melalui dokter spesialis atau secara mandiri dengan mengkonsumsi obat antibiotik. Obat Olamix adalah salah salah satu antibiotik yang dapat menyembuhkan penyakit sipilis dalam waktu 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B dengan kelebihan masing-masing.

Olamix type A memiliki tingkat efektifitas lebih tinggi dibanding type B, mampu menyembuhkan gejala sipilis sekaligus menghilangkan bakteri secara permanen. Obat ini bisa didapatkan secara online melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Dalam satu paket obat harus dihabiskan sesuai aturan pakai meskipun gejala sipilis sudah sembuh, untuk menghindari resistensi bakteri.

Layaknya pengobatan secara medis melalui dokter, pasien tetap akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix. Sehingga pasien tidak merasa sendiri dan tetap termotivasi untuk segera sembuh. Pemantauan penyakit diperlukan baik secara medis maupun melalui praktisi kesehatan untuk mengetahui efektifitas pengobatan sehingga meminimalisir bahaya sipilis yang muncul dikemudian hari.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini