Apa Angka Riter 1 4 Sudah Tinggi untuk Pengobatan Sipilis?

Mengapa sangat disarankan melakukan pengobatan sipilis secara medis? Sebab di rumah sakit atau laboratorium dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Terutama pengambilan sample darah pasien dan sample luka pada gejala stadium primer. Sebab bakteri Treponema pallidum yang menyebabkan penyakit raja singa atau sipilis berukuran mikroskopis dan hanya bisa dilihat dengan alat khusus.

Lebih lanjut pemeriksaan bukan hanya menentukan apakah pasien positif sipilis atau negative tetapi juga untuk mengetahui adanya antibodi dalam tubuh yang dapat melawan aktifitas bakteri. Antibodi dalam tubuh pasien ini akan meningkatkan efektifitas obat antibiotik yang diberikan sehingga tingkat kesembuhannya semakin tinggi. Efektif atau tidaknya proses pengobatan juga lebih terukur.

Pemeriksaan rutin pasca pengobatan diperlukan untuk meminimalisir penyakit kambuh dikemudian hari. Sebab orang dengan riwayat sipilis atau raja singa dimasa lalu berpotensi tertular kembali penyakit yang sama. Terlebih jika aktifitas pergaulan yang dijalani masih dekat dengan potensi penularan seperti homoseksual, heteroseksual, berganti-ganti pasangan, berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom dan sebagainya.

Pengobatan Sipilis secara Medis

Pengobatan sipilis secara medis sangat dianjurkan. Dalam pengobatan ini pasien tidak hanya mendapat obat untuk menyembuhkan gejala yang muncul. Tetapi juga dilakukan pemeriksaan sample darah untuk mengetahui aktifitas bakteri Treponema pallidum dalam tubuh serta adanya antibodi alami yang membantu proses penyembuhan penyakit. Sehingga lebih mudah bagi dokter memberikan dosis obat.

Setelah dinyatakan positif sipilis, pasien akan mendapat obat antibiotik penisilin dalam bentuk injeksi. Pemberian obat dilakukan sekali untuk gejala sipilis primer atau dosis tunggal. Cukup sekali suntikan, obat yang diberikan akan menyembuhkan penyakit dalam waktu kurang dari 1 minggu. Bagi pasien yang memiliki alergi terhadap penisilin akan diberikan antibiotik kapsul.

Baca Juga :   Berapa Biaya Pengobatan Sipilis di Dokter Spesialis dan Mandiri?

Untuk mengobati pasien dengan stadium lebih lanjut dengan gejala lebih berat antibiotik diberikan dengan penambahan dosis beberapa kali. Untuk gejala sipilis sekunder perlu penanganan serius sebab jika bakteri penyebab sipilis tidak dihilangkan secara tuntas akan menyebabkan penyakit masuk tahap latensi. Untuk stadium lanjut biasanya penisilin diberikan 2 sampai 3 kali.

Setelah pemberian penisilin pada pasien, langkah selanjutnya adalah pemantauan perkembangan penyakit. Pasien akan diminta memeriksa sample darah secara rutin selama beberapa waktu untuk mengetahui aktifitas bakteri. Untuk memastikan bahwa bakteri melemah dan pada akhirnya hilang secara permanen. Disamping itu pasien diminta menghindari aktifitas seksual tidak aman agar tidak kembali tertular.

Pemeriksaan untuk Pengobatan Sipilis

Dalam proses pengobatan sipilis secara medis ada pemeriksaan yang dimanakan RPR atau rapid plasma regain dan VDRL venereal disease research laboratory. Hasil yang didapat dari pemeriksaan VDRL adalah angka perbandingan yang menunjukkan apakah sipilis positif atau negatif. Namun ada kondisi dimana hasil pemeriksaan menunjukkan positif palsu ditunjukkan dengan titer 1:4.

Pemeriksaan VDRL menunjukkan sipilis semakin aktif jika perbandingan yang didapat semakin besar dalam 2 kali pemeriksaan misalnya 1:8 menjadi 1:32. Sebaliknya VDRL memberikan informasi bahwa pengobatan sipilis cukup efektif jika angka yang dihasilkan dalam 2 kali pemeriksaan menurun misalnya 1:16 menjadi 1:4. Dari sini diketahui bahwa titer 1:4 termasuk rendah.

Pada hasil VDRL yang menunjukkan angka titer 1:4 bisa diartikan sipilis dalam tubuh pasien mendekati kesembuhan total. Namun bukan berarti bakteri sepenuhnya hilang dari tubuh pasien. Pemeriksaan VDRL bisa dijadikan acuan dalam melihat riwayat pasien pernah terpapar sipilis atau tidak. Karena hasil yang didapat bertahan lama dan masih dapat dibaca.

Baca Juga :   Apa Bahaya Sipilis? Ini Dampaknya untuk Otak!

Pengobatan Sipilis Stadium Primer selain Melalui Dokter

Sipilis stadium primer masih terbilang ringan dengan gejala awal ditandai adanya luka dnagkal pada area genital atau alat kelamin, anus, bibir dan mulut. Jika tidak ingin melewati tahap pemeriksaan secara medis, maka pasien bisa memilih pengobatan secara mandiri melalui konsumsi obat antibiotik. Namun perlu memilih antibiotik terpercaya dan sudah teruji.

Olamix adalah salah satu obat yang bisa dijadikan alternatif penyembuhan sipilis. Obat yang mengandung antibiotik ini mampu menyembuhkan penyakit hanya dalam 3-4 hari. Terdapat 2 type obat yaitu type A dan type B. Type A memiliki efektifitas lebih tinggi dan dapat menghilangkan bakteri penyebab penyakit secara permanen meskipun lebih mahal.

Obat bisa didapatkan melalui shopee dengan kata kunci Olamix. Seperti antibiotik pada umumnya, dalam satu paket harus diminum habis meskipun gejala sipilis sudah sembuh untuk menghindari adanya resistensi bakteri. Selama masa pengobatan pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis dari tim Olamix sehingga lebih tenang dan semakin termotivasi untuk sembuh.

Menggunakan obat secara mandiri seperti ini perlu pendampingan paraktisi kesehatan bersangkutan. Sebab perkembangan penyakit perlu dipantau secara rutin dan berkala untuk memastikan bahwa bakteri penyebab penyakit kian melemah sampai akhirnya hilang secara permanen dari tubuh. Hal yang sama juga dilakukan dalam pengobatan sipilis metode medis maupun alternative menggunakan ramuan herbal.

Metode Menyembuhkan Sipilis

Sebelum menanggapi pertanyaan apakah sipilis dapat membaik keseluruhan, butuh diketahui kalau metode mengobati sipilis cuma dengan pemberian antibiotik.

Umumnya antibiotik yang diberikan merupakan penisilin. Tetapi bila pengidap mempunyai alergi kepada penisilin, maka antibiotik yang dapat diberikan adalah doxycycline, azithromycin, tetracycline, Olamix serta ceftriaxone. Obat obatan tersebut hanya bisa di beli dengan resep dokter kecuali Olamix, Olamix terjual bebas di apotik terdekat bahkan di market place seperti shopee dan tokopedia pun ada

Pengidap yang berada pada tingkatan sipilis primer, sekunder, serta laten awal masih bisa diatasi dengan pengobatan seperti olamix, Biasanya penderita akan sembuh dalam tempo tiga hari setelah mengkonsumsi olamix.

Baca Juga :   Ini Dia Obat Raja Singa Ampuh? Dan Cara Mendapatkanya

Namun penderita tahapan sipilis laten yang akut biasanya diberikan pengobatan berbentuk injeksi penisilin per minggu.

Leave a Comment

Dapatkan Konsultasi Gratis Untuk Sifilis Disini